CQ#1 – APAR untuk di Rumah

Satu kategori artikel baru dalam website InstalasiListrikRumah.com ini kami buat untuk memberikan kesempatan kepada komunitas ILR dalam mengajukan suatu pertanyaan, membantu memberikan jawabannya atau melakukan diskusi.

Kategori ini kami beri nama “Challenging Question” atau “CQ”. Suatu pertanyaan yang diajukan untuk direspon oleh pembaca lainnya dan kami broadcast juga dalam komunitas ILR yang sudah terbentuk di social media.

Hal ini sejalan dengan misi InstalasiListrikRumah.com untuk mengembangkan konsep berbagi ilmu pengetahuan dan informasi mengenai kelistrikan. Dan untuk lebih jelasnya mengenai CQ ini dan bagaimana untuk mengajukan pertanyaan, silahkan visit ke sini.

Baiklah, langsung saja kami rilis pertanyaan pertama untuk CQ ini (CQ#1).

Agan-agan mau tanya donk….
1. Kira2 APAR (alat pemadam kebakaran) apa sih yg cocok buat di rumah,
2. Untuk pemilihan kapasitas, kan ada 1kg, 2k dst…gimana sih cara nentuinnya, biar ga salah milih…
3. Nah yg terakhir nih…utk penempatannya dimana aj yah …..
makasih yah agan2….ditunggu jawabnnya

APAR : Alat Pemadam Api Ringan

APAR - Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan

Silahkan untuk merespon dalam bagian comment.

Salam,

ILR-Team

Ingin mengajukan pertanyaan untuk ditampilkan dalam CQ? silahkan visit ke sini.

*Pertanyaan ini juga dimuat di :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. FanPage ILR di Facebook

3. Grup Diskusi & Berbagi ILR di Facebook

 

**Bergabung dengan komunitas ILR untuk langsung tanya-jawab, diskusi dan berbagi dengan cara :

Join dalam grup diskusi & berbagi ILR di Facebook :

http://www.facebook.com/groups/InstalasiListrikRumahdotcom/

 

Join dalam Forum ILR :

http://forum.instalasilistrikrumah.com

 

***Dapatkan tips dan pengetahuan seputar Instalasi Listrik Rumah dengan klik “Like” FanPage ILR :

https://www.facebook.com/FanPageInstalasiListrikRumah

 

 

4 Responses to CQ#1 – APAR untuk di Rumah

  • Kristianto:

    Sebenarnya sih, semakin besar kapasitas APAR maka semakin baik, karena kita tidak kuatir kehabisan APAR sebelum apinya padam.
    Tetapi, untuk penghematan, baik tempat, tenaga dan harga, menurut sy, ukuran minimal 1,5 Kg, dan untuk peletakannya, usahakan di tempat sumber api, seperti dapur, atau diruangan lain yang dekat dengan pintu dapur, tujuannya agar mudah meraih APAR.
    Mungkin ini saja pendapat dari saya, semoga bisa membantu.
    Terima kasih.

  • selalu waspada dan tetap menjaga kondisi rumah sebelum tertidur,jangan lupa mematikan lamu menghemat itu pangkal kaya
    http://cinta009.blogspot.com/

  • Dezubairo Delaveritas:

    Agan2,

    1. APAR yg cocok utk rumah adalah jenis Dry Chemical Powder atau biasa disebut bubuk ABC. Kenapa saya memilih ini krn dry chemical powder ini sangat aman utk kebakaran yg di akibatkan oleh listrik krn tidak bersifat condusive yg berbeda dgn APAR yg berbahan foam atau wet chemical

    2. Untuk kapasitas tergantung agan2 sendiri mau yg berapa kilo tapi alangkah baiknya paling sedikit adalah 3 Kg

    3. Untuk penempatan adalah di tempat yg mudah di jangkau oleh orang dewasa dan susah di jangkau oleh anak-anak jadi agan2 boleh pikirkan sendiri

    Terima kasih

  • aprian suryaningtias:

    sedikit share ilmu tentang apar, saya seorang pemadam kebakaran yang bertugas di daerah dki khusus nya di wilayah jakarta barat

    1. apar
    tabung alat pemadam banyak jenis nya ada dry chemical powder , co2, ada form dan hallon

    Alat Pemadam Api Jenis Dry Chemical Powder merupakan alat pemadam api yang mengandung serbuk kering yang bersifat inert seperti serbuk silica yang dicampur dengan serbuk sodium bikarbonat. Serbuk dipompa keluar tabung dengan bantuan gas karbon dioksida yang berasal dari catridge. Serbuk yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan oksigen yang merupakan salah satu kompenen kebakaran. Adanya karbon dioksida juga akan menyingkirkan oksigen sehingga dapat memadamkan api. Sangat tidak disarankan untuk digunakan pada area yang terdapat peralatan produksi atau instrument produksi yang sangat bernilai, karena serbuk-serbuk pemadam dapat merusak komponen-komponen peralatan tersebut.
    APAR Isi ABC Powder

    Dry Chemical Powder Merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutupi area kebakaran (api), akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakannya ditutupi oleh Dry Chemical powder.

    Merupakan media pemadam api serbaguna, aman dan luas pemakaiannya karena dapat mematikan api kelas A, B, dan C.
    Dapat menahan radiasi panas dengan kabut (serbuk) partikelnya.
    Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif).
    Kimia kering tidak beracun (Non Toxic).
    Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

    Tabung Pemadam Api adalah salah satu produk yang menggunakan bahan dry chemical powder, karena memiliki tingkat kelas kebakaran A, B, dan C.

    Alat Pemadam Api Jenis Carbon Dioxide (CO2) merupakan alat pemadam yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam. Alat pemadan ini akan mengeluarkan awan karbon dioksida dan partikel COP padat pada saat digunakan. Jenis pemadam ini digunakan untuk area dimana terdapat peralatan elektronik sehingga peralatan tersebut tidak rusak, seperti instrument laboratorium, server, komputer, dsb. Jenis pemadam ini tidak boleh digunakan pada area confine space atau basemen karena awan karbon dioksida dapat membahayakan bagi personel kebakaran itu sendiri. Jenis pemadan CO2 ini juga tidak boleh digunakan untuk kebakaran bahan logam atau metal.

    APAR Isi CO2

    Co2 adalah Senyawa/bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

    Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C karena merupakan bahan gas, Co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
    Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.
    Carbon Dioxide (Co2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.
    Konstruksi tabung dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.
    Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

    Sangat cocok untuk memadamkan api yang terjadi akibat korsleting listrik. karena bersih dan aman untuk alat listrik khususnya.

    jadi menurut saya klo tabung pemadam untuk dalam ruangan dan ada banyak elektronik yang lebih cocok nya tabung pemadam Carbon Dioxide (Co2)

    2. untuk kapasitas alat pemadam ukuran 1 dan 2 kg Biasa nya di gunakan untuk kendaraan, untuk ruko atau rumah tinggal di minimal ukuran 3 – 9 kg

    3. untuk penempatan apar di usahakan di tempat yang mudah terlihat dan di gantung di tembok dengan tinggi 80 cm sampai 120 cm standar orang indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Indra Jaya Kusuma: Belum ada perubahan apa-apa, bahkan lebih parah. Saat ini tagihan perbulan mencapai 750 rb....
  • Andry: info pentingkhusus area pekanbaru / riaujasa pemasangan :1.instalasi listrik2.panel 2 listrik3.anti...
  • agus sulaiman: Trimakasih sharingnya boss Kalo agan agan lagi nyari-nyari kabel lokal maupun impor bisa hubungi saya...
  • sasmito: min gimana cara mengukur isolasi?saya pakek alat ukur megger kyoritsu3132A.TERIMA KASIH
  • Fadrin: Mohon bantuannya pak, saya ada kendala dgn mesin cuci dgn daya 3 phase. Pada awalnya mesin tersebut berjalan...