Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

Salah satu hal yang menarik untuk dibahas adalah pengertian mengenai daya listrik PLN. Ada beberapa pertanyaan seperti ini : “Listrik PLN di rumah saya 1300Watt, mengapa…dst”. Dan selalu kita koreksi dengan 1300VA. Perbedaannya adalah satuan VA dan Watt. Apa perbedaannya dan mengapa digunakan satuan VA?

Pembahasannya kita mulai dari teori dasar listrik mengenai daya. Daya listrik merupakan jumlah energi yang digunakan untuk melakukan kerja atau usaha. Dalam sistem listrik arus bolak-balik, dikenal adanya 3 jenis daya yaitu :

1. Daya Nyata (simbol : S; satuan : VA (Volt Ampere))

2. Daya Aktif (symbol : P; satuan : W (Watt))

3. Daya Reaktif (symbol : Q; satuan : VAR (Volt Ampere Reaktif))

Daya Aktif adalah daya yang digunakan untuk energi kerja sebenarnya. Daya inilah yang dikonversikan menjadi energi tenaga (mekanik), cahaya atau panas. Satuan daya aktif adalah Watt.

Daya Reaktif adalah daya yang digunakan untuk pembangkitan fluks magnetik atau medan magnet. Satuannya adalah VAR. Contoh peralatan listrik yang memerlukan daya reaktif adalah motor listrik atau dinamo, trafo, ballast lampu yang konvensional dan peralatan listrik lain yang menggunakan proses induksi listrik lilitan untuk operasinya.

Daya Nyata dengan satuan VA adalah total perkalian antara arus dan tegangan pada suatu jaringan listrik atau penjumlahan dengan metode trigonometri dari daya aktif dan reaktif dalam segitiga daya.

Hubungan antara ketiga jenis daya ini digambarkan dalam segitiga daya.

Segitiga Daya Listrik

Gambar Segitiga Daya Listrik

 

 

Sekarang kita lihat rumus yang menghubungkan ketiga daya tersebut . Rumus untuk daya nyata adalah perkalian antara arus dan tegangan, yaitu :

S=V.I

Dimana :
S = Daya Nyata (VA)
V = Voltage / Tegangan (Volt)
I = Arus (Ampere)

Sedangkan hubungan antara daya nyata dan daya aktif dapat dihitung dengan rumus trigonometri sebagai berikut:

Cos φ=P/S

P=S x Cosφ

P=V x I x Cos φ

Dimana :
P = Daya Aktif (Watt)
S = Daya Nyata (VA)

Dengan rumus segitiga phytagoras dapat juga dituliskan :

S=√(P^2+Q^2 )

Cos ϕ adalah perbandingan antara daya aktif (P) dan daya nyata (S) dan dikenal dengan faktor daya listrik (PF : Power Factor). Nilai Cos ϕ yang digunakan PLN adalah sebesar 0.8.

Itu teori listriknya, bagaimana dengan aplikasinya untuk instalasi listrik perumahan?

Daya nyata (S) dengan satuan VA digunakan untuk perhitungan besarnya daya listrik terpasang dari PLN di rumah pelanggan. Hal ini karena PLN hanya memasang MCB sebagai pembatas daya listrik pada kWh-meter. Contohnya pada suatu rumah dipasang MCB 6A dengan tegangan 220V maka daya terpasang pelanggan tersebut adalah 6A x 220V = 1320VA atau dibulatkan 1300VA.

Daya listrik terpasang PLN yang lainnya (yang paling umum) adalah 450VA, 900VA, 2200VA, 3500VA, 4400VA.

Daya aktif (P) dengan satuan Watt digunakan untuk mengetahui berapa daya listrik yang bisa digunakan untuk peralatan listrik oleh konsumen. Dari rumus daya aktif diatas maka dari besarnya daya terpasang 1300VA tersebut bisa dihitung daya aktifnya.

Dengan Cos ϕ sebesar 0.8 maka dengan daya terpasang 1300VA, daya aktifnya (P) sebesar 6A x 220V x 0.8 = 1056 Watt.

Apa artinya 1300VA dan 1056Watt?

Setiap peralatan listrik di rumah sebenarnya hanya mencantumkan nilai daya listrik dalam Watt, yang merupakan daya aktif. contohnya mesin jetpump 150Watt, lampu TL 20Watt, AC 300Watt dan lain-lain. Bila semua peralatan listrik tersebut dipakai, maka total maksimum daya yang mampu disediakan hanya 1056Watt (bila rumah tersebut berlangganan listrik 1300VA).

Dalam nilai 1300VA (S) dan 1056Watt (P), terdapat daya reaktif (Q). Perhitungan secara trigometri, dengan faktor daya sebesar 0.8 akan menghasilkan nilai Q = 792VAR. Daya reaktif ini digunakan untuk pembangkitan medan magnet pada peralatan listrik yang bersifat induksi seperti mesin air, kipas angin, ballast lampu, AC dll.

Contoh, pada mesin air tertulis dayanya 150Watt, maka daya 150 Watt tersebut akan dikonversikan oleh motor listrik / dinamo mesin air menjadi tenaga. Untuk menghasilkan daya kerja 150Watt tersebut, mesin air akan menyerap daya nyata sebesar 150Watt/0.8 = 187,5VA. Daya reaktif sebesar 112.5VAR digunakan untuk pembangkitan medan magnet pada motor listrik.

Bagaimana perhitungan daya listrik oleh PLN?

Untuk pelanggan perumahan, hanya penggunaan daya aktif dalam satuan watt yang dihitung oleh PLN. Karena itu alat pengukurnya disebut kWh-meter (kiloWatt Hour meter). Besarnya daya reaktif tidak dihitung karena faktor daya untuk listrik perumahan masih ditoleransi dalam angka 0.8. Berbeda dengan listrik industry dimana terpasang kVARh-meter (Kilo-VAR hour meter) untuk menghitung besarnya pemakaian daya reaktif, dimana jika penggunaannya melebihi batas maka akan kena pinalti oleh PLN.

Apa pentingnya kita mengetahui perbedaan antara daya listrik dalam Watt dan VA?

Misalkan kita mempunyai peralatan listrik dengan total daya 1200Watt, maka besarnya daya listrik PLN tidak akan cukup dengan 1300VA (rating MCB 6A). Dengan faktor daya 0.8 maka akan didapat daya nyata sebesar 1200/0.8 = 1500VA. Sehingga daya listrik PLN yang terdekat adalah 2200VA (sesuai dengan rating MCB-nya yaitu 10A). Dari angka 2200VA maka selanjutnya kita bisa menentukan besarnya kapasitas instalasi listrik, terutama kabel listrik, minimal adalah 10A atau 2200VA.

Jadi satuan Watt lebih digunakan untuk menghitung besarnya penggunaan daya listrik pada peralatan dan satuan VA digunakan untuk menghitung kapasitas terpasang instalasi listrik, mulai dari MCB dan penghantarnya.

Tentunya masih ada lagi pertanyaan selanjutnya : Apakah angka faktor daya sebesar 0.8 bisa berubah? Dan apakah pengaruh daya reaktif bisa merugikan? Kita akan bahas pada artikel selanjutnya. Mudah-mudahan artikel yang singkat ini bisa mencerahkan dan bermanfaat.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Sistem Listrik 3-Phase

2. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

3. Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

4. Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

5. MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik

6. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah 

7. Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

8. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

124 Responses to Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

  • renal:

    pak saya mau tanya kalau 250 amper daya y d’pake sekitar berapa y pak buat 3 phase?

  • Bayu:

    Renal :

    saya coba jawab ya.

    Arus 250 Ampere 3phase tegangan 380 volt = 165 kVA.

    P = akar 3 x V x I.
    P = akar 3 x 380 V x 250 A
    P = 165.000 VA atau 165 kVA.

    CMIIW…

    • Melengkapi jawaban mas bayu,
      S=1.732 x Vp-p x I
      S=1.732 x 380 x 250
      S=164.540 VA = 164,54 KVA
      Dalam struktur daya PLN, daya 164.000VA=164KVA

      • benediktus edy wibowo:

        Dear Renal,

        Untuk sistem 3 fasa perhitungan agak berbeda dengan sistem 1 fasa. Untuk perhitungan daya yang terpakai dapat menggunakan rumus sbb :
        P = 1.73 x V x I x cos phi
        Diketahui :
        I = 250 A
        V = 380 V
        Cos phi = 0.9
        Maka daya adalah :
        P = 1.73 x 380 x 250 x 0.9
        = 148090 watt
        = 148 kw

        Demikian semoga dapat membantu bapak.

  • deden.sm:

    Pak sya mau tanya tentang penyambungan daya ke PLN utk gedung apa saja yang harrus di lengkapi. dan biaya nya.seperti ada nya :

    1. SPO….
    2.SLO….
    3. AKLI

    Mohon informasi …..?

    trim.s
    den

  • hrlaps:

    Untuk menentukan Tap pada Trafo berapa % selisih Tapnya Pak?
    Mis,Trafo 45 kva 380 v / 420 v.Pada sisi 420 v mau dibuat Tap 5 buah,pertanyaan pada tegangan berapa kita buat Tap yang 5 tadi?

  • Maritson:

    Salam kenal,
    Saya ingin menghemat tagihan listrik di rumah dengan rencana memasang sistem hapasitor, daya terpasang 1300 VA, pertanyaan: berapa besaran kapasitor yang saya butuhkan ? Terimakasih atas pencerahannya,,,

    Salam,

    • Kapasitor tidak dapat menghemat tagihan listrik. kapasitor hanya mengefektifkan pemakaian daya langganan PLN. Fungsi Kapasitor lebih cocok pada pelanggan kelas industri yang dalam tagihan listriknya ada denda KVARH.

    • benediktus edy wibowo:

      Dear Maritson,

      Menghemat tagihan listrik dapat diartikan adalah memaksimalkan kinerja dari suatu peralatan listrik dengan memperbaiki faktor2 pendukung. Dengan perkataan lain keandalan sistem tenaga listrik sangat diperlukan. Salah satunya dengan perbaikan faktor daya ( cos phi). Listrik yang kita bayar ke PLN adalah daya aktif (watt).
      P = V x I x Cos phi

      dari penjabaran rumus diatas jika cos phi semakin mendekati 1 (satu) maka I (arus) akan semakin kecil, dengan semaki kecil arus maka kita dapat menghemat pemakaian daya PLN. Untuk menjadikan nilai cos phi mendekati angka satu dapat dilakukan dengan penambahan kapasitor. Besarnya nilai kapasitor tergantung dari nilai cos phi awal ditempat bapak. Jadi untuk permasalahan ini belum dapat dijawab untuk besarnya kapasitor yang dibutuhkan.

      Demikian semoga dapat membantu bapak.

  • Eric:

    Saya menggunakan daya listrik PLN 4400 VA dan genset 8000 VA digunakan bersamaan pada Instalasi listrik (Jika listrik padam meggunakan genset)
    Berapa kapasitas stabilizer yang sesuai dengan kondisi tersebut, terima kasih.

    • ILR:

      Pak Eric : Jika stabilizer hanya untuk pemakaian listrik PLN, gunakan kapasitas 5000 VA. Jika ingin dipakai juga saat menggunakan genset, pilih yang kapasitas 10,000 VA.

  • apik:

    Dengan rumus segitiga phytagoras dapat juga dituliskan :
    S=√(P^2+Q^2 )

    Dalam nilai 1300VA (S) dan 1056Watt (P), terdapat daya reaktif (Q). Perhitungan secara trigometri, dengan faktor daya sebesar 0.8 akan menghasilkan nilai Q = 792VAR. Daya reaktif ini digunakan untuk pembangkitan medan magnet pada peralatan listrik yang bersifat induksi seperti mesin air, kipas angin, ballast lampu, AC dll.

    mendapatkan nilai Q(VAR) diatas cara menghitungya bagaimana?
    bukannya untuk mencari nilai Q(VAR) menggunakan rumus:

    Q=√(S^2-P^2 )

  • darno jomblang:

    wah..wah…wahh….asik,,”jadi tambah ilmunya….
    terima kasih banyak bapak guru….

  • darno jomblang:

    jadi nambah ilmunya….
    trimakasih banyak…..
    siiip,,…,,

  • Am Khaled:

    mksih bnyk artikelnya, mudah2an bermanfaat & menjadi amal sholeh bagi ente karena membagi-bagi ilmunye

  • himsyar:

    pak saya mau nanya 1. daya di pabrik saya 82500VA sedangkan pemakaian 3phase 45000w dan 1 phase 21000w bagaimana sih cara menentukan / menghitung bahwa daya kita sudah mencukupi atau masih bisa ditambah mesin2 atau alat listrik lainnya.terimakasih

  • Firanto:

    Saya mo tnya, kwh sya kn 1300,sya mnggunakan stabilizer brkpsitas 5000va, jika saya mo nambah lt.2 trus di lt.2 sya mo psang 3 unit AC n 17 lmpu downlet. Klo di lt 2 sya psang 8 MCB yg C6, itu kuat tdk ya…?
    Krn di lt 1 udh ada 6 MCB.
    Di lt 1 udah pke 3unit kulkas n 1 friser.
    It kira2 sya hrus mnambah daya apa tdk..?
    Bls. trmksh.

  • agus:

    saya mau tanya,nilai sinQ dengan cosQ sama tidak,terimakasih banyak infonya

  • annisa:

    pak, kalimat terakirnya bikin penasaran..
    jadi apa yang mempengaruhi angka faktor dayanya?

  • himsyar:

    pak saya mau nanya jika daya dipabrik saya 82500watt, sedangkan pemakaian 1phase 80030watt dan 3 phase 47219watt. apakah daya ditempat kami sudah cukup atau masih bisa ditambah lagi? bagaimana memastikannya dengan rumus pak thanks.

    • Pak Himsyar,
      Mungkin maksud bapak daya langganan: 82500VA = 82,5 KVA, dan beban 1 phasa: 8030Watt=8.03KW
      beban 3 phasa: 47,219 KW
      beban 1 phasa: 8.03KW
      ————————–
      Total Beban: 55.249KW
      Asumsi cos phi: 0.8
      KVA beban: 55.249KW/0.8= 69.061 KVA

      Jadi daya langganan bapak masih mencukupi untuk kebutuhan beban tersebut.
      Note: untuk penarikan beban 1 phase sebaiknya dibagi rata dari tiap phase sehingga masing-masing phase mendapat 2.68 KW agar beban seimbang.

  • sasri:

    numpang tanya gan…saya punya stavol 1000VA, tp kenapa waktu dipakai untuk mesin air dengan daya 250watt stavol tersebut panas…!!! mohon pencerahannya!!!! thanks!!!!!!!

  • gede sukenada:

    mohon sharring

  • gede sukenada:

    beritahukan saya jika ada komentar baru………..

  • hadi:

    100 kva di mesin jenset sama dengan berapa watt bila di raus pln

  • melky teknik:

    Siang Bapak..mo tanya untuk beban listrik rumahan 6600 va / 3 phase , bagaimana pembagian arus masing2x fase untuk menentukan ukuran kabel sesuai standard ? terimakasih

  • Toni saputra:

    pak saya mau tanya, bagaimana cara menghitung jika daya rumah sebesar 3500 VA dan mengoprasikan 1 unit mesin berkapasitas 400 watt, di oprasikan selama 3 jam. berapa Rp uang yang harus saya keluarkan pak…?

    • coba ane jawab…
      pemakaian 400X3 jam = 1200VA
      Harga listrik per 1000VA untuk daya 3500VA = 1.145 rupiah
      Jadi pemakaian dikalikan harga listrik per/kwh = 1.2KwhX1.145 = 1.374 rupiah per hari

      maaf jika analisa ane salah itu hanya berdasarkan logika ane pribadi…

  • Berapa kebutuhan daya listrik untuk 1gedung dengan tinggi 25 lantai dan 30 unit room yg msng2 unit ada fasilitas ac 2pk lampu dwon light 10 kostas 18 watt kulkas msng2 room 1 unit.trmksh ( lagi mumet ni ).

  • semoga makin sukses dan tambah baru lagi artikelnya..
    http://cinta009.blogspot.com/

  • maaf gan ane mau tanya, dirumah ane pakai PLN 1300VA, trus ane mau penhematan dengan cara pasang PLTS, dengan cara dihidupkan secara bergilir. malam PLTS siang PLN
    pertanyaan ane berapa solar cell yg ane butuhkan dan berapa jumalah Aki 65Ah 12Volt yg harus ane siapkan estimasi untuk hidup dalam 12 jam?

    thanks
    Mulyadi

  • Anie:

    Sebelumnya sy minta maaf karena menhubungi email anda, krn sampai saat ini belum ada jawaban yang saya terima. Adapun pertanyyan saya mengenai biaya/ beban listrik yg saya bayar dengan beberapa fasilitas yg saya gunakan ( email sy pertanggal 11 Juli 2014)
    Demikian , sekali lagi saya mohon jawaban secepatnya. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  • Rani:

    maaf, kalau 900 VA itu berarti berapa KWh yah??

  • rudi:

    Microwave tercantum:
    Daya Listrik: 450w
    Konsumsi Daya: 750w

    Apa perbedaan Daya listrik Dan Konsumsi Daya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Irwan: Tambahan untuk Penggunaan kapasitor: 1. Untuk pemakaian di rumah, kapasitor sebaiknya “dicangkok”...
  • Irwan: Cara Lain mengatasi beban gak seimbang adalah dengan memasang UPS Type ON Line (On Line Double Conversion...
  • Irwan: Bapak harus pastikan dulu di speks nya berapa toleransi tegangan input yang diijinkan. jika masih masuk range...
  • Irwan: Pak Nur, Banyak dijual modul untuk AMF (Automatic Main Failure) yang akan meng ON Kan genset ketika supply...
  • Irwan: Pak Farid: 1. Seharusnya tidak ada pengaruh keseimbangan beban terhadap putaran KWH Meter 3. Berdasarkan Tarif...