Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?

Mesin Pompa Air

Mesin pompa air sebagai bagian dari peralatan listrik rumah

Mesin pompa air adalah salah satu peralatan listrik yang cukup vital di banyak perumahan. Kerusakan pada unit ini akan mengakibatkan terganggunya pasokan air dari dalam tanah, dan tentu akan sangat mengganggu kegiatan harian di rumah. Sehingga berangkat dari fakta inilah kita sebaiknya memperhatikan aspek pengoperasian dari mesin pompa air ini.

Tulisan ini tidak membahas mengenai detail pemasangan instalasi pompa air beserta bagian pemipaannya. Tapi pembahasannya akan lebih menelaah pada aspek operasi dari mesin pompa air dilihat dari sudut kelistrikannya.

Bagian-bagian Mesin Pompa Air dan Fungsi Kerjanya

Secara umum, diluar instalasi pipa, mesin pompa air terdiri dari dari 3 bagian besar yaitu :

1. Motor listrik (lazim kita sebut dengan dinamo)

2. Pompa air dan tabung akumulator.

3. Aksesoris yang biasanya terpasang : pressure switch (kita biasa menyebutnya “otomatis”) dan motor thermal protector (terpasang di dalam motor listriknya).

Motor listrik berfungsi sebagai penggerak pompa air, dimana motor listrik ini mengubah energi listrik menjadi energi gerak / putar. Antara motor listrik dan pompa air dihubungkan oleh satu shaft. Pompa air mempunyai bagian yang disebut impeller yang juga ikut berputar, sedemikian sehingga air terhisap dari sumbernya melalui pipa masuk (suction) dan kemudian didorong keluar dengan tekanan tertentu melalui pipa keluar (discharge). Sebelum air keluar di pipa discharge, maka air itu melewati dulu sebuah tabung yang berfungsi sebagai akumulator. Cara kerja akumulator ini adalah menyimpan air pada saat tekanan pompa tinggi dan mengeluarkan air saat tekanannya turun. Ada beberapa mesin pompa air yang tidak menggunakan tabung ini.

Sedangkan aksesoris seperti pressure switch (atau “otomatis”) berfungsi sebagai sensor tekanan air. Pressure switch ini memberi perintah kapan mesin pompa air harus stop dan kapan mesin harus start, tergantung dari tekanan air yang diterima sensornya. Dan thermal protector motor berfungsi sebagai system proteksi motor listrik untuk menghindari kerusakan kawat lilitan motor listrik karena panas yang berlebihan. Thermal protector ini biasanya menggunakan bimetal yang bekerja dengan berdasarkan panas pada lilitan tersebut. Bila panas dirasakan berlebihan maka thermal protector  akan bekerja memutuskan arus pada motor tersebut.

 

Cara kerja mesin pompa air

Kita asumsikan suatu instalasi air menggunakan mesin pompa air dengan instalasi pipa yang langsung menuju keran air. Saat keran dibuka, maka air keluar karena masih ada tekanan sisa di dalam pipa dan juga dalam akumulator. Seiring kuantitas air yang keluar maka tekanan tersebut akan turun dan dirasakan oleh pressure switch. Pada akhirnya kontak arus listrik dari pressure switch akan bekerja dan membuat motor start dan pompa air berputar sehingga air tanah dihisap dan dikeluarkan dengan tekanan tertentu. Saat keran ditutup, maka mesin pompa air tidak langsung stop seketika karena air tersebut terkumpul dalam pipa hingga akumulator, hingga mencapai tekanan tertentu yang membuat pressure switch bekerja memutus arus listrik ke motor listrik dan mesin pompa air akhirnya stop.

Hal yang perlu dihindari dalam pengoperasian Mesin Pompa Air

Dengan cara kerja seperti ini, hal yang perlu dihindari adalah bukaan keran yang kecil. Apalagi jika system instalasi airnya tidak menggunakan penampung air (tandon / toren).

Mengapa?

Karena berakibat mesin pompa air akan sering start dan stop dalam interval pendek. Siapapun tentu tahu, bahwa bukaan keran yang kecil akan membuat aliran air menjadi kecil. Tetapi mesin pompa air tetap mengeluarkan air dalam jumlah sama, sehingga tekanan dalam pipa dan tabung akumulator akan naik. Akhirnya pressure switch akan bekerja memutus arus listrik ke motor pompa sehingga stop.

Karena aliran air yang kecil pada keran tadi terus mengalir, maka dalam waktu singkat tekanan air dalam pipa dan akumulator kembali turun sampai pressure switch kembali membuat motor listrik start dan pompa berputar kembali. Begitu seterusnya berulang-ulang hingga keran air ditutup sepenuhnya atau dibuka sepenuhnya.

Sistem pengoperasian seperti ini bisa boros listrik dan juga umur dari motor listrik akan lebih pendek.

Mengapa lagi nih? Yuk…kita telaah bareng-bareng…

Hampir semua mesin pompa air menggunakan motor listrik jenis motor induksi. Apa sih motor induksi itu?

Oke..disini kita akan sedikit menyentuh sisi teori dari listrik ini untuk membantu pemahaman.

Kita lihat contohnya dulu deh.

Salah satu contoh adalah kipas angin. Nah…bisa dilihat kan penampakannya. Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang bekerja berdasarkan hukum induksi. Secara singkat, ada dua bagian besar dalam motor induksi, yaitu stator dan rotor. Dua-duanya berbentuk kumparan atau gulungan kawat listrik. Kumparan stator merupakan kumparan yang diam (asal kata : statis) dan kumparan rotor merupakan kumparan yang berputar (asal kata : rotasi).

Cobalah perhatikan kipas angin tadi, dimana kalo kita intip sedikit maka akan terlihat gulungan kawat listrik yang diam. Itulah kumparan stator. Sedangkan bila ingin melihat kumparan rotornya maka perlu kita bongkar dulu kipas angin itu.

 

Karakteristik Start Motor Induksi

Motor induksi mempunyai karakteristik dengan start awal yang memerlukan arus listrik yang cukup besar, lebih besar dari arus nominalnya. Besarannya antara 3 – 6 kali arus nominal, tergantung dari karakteristik motornya. Contohnya, mesin pompa air 250 Watt (biasanya jenis jet pump atau semi jet pump) akan mempunyai arus nominal sebesar 250W / 220V = 1.14A (Agar memudahkan. unsur faktor daya tidak kita masukan). Maka saat start, mesin pompa air akan memerlukan arus listrik antara 3.42A – 6.84A selama kurang lebih antara 0.2 – 0.4 detik.

Cukup singkat memang..tetapi coba perhatikan beberapa efek yang bisa berpengaruh :

1. Bila daya listrik langganan PLN  di rumah hanya sebesar 900VA atau 1300VA dan saat itu sedang banyak pemakaian, maka potensi terjadinya MCB trip (atau sering disebut “listrik anjlok”) di MCB Box atau kWh meter sangat besar.
2. Bila frekuensi start-stop mesin air sangat sering dalam rentang yang pendek, misal 10 kali dalam 3 menit, maka total energi listrik yang diserap saat start-stop mesin pompa air akan lumayan besar. Apalagi jika mesin pompa air-nya sudah berumur.
3. Arus start yang cukup besar dan berulang-ulang dalam waktu singkat tadi akan menimbulkan panas yang cukup tinggi pada gulungan kawat motor tadi. Hal ini tidak menjadi masalah jika motor terus hidup / berputar sehingga ada cukup pendinginan yang didorong dari kipas motor. Tapi jika start-stop dalam interval singkat tentu panas yang timbul karena arus start tadi belum sempat turun dan kemudian motor stop, kemudian start lagi, sehingga panasnya akan terakumulasi. Jika panasnya berlebih maka thermal protector akan bekerja dan untuk beberapa waktu motor tidak bisa start. Memang kejadian seperti ini tidak sampai merusak motor listrik, tapi dengan panas yang diatas rata-rata tentu akan mempengaruhi isolasi dari kawat gulungannya.

Motor-motor listrik yang digunakan dalam peralatan listrik rumah adalah motor listrik satu phase. Design motor listrik untuk peralatan-peralatan tersebut saat ini sudah sedemikian rupa sehingga bisa mereduksi arus start motor agar lebih rendah, tetapi tetap saja akan lebih besar dari arus nominalnya.

Grafik berikut cukup representatif dalam  menjelaskan fenomena ini :

(sumber asli : http://www.generatorjoe.net/html/startingload.html).

Well Pump Characteristic

Karakteristrik arus start dari sebuah motor pompa

Dalam grafik tersebut, suatu pompa yang mempunyai tegangan suplai 240V dan arus nominal 6A akan memerlukan waktu akselerasi start sebesar 0.2 detik dan arus start sebesar lebih dari 18A (lebih dari 3 kali arus nominalnya).

Karakteristik start motor tersebut akan berbeda dengan motor lain tergantung dari kondisi motor listrik, desain, torsi beban dan juga umurnya.

Penutup

Nah..mudah-mudahan penjelasan diatas bisa dipahami dengan lebih mudah. Oleh karena itu mengapa banyak yang menyarankan penggunaan tandon / toren air sebagai tempat penampungan air. Karena selain faktor ketersediaan cadangan air yang siap digunakan, terutama saat terjadi pemadaman listrik PLN atau mesin pompa air bermasalah, juga dapat menjaga keawetan mesin pompa air tersebut dan juga bisa lebih hemat listrik. Tapi jika anda belum bisa menyediakan  toren air, maka usahakan air ditampung dalam bak air agar tidak sering buka tutup keran air.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Silahkan sharing jika ada hal-hal lain yang luput dalam pembahasan atau ada yang perlu dikoreksi.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Hati-hati Menggunakan Kabel Rol

2. Bagaimana Memastikan System Grounding di Rumah Terpasang dengan Baik

3. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah

4. Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

5. Cara Kerja Kontrol Level Tangki Air

6. Koneksi Kabel Rangkaian Level Switch Relay

7. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

8. Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

9. Banjir….Waspadai Instalasi Listrik bila Rumah Tergenang

10. Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

94 Responses to Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?

  • Mantap…
    Sharing yang berguna…
    Keep posting…..

    Salam,
    TeknisiInstrument

  • Ahmad Suudi:

    Yth master listrik…mohon di bahas mengenai listrik pra bayar, apakah benar kalau listrik pra bayar itu harus butuh tegangan yang tinggi (baru mau nyala). terima kasih.

    • ILR:

      Pak Ahmad Suudi,

      Terima kasih atas masukannya. Kita memang sudah ada rencana untuk membahas mengenai listrik prabayar, tinggal mengumpulkan beberapa bahan yang diperlukan, dan mudah-mudahan bisa dapat internal wiring dari kWh meter-nya.
      Untuk pertanyaan bapak mengenai masalah ini, kWh meter prabayar sepertinya memang memiliki setting toleransi tegangan minimum untuk dapat bekerja dengan baik. Karena sistem kontrolnya menggunakan peralatan elektronik yang mana memerlukan tegangan yang sesuai untuk perhitungan kWh yang terpakai. Karena itu jika tegangan suplai dari PLN ada di bawah nilai minimum, maka meter prabayar akan OFF otomatis sampai tegangan kembali normal.
      Berbeda dengan meter paska bayar (meter model piringan) yang tetap hidup walaupun tegangan drop. Karena cara kerjanya juga berbeda.
      Jika sering mengalami kasus ini sebaiknya bapak lapor ke PLN karena tegangan listrik yang drop. Dalam sedikit kasus, bisa jadi meter prabayarnya yang bermasalah.

      Semoga penjelasannya bisa mencerahkan.

      Salam,

      • ferdi:

        sekedar sharing pengalaman nih gan, kl kasus meteran off krn voltase drop tergantung meteran yg kita pasang. aku pernah pny kasus jg pasang MPB merk STAR buatan PT SMARTMETER tiap jam 19.00-21.00 (WBP) meternya off (lampu/beban pelanggan off). trs aq ukur tegangan pd jam tsb ternyata drop (sekitar 180 V). krn pelanggan srg komplain so aq coba pake yg MPB merk HEXING (HE…) ternyata ga padam lg pd jam2 tsb.

        • ILR:

          Terima kasih sharingnya bro ferdi..
          Kemungkinan ada perbedaan setting untuk maksimum drop tegangan pada pada MPB merk STAR dan HEXING. Jika drop tegangan melebihi setting memang MPB akan mati untuk menghindari error pada pengukuran yang bisa merugikan pelanggan dan PLN.

          Salam,

  • raka:

    pak, tahu rangkaian dalam dari pressure switch? atau biasa disebut rangkaian kontrolnya. mohon bantuannya pak

    • ILR:

      Raka,

      Rangkaian dalam pressure switch hanya seperti kontak switch yang akan close atau ON jika water pressure dibawah setting-nya dan akan open atau OFF jika water pressure sudah diatas settingnya. Setting ON & OFF secara default sudah ditentukan dari pabrikan. Memang ada fasilitas seperti screw untuk merubah setting tsb. Tapi biasanya tidak perlu dilakukan, karena bila setting water pressure-nya ketinggian maka akan merusak pipa airnya. Apakah ada masalah dengan pressure switch?

      Salam,

  • Arief:

    minta bantuan pak agar tekanan pada water heater gas bisa maksimal sebaiknya pake pompa apa ya. saya pake air dari PAM kemudian ditampung pada tandon tapi tandon diletakkan di bawah. apakah bisa dari tandon langsung ke water heater dengan bantuan pompa air. kemaren saya coba tapi pompa bunyi cetek-cetek waktu keran dibuka (keran panas-dingin posisi di tengah)
    pipa yang saya pakai ukuran 1/2″ apakah ada pengaruhnya. saat keran ditutup pompa tidak langsung mati masih start-off selama 3 menit lalu off.
    terima kasih.

    • ILR:

      Pak Arief,

      Perlu disesuaikan water flow (berapa liter/menit) antara demand di water heater dengan supply dari pompa air. Sepertinya supply capacity dari pompa air lebih besar dari kebutuhan, jadinya oversupply. Karena itu tekanan dalam pipa naik dan pompa air akan mati utk sementara sampai tekanan turun lagi dan begitu seterusnya.
      Coba dilihat berapa flow yang dibutuhkan oleh water heater dan cari pompa air yang capacity-nya sesuai.
      Hanya saran, perlu dipertimbangkan antara cost untuk beli pompa termasuk instalasinya dibandingkan dengan penambahan tandon di bagian atas (jika memungkinkan tempatnya). Mungkin saja tidak jauh beda..
      Semoga penjelasannya bisa bermanfaat..

      Salam,

  • nur:

    gan,ane mau tanya.di rumah sy ada dua sanyo untuk pendorong,kalua sy colok dua-duanya di test pakai apometer ngesot.apa itu masalhnya? trims

    • ILR:

      Mas Nur,

      Merespon pertanyaannya : “di rumah sy ada dua sanyo untuk pendorong,kalua sy colok dua-duanya di test pakai apometer ngesot.apa itu masalhnya?”
      Ngesot atau short-circuit atau hubung singkat atau hubung pendek atau korslet pada motor pompa air ada 2 macam :
      1. korslet di dalam lilitan
      Bila diperiksa dengan avometer pada terminal phase dan netral maka resistansinya 0 Ohm.
      2. korslet dengan ground (body)
      Cara pemeriksaan yang akurat adalah dengan alat winding insulation tester atau MEGGER. Gunakan tegangan pengetesan 250V dan nilainya tidak boleh kurang dari 1,22 MOhm.

      Jadi kalo yang diukur dengan AVO-meter pada terminal colokan, dan hasilnya ada nilai sekian Ohm maka lilitan tidak masalah. Tapi kalo sanyo tadi dioperasikan masih korslet maka kemungkinan ada korslet dengan body. Tetapi sebelumnya periksa terlebih dahulu koneksi2 kabel pada colokan, terminal di mesin air, kondisi kabel itu sendiri dan kondisi motor pompa tidak ada gosong2 atau kondisi yang tidak biasa.

      Mudah2an bermanfaat gan..

      salam,

    • I am regular visitor, how are you everybody? This piece of writing posted at this site
      is truly good.

  • joko:

    Pak mo nanya nie,

    saya punya jetpump, baru2 ini kipas nya di ganti, karna kipasnya pecah sehingga airnya tidak mengalir, setelah diganti hal yang terjadi adalah air kelur pertama2 kencang tapi lama kelamaan makin kecil. apakah ini karna kipas yang diganti tidak sesuai atau kehilangan tekanan karena kerusakan dinamo ?

    Terima kasih atas tanggapannya.

    • ILR:

      Pak Joko,

      Kipas yang dimaksud adalah kipas pada pompanya ya?
      Jika sudah diganti tetapi aliran air tidak maksimal memang kemungkinan besar ukurannya tidak sesuai sehingga ada gap yang cukup besar antara baling2 kipas dengan housingnya. Semakin besar gap maka tekanan pompa semakin berkurang.
      Dinamo yang rusak maka seharusnya motornya tidak berputar atau putarannya tidak normal.
      Hal lain yang membuat aliran air tidak maksimal adalah katup/foot valve (orang sering menyebutnya dengan nama “jet”) terhambat, atau pipa intake kemasukan udara.

      Mudah2 tanggapan ini masih bisa bermanfaat untuk Pak Joko.

      Salam,

  • nice inpoh gan… walaupun ane agak kurang paham sih coz sangat awam soal permesinan, hehe…
    :thanks

    • ILR:

      Sama-sama gan Suichal…kita sama2 belajar.

      Salam,

    • pimen:

      saya punya masalah dengan pompa saya,start pertama harus saya pancing dulu…trus jalannya air lancar , setelah 10 menit kok air gak keluar.. kenapa yahhh… udah aku periksa semua pipa gak ada yg bocor… mohon solusi nya ..trima kasih

  • HERRY.P:

    Lo saya pake tandon air,dan pd tandon sy pasang automatic atau radar air, jd on off gk trlalu sering. Saya jarang pake pressure switch, krn pmborosan lstrik jg.. Dh trbiasa tangani pompa air,jd agk tau!

    • ILR:

      Betul Pak Herry, pompa air memang lebih baik menggunakan tandon dengan dilengkapi automatis seperti radar air ini (ada juga yang bilang otomatis tangki). Jadi lebih hemat listrik dibanding pressure switch dan juga air tidak meluber dari tandon.
      Hanya memang tandon air harus dibersihkan secara periodis agar tidak banyak lumut.

      Salam,

  • hera putri hoerunisa:

    kak, bolehh tanya gak,
    apa sihh prinsip kerja pompa air?

    • ILR:

      Hera,

      Prinsip kerja pompa air :
      Pompa air listrik yang biasa digunakan di rumah termasuk kategori pompa sentrifugal dengan bagian2 berupa baling2 (impeller) yang diputar pada poros pompa.
      Pompa air merubah energi listrik menjadi energi kinetik / gerak. Motor penggerak (dinamo) mengubah energi listrik menjadi energi gerak dengan memutarkan rotor dan menggerakkan sumbu (as). Maka rotor yang terletak sepanjang sumbu tadi akan ikut berputar termasuk impeller pompa. Impeller melalui sudu-sudu akan mengisap air lewat saluran isap / pipa isap dan air yang masuk ke ruang isap ini akan ditahan oleh seal dalam tangki pompa dan seterusnya masuk ke saluran buang/keluaran.
      Jadi ada 2 bagian besar dari pompa air : motor penggerak / dinamo dan pompa air.

      Semoga penjelasan ini bisa mudah dimengerti dan bermanfaat..

      Salam,

  • Heri.P:

    Pompa air/jet pump yg awale nyedot kenceng,trus prlahan melemah biasae pipa suction ato sedot,bocor.. Wajib rapat, angin dilarang masuk!

  • echa sumiyati:

    mau nanya pak?kalo otomatis pompa air gak usah digunakan bisa gak?cara mwrangkainya gmana agar waktu menyalakan pompa gak usah mancing.

    • ILR:

      Mbak Echa,

      Jika sering mancing saat menyalakan pompa, problemnya bukan di otomatis pompa, tapi kemungkinan ada yang kurang rapat pada pipa suction (pipa isap) atau katup valve di bagian bawah pipa isap tersumbat pasir sehingga tidak berfungsi dengan baik.
      Yang paling sering terjadi memang dua hal itu.

      salam,

  • eko:

    pak,saya punya pompa air untuk supplay air dari tandon ke mesin cuci yag otomatis,mungkin karena jarak pompa dan mesin cuci hanya sekitar 1 meter maka klo mesin cuci dipakai pompa air hidup mati dalam waktu singkat. apakah akan bermasalah di pompa atau otomatisnya mesin cuci?trus gimana caranya biar pompa bisa supply air terus ke mesin cuci tanpa hidup mati dalam waktu singkat?

    Trus saya punya satu pompa lagi yg bocor pada tabung akumulatornya,apa akibatnya jika tabungnya saya lepas?

    • ILR:

      Pak Eko,

      Dari pemaparan bapak, asumsi kami adalah jalur airnya : pompa –> naik ke Tandon –> turun ke mesin cuci.
      Jika mesin cuci menggunakan air maka alirannya dari tandon. Bila tandonnya masih cukup air maka pompa air tidak hidup. Pompa air akan hidup bila air di tandon sudah berkurang dan menyentuh level bawah dari pelampung level control switch.
      Kalau gambaran sistemnya benar seperti diatas, maka seharusnya mesin air akan hidup mati dalam waktu yang cukup lama. Tapi jika terlalu singkat, maka perlu dilihat :
      1. Tidak ada keran yang terbuka untuk jalur bypass dari keluaran pompa air langsung ke mesin cuci.
      2. Posisi pemasangan pelampung dari control level switch yang terlalu dekat.

      Kemungkinannya ada di dua hal tsb.

      Untuk pertanyaan kedua mengenai tabung akumulator, terus terang belum pernah coba. Tapi melihat fungsi akumulator yang bisa berfungsi sebagai penstabil keluaran air, maka kemungkinan operasi pompa tanpa akumulator akan membuat tekanan keluaran air cenderung tidak stabil.
      Tapi ini hanya analisa saja, perlu dibuktikan dengan percobaan.

      Salam.

  • Budiono:

    Asslamu’alaikum pak, saya mau tanya. saya pakai Pompa Semi Jet Pump Shimisu Jet 100 dan saya cari2 spesifikasinya watt nya kalau ngga salah cuman 100 watt. saya menggunakan toren (penampungan air) dengan jarak dari pompa kurang lebih 15 meter dan ketinggian 3 m meter. kalau melihat spesifikasi pompa tersebut dengan daya 100 watt berarti arus yang mengalir kurang lebih 0.5 Amper. tapi kenyataannya pas pompa saya hidupkan dan melihat Amper yang mengalir di meteran (prabayar) hampir 1,5 Amper. apakah hal ini disebabkan oleh beratnya pompa untuk mengalirkan air ke toren tersebut. ataukah memang perhitungan saya yang salah. mohon pencerahannya, terimakasih.

    • ILR:

      Wa’alaikum salam Pak Budiono,

      Meter Prabayar mengukur pemakaian arus listrik untuk semua beban listrik yang terpakai. Mungkin saat Pak Budi melihat ampere di meteran, ada peralatan listrik selain pompa yang juga beroperasi.
      Untuk lebih presisi lagi pengukuran arusnya, maka pastikan tidak ada beban listrik lain yang ON bersamaan pompa.
      Semoga penjelasannya bisa mencerahkan..

      Salam,

  • hendriansyah:

    Mas mo tnya nh ? Sy bru beli pompa air shimizu otomatis.
    Yg mo sy tnyakan ?
    Kenapa motor sring start 2 ato 3 menit
    Apakah normal ato ada kerusakan ????

    • ILR:

      Mas Hendry,

      Bila tidak ada pemakaian air sama sekali, interval start-stop 2-3 menit tidak normal.
      Apakah menggunakan toren/tandon air dengan level control switch-nya? Jika ya maka bisa periksa posisi pemasangan pelampung (sinker) dari control level switch tsb. Kemungkinan jarak antara 2 pelampung (atas dan bawah) terlalu dekat.
      Jika tidak, maka air yang keluar dari pompa langsung ke jalur pipa dalam rumah. Coba periksa di setip keran air apakah ada bocor di sekitar sambungannya. Jika semuanya normal saja, kemungkinan lain adalah adanya kebocoran di sambungan pipa dalam tembok. Indikasinya bisa terlihat ada rembesan air di tembok.
      Mudah2an penjelasan ini bisa membantu.

      Salam,

  • arif:

    kenapa ya mtor 3 phase 7,5 kw sering trip pada panel pompa,pompa nyala 5 menitan trip lg bgtu trus brulang2,klau sudah trip hrus d reset dulu baru mau d start lg,atau d diemin 10 menitan,kenapa ya ?apa yang rusak ya ?

    • ILR:

      Mas Arif,

      Bisa diinformasikan :
      1. MCB atau MCCB yang dipakai pada panel pompa, kalo bisa ada spesifikasi dan fotonya.
      2. Wiring diagram panelnya, apa saja relay proteksi yang dipasang.

      Investigasi awalnya bisa dilakukan sbb :
      1. Berapa ampere arus listrik pada pompa dan bandingkan dengan spesfikasi MCB atau MCCB. Bandingkan dengan thermal overload setting jika ada dan juga nameplate motor untuk arus nominal.
      2. Apakah ada display yang menunjukkan indikasi trip?
      3. Jika ada alatnya, lakukan pengukuran winding insulation motor atau MEGGER, untuk memastikan apakah motornya bermasalah atau tidak.
      4. Apakah tegangan suplainya normal dan arus listrik pada amperemeter balance.

      Mungkin ini dulu saran kami untuk membantu permasalahannya.

      Salam,

  • Salam kenal pak, artikel bapak sungguh bermanfaat. Saya punya problem dengan otomat pompa. Saya juga menggunakan tandon air. problemnya adalah otomat pompa on off terus selang beberapa detik. Sebelumnya tidak seperti itu. Saya sudah periksa di tandon, air belum penuh dan menyentuh pelampung. Malahan saya pikir pelampung yang tidak beres, sehingga saya sudah lepas pelampungnya. Ternyata masalahnya masih sama. Otomat pompa on off terus. Apa rusak ya ? bagaimana cara sambung langsung tanpa otomat pompanya ? terima kasih atas bantuannya pak.

  • Budi:

    Salam kenal bro ILR, ane Budi… mau numpang nih, maklum belum pernah punya pompa air sebelumnya – he2 newbie…

    normal ga si bro kalo pompa air itu idup-mati dalam kurun waktu yang sangat singkat (kurang dari 5 detik)…jadi kalau ane buka kran, trus ndengerin suara pompanya, kurang lebih gini : whooooom (< 5detik)…trus diem….trus whooooom lagi (Tandon Bawah =>pipa keseluruh rumah… Pompa baru beli merk sanyo… thx a lot bro ILR…

  • ajrin:

    klo mesin pompax mogok gag berfungsi apax yg rusak gan..?

  • Anam Choirul:

    Assalamu’alaikum Coach,
    Apa kabarnya Coach?? udah lama gk ngutak-ngatik strategi dunia starting eleven… hehehe…
    Saya tertarik dengan bahasan ini, karena pas sekali di rumah saya sekarang (baca:PMI.red) memakai sistem pompa air sesuai ilustrasi diatas. Jadi dari pompa langsung supply ke keran utililty (kamar mandi, tempat nyuci piring, halaman depan, tempat nyuci baju). Dimana pompa akan start jika keran air dibuka stop jika keran air ditutup. Nah yang jadi pertanyaan sbb;
    Sewaktu keran air di lantai 1 buka, maka disaat bersamaan ketika keran air di lantai 2 dibuka maka air tidak keluar. Padahal jarak keran air di lantai 2 sekitar 15 meter dari pompa. Apakah yang menyebabkan discharge pompa tidak besar? Seberapa besar pengaruh ketinggian?
    Mohon jawaban dan sarannya. Terima kasih.

    Wassalam,
    Anam Choirul

  • Puji:

    salam Kenal ILR..sy puji..mau numpang nanya boss..
    mesin air dirumah sy mengalami bunyi-mati dengan interval setiap 8 detik (bunyi 1 detik kemudian mati 8 detik) jika dalam keadaan kran air tidak dibuka. Jika kran air dibuka maka mesin air akan bekerja normal.
    Apakah penyebab kondisi seperti itu, jika karena mslh ada kran air yg tdk tertutup rapat/netes sy sdh cek di semua kran tdk ada yg bocor/netes/tdk tertutup rapat. Pipa air juga tdk ada yg bocor/pecah.

    Bagaimana mengatasi hal seperti ini? Terimakasih atas jawabannya akan sangat membantu saya.

  • wawan:

    salam kenal, mas bro ILR saya punya pompa air merk sanyo otomatis, iseng2 saya pernah rubah settingan di mesin (letaknya ada di dalam kap mesin ada tanda + dan -) selang beberapa hari tekanan airnya jadi berkurang. biasanya bila saya buka keran air kamar mandi dan keran air di taman dua2nya masih bisa ngocor tapi setelah saya stel malah cuma bs ngocor 1 keran saja. pertanyaan saya apa fungsi stelan yang ada tanda + dan – itu dan bagaimana cara penyetelannya yang baik. terimakasih banyak sebelumnya.

  • Gito:

    Salam Pa

    Pa Saya kira penting perlu dijelaskan adalah apa itu Faktor Daya (power factor),pada power Faktor ada istilah apparent power dan real power.

    Pada umumnya yg dibaca pada Ampere meter adalah arus dari apparent power tadi ,seperti kasus Pa Budiono diatas yg pakai Pompa air shimitzu 100 watt ,ternyata arus listriknya 1.5 ampere,ini disebabkan power faktor yg rendah ,mungkin sekitar o.6.bila diukur dgn watt meter 100 watt(real power) ,tapi bila dihitung apparent powernya dia menarik 220X 1.5 A= 330 watt.

    Makanya bila Kita mememakai pompa air yg 250 watt ,dan mempunyai rumah dgn daya listrik 900 watt .berarti 5A maka ,kemungkinan besar Sekering pusat akan jatuh,karena arus yg ditarik akan menunjukan sekitar 6 A.

    Sebenarnya ada cara utk mengatasinya ialah memakai capacitor sebagai power faktor corection,tapi itu membutuhkan biaya dan perhitungan yg tepat.
    Ini sering dipakai dipabrik pabrik dgn mesin motor yg besar besar.

  • ajie:

    Yth master listrik, sy punya masalah pada mesin pompa air, sdh 3 hr ini tiba2 suplai air dari mesin pompa air sy ke toren debit airnya kecil, kenapa ya?padahal sy pk jetpump sedangkan tetangga sy smping rmh hanya pk mesin biasa kok suplai air ketoren nya normal(banyak),..mhn bantuannya master!! tks ajie

  • nurman:

    Bro, pengen nanya nch,,,
    apa solusinya jika water jetpump keluar airnya cuma kecil dan setiap mau pakai pasti harus di pancing dulu???
    apakah impeller-nya,,,,????
    mohon bantuanya,,,,

  • firman:

    bos mau tanya ni mtor saya jalan namun d badan motor saya mengalir listrik kira2 apa sih penyebabnya

  • chafid:

    Mau tanya nich mas ILR,pressure gauge di pompa jet pump itu fungsinya untuk apa? Normalnya biasanya berapa bar?

  • Nopry:

    Salam kenal pak, saya pny air shimizu yg otomatisnya selalu hidup dan mati dalam interval waktu yg sangat pendek sekali. 1 menit bisa 15x lebih pd saat shower air dinyalakan ?

    Sementara ketika kran westfel saya buka, otomatis bisa nyala terus menerus tanpa hidup mati.

    Kira2 masalahnya dimana ya ?
    Mengapa pd saat shower menyala, otomatis hidup mati terus?

    Apakah ada solusinya pak ?

    Mohon petunjuknya ya, terima kasih.

  • Devy:

    Salam kenal, saya punya mesin air DAB dengan type JET 102M, sebelumnya mesin air ini berjalan dengan normal 3th lebih kalau toren kurang akan diisi dan kalau toren penuh akan off (dengan menggunakan pressure switch), yang jadi kendala sekarang adalah pada saat pengisian air dari mesin ke toren.
    Biarpun torennya sudah penuh (sampai luber), tetap saja mesin masih hidup, saya pikir settingan di pressurenya ternyata tidak.
    sudah saya coba, pada saat mesin air hidup (mengisi ke toren) saya coba matikan aluran airnya dengan menutup stop kran, ternyata mesin masih hidup, biarpun air sudah tidak mengalir lagi ke toren.
    mohan dapat diberikan masukan atau sarannya. Terima Kasih

  • andika:

    Mau tanya cara pemasangan dari pompa otomatis ke mesin cuci otomatis bagaimana ya?

  • artikel ini juga aku baca semua.
    bagus.
    sangat bermanfaat bagiku.
    penggunaan pompa air ini memang sudah ada pada hampir semua rumah tinggal.

  • gHAZI:

    Assalamu alaikum,
    Mau tanya cara buka impeller pompa shimizu pakai alat apa ya pak?, trima kasih.

  • misbahrul falah:

    gimana sikh caranya tips memilih pompa yang bagus,, dan juga tahan lama, mohon di jawab//// ????????

    terimakasih

  • aziz:

    salam kenal Pak…
    mhn bantuan atas sarannya..
    pompa air (shimizu semi jet) saya semalam tiba2 mati. td pagi cb diservice… trus bisa. tp ketika sampai di rmh mati. dibawa lg ke tempat service, nyala. air pun keluar. tp beberapa waktu kemudian baru 5 menit dinyalakan, mati terus begitu seterusnya…menurut bpk, apa yang terjadi dg pompa air saya ya? apakah dinamonya yang kena?
    trima ksih bnyak sebelumnya

  • Eka Patra:

    Dear Mas Bro,

    Saya mau tanya : mesin pompa saya kan ada semacam tabung warna merah…tetapi tabung tsb saya copot dan saya ganti tutupnya (tidak memakai tabung) dan saya juga telah memakai toren. Masalahnya memakai tabung atau tidak tetap saja air yang keluar pada kran km mandi, dapur dan taman kecil dan melihat air yg ke toren pun sepertinya juga kecil. Mohon masukan dan sarannya. Terima kasih.

  • handri:

    mau ikut nanya pak,
    saya juga mengalami , dimana pompa dorong ( sehabis toren ) yang tak tok tak tok kalau dipakai mandi atau cuci tangan, kemudian saya beli suatu alat di pasar kenari ( namanya lupa ) yang ssdah dipasang , pompa akan hidup lancar & lama tanpa tak tok tak tok , meski hanya dipakai cuci tangan di wastafel
    apakah boleh & betul alat tsb dipakai ? apakah tidak merusak pompa ? apakah pemakaian listrik akan bertambah ?
    terima kasih

  • wawan:

    Asslm pak, saya punya masalah dengan pompa air panas ditempat kerja, karena presure switch tidak bisa berfungsi padahal sudah diganti baru. Sistem kerjanya Satu pompa Hot water suplly-satu pompa Hot Water Return. Presure switch ditempatkan pada posisi header suction pompa HWS , header discharge pompa HWS dan pada suction calorifier(tempat pemanasan air oleh steam). Tekanan kerja yang di perlukan sebesar 9 kg/cm2 off- 7 kg/cm2 on. Mohon pencerahannya pak, terima kasih

  • iqbal:

    Dear mas bro.
    saya mau tanya : ini yang terjadi pada pompa otomatis sya “start-stop dalam interval singkat tentu panas yang timbul karena arus start tadi belum sempat turun dan kemudian motor stop, kemudian start lagi, sehingga panasnya akan terakumulasi. Jika panasnya berlebih maka thermal protector akan bekerja dan untuk beberapa waktu motor tidak bisa start.” sampai sekarang pompanya gak mau hidup…. kira2 apa yang mesti saya periksa? apakah ada sekring nya di pompa air?

  • muridan mas:

    gan berapa ukuran capasitor mesin air panasonic 250 watt,aku tunggu gan

  • Andre mbahe:

    Salam mas ILR
    Saya pake pompa air baru yg 125w, tp ketika saya menyalakan pompa saja lalu saya cek di MPB kenapa daya sedang terpakai kok jd 358w ??? Sampe sekarang slalu 350w lebih, Waktu saya ngecek, pompa udah nyala 10 menitan lebih , dan tdk ada peralatan listrik lain yg nyala
    Kenapa kok bisa begitu yaa ??

    Tambahan mas ,, pompa air saya tanpa otomatis , langsung ngisi tandon, sekali ngisi. 1-2 jam, krn tandonx 3300 liter

  • bram reza fahlefi:

    mas saya mau tanya knp pompa air di rumah saya stiap interval limamenit mati lalu hidup lagi terima kasih

  • idam bangun:

    ASS maaf mengganggu waktunya mas saya mau tanya pompa saya ga bisa nyala sama sekali di karenakan ada konsleting pada kabelnya tetatpi sudah saya ganti kabelnya lalu saya nyalakan lagi tetap tidak bisa hidup solusinya gmn ya mas?

  • ramadhan:

    ass,
    mhon bantuannya mengapa pda saat start pompa air mengeluarkan dengan cepat cuman 3-5 menit terus setelah itu air keluar mengecil dengan perlahan sampai air tidak keluar dr kran
    dan saya coba matikan dan dihidupkan lagi air kembali keluar dengan cepat lagi dan setelah 5 menit air mati
    mohon beri solusinya……

  • susi:

    Kami menggunakan pompa air & tandon di atas. Beberapa hari ini daya sedot airnya koq kecil sekali. Kenapa ya? Kondisi pompa kelihatannya masih bekerja normal. Kalau kondisi volume air di sumur sudah sangat berkurang banyak (mungkin karena kemarau), apakah ini berpengaruh? Bagaimana solusinya agar daya sedot airnya normal kembali? Mohon tanggapan. terima kasih.

    • ILR:

      Mbak Susi : kemungkinan level air di sumur sudah menurun jauh, sehingga total head pompa (jumlah dari kedalaman pipa hisap ditambah tinggi maksimum pipa discharge/keluar) menjadi lebih besar dan berpengaruh pada debit air yang dihasilkan. Bisa dilihat indikasinya saat tengah malam, apakah airnya sedikit bertambah debitnya.
      Kalau memang seperti ini, solusinya adalah diperdalam sumurnya.
      Mudah2an bermanfaat penjelasan ini.

  • Assalamu’alaikum, saya mau tanya pak, kira2 kalo pompa air nya mengeluarkan asap itu kenapa ya pak? Thanks :)

  • Oja:

    Thx banget infonya. Sangat informatif..Setelah baca artikel ini jadi tahu harus bagaimana.

  • Samuel:

    Bagus-bagus artikelnya dan sangat berguna sekali.

  • joen:

    saya pake pompa sanyo bukan untuk mensuplai air dari sumur ke tandon air, tapi untuk menambah tekanan air dari tandon air ke mesin cuci. kebetulan saya enalankan usaha laundry yg menggunakan banyak mesin cuci, jadi tekanan air dari tandon air yg normal tidak cukup untuk mengisi ke semua mesin cuci dengan cepat, makanya saya menggunakan mesin pompa. semuanya berjalan normal jika saya menggunakan mesin cuci manual dimana besaran air masuknya bisa kita atur, namun tidak bisa untuk mesin cuci otomatis. mesi otomatis mengatur sendiri besaran air masuk dan waktunya. ketika mesin cuci otomatis sedang mengisi, pompa air tsb mengalami on/off dengan interval sangat cepat dan terdengar suara “keteketeketekketeketeketekek” yg sangat cepat, bisa ratusan kali/menit. sebenarnya dulu tidak secepat itu tapi mkin lama makin cepat saja. suatu kali tabung akumulatornya pecah dan sudah diganti, dan sekarang sepertinya akan pecah lagi.
    apakah tabung tsb pecah karena tekanan yg sangat kuat dari dalam tabung? apakah tekanan dalam tabung bisa bertambah besar jika mesin sering mengalami in/off dengan interval yg pendek? lalu bagaimana cara mengurangi tekanan tsb? terimakasih.

  • mantab oom, pencerahannya..
    udah lama ga belajar motor listrik jadi lupa, hehe.. :)
    *ceritanya lagu ngutak-atik mesin air dirumah :D

  • Saya pakai tandon air 1000 ltr ketinggia 4 m, karena dirasa kurang kenceng arus keluarnya saya tambah pompa dorong merek Wasser, sy aktifkan automatic switch flow, dimana kalau keran dibuka pompa dorong hidup otomatis, tp yg jadi masalah sistim ini bekerja tetapi pompa bekerja hidup-mati dalam interval singkat, kira2 gimana cara mengatasinya pak, Makasih

  • Ananto:

    Assalamualaikum Pak..

    Artikel yang sangat menarik Pak..terkait dengan Pompa Air, saya mempunyai satu permasalahan. Saya baru saja memasang Pompa Air Jet Pump.

    Awal nya untuk menyalakan saya menggunakan kabel Rol, pompa tersebut bekerja dengan normal tanpa ada masalah. Tapi itu menjadi tidak praktis karena daya nya sambil dari colokan yang ada di dapur.

    Saya coba buat kan colokan tersendiri di belakang rumah dimana untuk kabel (Kabel Serabut) nya saya sambungkan ke T-Dos yang ada di Plafon dapur, akan tetapi begitu saya coba colok kan pompa ke colokan yang baru saya buat, MCB langsung anjlok, saya pikir karena hal tersebut karena saya menggunakan kabel serabut.

    Saya lalu mengganti kabel serabut tersebut dengan kabel inti tunggal 1.5 mm. Akan tetapi kondisi tetap sama,setiap kali di colok kan Pompa nya MCB langsung anjlok, menurut bapak permasalahan nya ada di mana ya?soal nya tidak ada korsletiing pada jaringan kabel yang baru saya buat. Ini di tandai dengan listrik yang tetap nyala jika pompa tidak di colok.

    Mohon bantuan nya ya Pak soal nya sampai dengan saat ini saya kembali menggunakan kabel Rol untuk menyalakan Pompa tersebut. Sebagai informasi saja, Daya Listrik di rumah saya 900 Watt. Jet Pump yang saya gunakan merk DAB 370 A dengan keterangan daya masukan 700 Watt, Daya Keluaran 375 Watt dan Capacitor 20 mikro Farad (berdasar kan keterangan yang tertulis di body Pompa).

    Sekali lg mohon bantuan nya ya Pak. Terima kasih. Wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Andry: info pentingkhusus area pekanbaru / riaujasa pemasangan :1.instalasi listrik2.panel 2 listrik3.anti...
  • agus sulaiman: Trimakasih sharingnya boss Kalo agan agan lagi nyari-nyari kabel lokal maupun impor bisa hubungi saya...
  • sasmito: min gimana cara mengukur isolasi?saya pakek alat ukur megger kyoritsu3132A.TERIMA KASIH
  • Fadrin: Mohon bantuannya pak, saya ada kendala dgn mesin cuci dgn daya 3 phase. Pada awalnya mesin tersebut berjalan...
  • Lutfi: Jika komputer 20 watt sumber listrik pln 900 va 4 a maka rumus yang digunakan untuk mencari daya listri beban...