Diskusi#030314 – Kasus Kebakaran Gedung atau Rumah Tinggal Seringkali Terjadi Akibat Hubungan Pendek Arus Listrik?

Artikel yang kami sajikan kali ini adalah rangkuman dari diskusi yang ada di Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com

—————-

Pertanyaan :

Untuk kasus kebakaran gedung atau rumah tinggal kenapa yah sering kali terjadi akibat hubungan arus pendek… apa karena penggunaan peralatan yang tidak SNI atau pemasangan yang kurang baik.. sebagian besar kebakaran rumah akibat hubung singkat itu terjadi pada daerah permukiman yang padat penduduk. bisa disimpulkan ga yah kalo kebanyakan kebakaran itu kerap terjadi pada daya terpasang 450 watt? maaf newbie . Sebenarnya apa saja hal bisa menyebabkan kebakaran rumah akibat korsleting listrik atau hubung singkat?

**

———————————————————————————————————————————————–

Respon#1 – dadan.hadiansyah.9 :

Kalo terjadi hubung singkat biasanya arus jadi sangat besar, MCB trip, arus terputus dan tidak akan timbul api. makanya sangat heran kalo hubung singkat dikatakan sebagai penyebab kebakaran.

—————-

Respon#2 – frizal :

Tapi bisa juga MCBnya gagal trip. Cuma ini sulit pembuktiannya kalau MCB ikut hangus, apakah kondisinya masih ON atau OFF.

—————-

Respon#3 – dadan.hadiansyah.9  :

Jarang sekali kejadian MCB gagal trip. Di forum lain sudah sering di bahas, penyebab kebakaran bukan karena hubung singkat. Silahkan dicoba menghubung-singkatkan L dan N, MCB akan trip. Dan Jarang sekali kejadian MCB yang gagal trip.

—————-

Respon#4 – frizal :

Ya betul..saya sadari memang sepanjang pengalaman di industri, jarang ketemu MCB gagal trip. Thanks utk koreksinya. Tadinya saya pikir MCB palsu itulah yg punya potensi gagal trip. Tapi palsu atau tidak, kalau dikaitkan ke pengalaman tadi, jarang MCB gagal trip.

—————-

Respon#5 – dadan.hadiansyah.9  :

Ok kang, yang berpotensi menyebabkan kebakaran di area diantaranya: sambungan yang longgar, beban melebihi kemampuan hantar arus kabel sehingga konduktor menjadi panas dan isolatornya terbakar (salah satu penyebabnya kabel palsu yg disebut di trit yg lalu, juga kabel audio yg dipakai untuk kabel daya ).

—————-

Respon#6 – mulyadisyukur.mulyadi :

Untuk Instalasi di Rumah sangat dianjurkan menggunakan kabel TUNGGAL karena hanya ada dua pilihan putus atau nyambung. Kalau kabel serabut ada putus sebagian akan timbul panas…

—————-

Respon#7 – budhisetiyo :

Kalo untuk masalah instalasi listriknya saya kira tidak masalah karena yang memasang itu dari pihak instalatir yang udah terjamin keamanannya. apa bisa disimpulkan bahwa yang sangat berpengaruh terhadap terjadinya kebakaran karena listrik itu para konsumen mengingat pengetahuan mereka yang kurang tentang listrik. misalnya seperti penumpukan stop kontak, penggunaan kabel roll yang kurang benar, penambahan lampu jalan dengan menggunakan kabel yang tidak standar. kemarin saya juga sempet melihat tetangga saya mengenai penggantian serabut pada sekering model lama (bukan MCB) dengan menambahkan serabut lebih banyak hal ini katanya agar listrik yang dipakai tidak cepat trip. Daya yang terpasang saat itu 450 watt. sudah saya kasih tau tetep aja ga didengerin. namanya juga orang yang kurang pengetahuan diomongin ya tetep ngeyell haha . kalo aku sih udah tak saranin untuk tambh daya aje kalo emang butuh daya besar katanya alasan biaya tambah daya mahal.

—————

Respon#8 – dadan.hadiansyah.9   :

Iya om Budhi, kalo hubung singkat jarang menimbulkan kebakaran, kecuali di hazardous area, yang memiliki bahan2 cair atau uap yang sangat mudah terbakar. Hanya saja media massa selalu menyebut penyebab kebakaran adalah hubung singkat. Dan apapun yang berhubungan dengan listrik yang menyebabkan kebakaran selalu disebut oleh media sebagai hubung singkat hehe..

—————

Respon#9 – frizal :

Dadan : thanks infonya.

Om Budhi, tetangga saya juga pernah cerita pengalaman rumahnya yg dulu pernah kebakaran krn listrik. Penyebabnya karena penumpukan di stop kontak. Jadi memang salah satu faktornya adalah perilaku konsumennya sendiri.

—————

Respon#10 – budhisetiyo :

Perlu adanya penyuluan mengenai penggunaan peralatan rumah tangga mengingat banyaknya kasus kebakaran karena listrik terutama pada daerah pemukiman yang padat penduduknya.

—————

Respon#11 – dadan.hadiansyah.9   :

Stop kontak yang bertumpuk itu menyebabkan beban bertambah, dan kabel akan mengalirkan arus diluar batas kemampuan hantar arusnya, sehingga kabel menjadi panas. Kontak plug dengan stop kontak juga tidak kuat (longgar) sehingga menimbulkan percikan api dan arang, Timbulnya arang akan mengakibatkan resistansi, sehingga kontak konduktor plug dan stop kontak terhalang resistor dari arang tersebut, dan akan menimbulkan panas, dan makin panas, plastik plug dan stop kontak akan meleleh dan lama kelamaan menjadi api. Silahkan di coba hehe

—————-

Respon#12 – gk.elektrikal :

Kebakaran akibat arus pendek terjadi karena banyak sebab. Salah satu contohnya bisa terjadi karena sambungan yang kurang baik, kapasitas kabel yang tidak sesuai dgn beban, tidak adanya pemuaian panas kabel. Pemasangan/penggunaaan komponen listrik yang kurang tepat/tidak standart dll.

Salah satu cara untk menghindari kebakaran akibat arus pendek dengan memasang ELCB. Namun pemasangan ELCB dan pentanahan jg harus dilakukan dengan benar. Dan yang lebih penting mintalah tenaga ahli listrik untuk menangani segala urusan kelistrikan anda.

Contoh:

Sambunglah kabel dengan cara ekor babi dan isolasi dgn baik

Gunakan kabel sni dan sesuaikan dgn kapasitas beban misal 1,5mm max 4A/ 900W. 2,5mm max 10A/ 2200W. 4mm max 16A/3500W. 6mm max 25A/ 5500W. 10mm max 35A/7700Wm dst.

Pemasangan/penempatan kabel pada suhu normal jgn terlalu banyak memasukkan kabel dalam pipa. Perkirakan ada rongga untuk pemuaian kabel.

Gunakan MCB/pengaman listrik lainnya dengan kapasitas yang sesuai, jgn terlalu besar/kecil.

Gunakan komponen listrik seperti saklar, stop kontak, steker, fiting, dll yang baik dan pastikan pemasangan juga dengan baik.

=====================================================================

**

Catatan ILR :

Dari diskusi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor penyebab kebakaran yang diakibatkan oleh listrik antara lain :

1. Penggunaan komponen yang tidak sesuai SNI dan atau tidak sesuai standar seharusnya, seperti kabel listrik, MCB, Stop kontak dll.

Contohnya :

a. Kabel audio yg dipakai untuk kabel daya.
b. Kabel palsu, yaitu rating yang tertera tidak sesuai dengan kemampuan hantar arusnya.
c. Menggunakan kabel yang tidak standar atau kapasitas kabel yang tidak sesuai dgn beban.
d. Stop kontak yang longgar. Kontak colokan listrik dengan stop kontak juga tidak kuat (longgar) sehingga menimbulkan percikan api dan arang, Timbulnya arang akan mengakibatkan resistansi, sehingga kontak konduktor plug dan stop kontak terhalang resistor dari arang tersebut, dan akan menimbulkan panas, dan makin panas, plastik plug dan stop kontak akan meleleh dan lama-kelamaan menjadi api.

Saran-saran untuk menghindari hal ini adalah :

a. Gunakan kabel SNI dan sesuaikan dgn kapasitas beban misal 1,5mm max 4A/ 900W. 2,5mm max 10A/ 2200W. 4mm max 16A/3500W. 6mm max 25A/ 5500W. 10mm max 35A/7700Wm dst.
b. Gunakan MCB/pengaman listrik lainnya dengan kapasitas yang sesuai, jangan terlalu besar/kecil.
c. Gunakan komponen listrik seperti saklar, stop kontak, steker, fiting, dll yang berkualitas baik.
d. Pendapat dari salah satu praktisi listrik : “Untuk Instalasi di Rumah sangat dianjurkan menggunakan kabel TUNGGAL karna hanya ada dua pilihan putus atau nyambung. Kalau kabel serabut ada putus sebagian akan timbul panas”.

**

2. Cara pemasangan yang tidak benar, seperti :

a. Sambungan yang longgar
b. Penggantian serabut pada sekering model lama (bukan MCB) dengan menambahkan serabut lebih banyak, dengan alasan agar listrik yang dipakai tidak cepat trip.

Saran-saran untuk menghindari hal ini adalah :

a. Pemasangan/penempatan kabel pada suhu normal jgn terlalu banyak memasukkan kabel dalam pipa. Perkirakan ada rongga untuk pemuaian kabel.
b. Sambunglah kabel dengan cara yang benar dan menggunakan isolasi yang sesuai untuk kabel listrik. Pastikan pemasangan juga dengan baik.

**

3. Perilaku konsumen / pengguna listrik yang tidak benar, seperti :

a. Penumpukan colokan listrik pada stop kontak. Stop kontak yang bertumpuk itu menyebabkan beban bertambah, dan kabel akan mengalirkan arus diluar batas kemampuan hantar arusnya, sehingga kabel menjadi panas dan isolatornya terbakar.
b. Penggunaan kabel roll yang tidak benar.
c. Menggunakan kabel listrik dengan beban melebihi kemampuan hantar arus kabel sehingga konduktor menjadi panas

Saran-sarannya adalah :

a. Selalu menggunakan peralatan listrik dengan benar sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya.
b. Untuk yang memiliki pengetahuan mengenai listrik, agar selalu mengingatkan jika ada penggunaan listrik yang tidak sesuai.
c. Meningkatkan pengetahuan tentang listrik.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah agar menggunakan tenaga ahli listrik yang kompeten untuk menangani segala urusan kelistrikan anda.

**

Semoga artikel diskusi ini bermanfaat untuk anda.

Salam,

ILR-Team

**

Ingin bergabung dengan grup diskusi ILR? Silahkan klik Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com

One Response to Diskusi#030314 – Kasus Kebakaran Gedung atau Rumah Tinggal Seringkali Terjadi Akibat Hubungan Pendek Arus Listrik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Andry: info pentingkhusus area pekanbaru / riaujasa pemasangan :1.instalasi listrik2.panel 2 listrik3.anti...
  • agus sulaiman: Trimakasih sharingnya boss Kalo agan agan lagi nyari-nyari kabel lokal maupun impor bisa hubungi saya...
  • sasmito: min gimana cara mengukur isolasi?saya pakek alat ukur megger kyoritsu3132A.TERIMA KASIH
  • Fadrin: Mohon bantuannya pak, saya ada kendala dgn mesin cuci dgn daya 3 phase. Pada awalnya mesin tersebut berjalan...
  • Lutfi: Jika komputer 20 watt sumber listrik pln 900 va 4 a maka rumus yang digunakan untuk mencari daya listri beban...