Diskusi#170314 – ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Rangkuman diskusi mengenai ELCB. Sumber diskusi ada disini

—————

Pertanyaan :

Seberapa pentingkah ELCB dipasang di instalasi listrik rumah??

**

————————————————————————————————————–

Respon#1 – gk.elektrikal :

Sebenarnya sudah saatnya instalasi listrik di rumah dipasang ELCB, bukan hanya di gedung-gedung besar saja. Karena sistem ELCB dapat melindungi manusia dari sengatan listrik dan menghindari kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik. Dengan catatan, untuk pemasangan ELCB maka pentanahannya harus baik dan benar, agar ELCB dapat bekerja dengan baik.

—————

Respon#2 – gaguz.hoahoa :

ELCB itu apa sih?

—————

Respon#3 – gk.elektrikal :

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) atau alat pengaman arus bocor tanah atau disebut juga Saklar Pengaman Arus Sisa (SPAS) bekerja dengan sistem “differential” dan berlaku untuk semua sambungan satu-phasa, sambungan tiga-phasa tanpa netral maupun sambungan tiga-phasa dengan netral.

Pada saat terjadi gangguan, arus yang mengalir di penghantar phasa tidak sama lagi dengan arus yang mengalir pada penghantar netral atau sistem dikatakan dalam keadaan tidak seimbang. Ketidakseimbangan antara arus phasa dengan arus netral menandakan adanya arus bocor ketanah akibat kegagalan isolasi. Ketidakseimbangan arus ini akan menyebabkan fluks magnet pada toroida sehingga pada bilitan sekunder toroida akan dibangkitkan suatu tegangan yang berfungsi untuk menggerakan relai pemutus mekanisme kontak dan selanjutnya kontak utama ELCB akan memutuskan hubungan dengan beban.

Intinya, jika terjadi kebocoran listrik pada penghantar (phase dan netral) misalnya karena kabel induksi, basah, bocor, digigit tikus dan lain-lain , ELCB akan memutus arus listrik sehingga penghantar tidak sampai mengeluarkan bunga api  yang mengakibatkan terjadinya kebakaran. ELBC ini lebih peka dibanding MCB atau pengaman listrik lainya, karena MCB atau pengaman listrik lainnya akan memutus arus hanya ketika terjadi arus hubung singkat (short circuit) dan beban berlebih (overload) saja.

Untuk instalasi rumah kita dapat memilih ELCB dengan kepekaan yang lebih tinggi yakni ELCB dengan ratting arus sisa sebesar 30 mA.

—————

Respon#4 – ur.urief :

Penting sekali. Tidak sedikit orang yang tidak mengenal atau tidak mau kenal dengan kelistrikan. Penjelasan @gk.elektrikal saya rasa sudah cukup untuk dimengerti. Untuk saat ini ELCB masih jarang digunakan, selain informasi yang belum terakses konsumen, harga ELCB relatif mahal.

—————

Respon#5 – katie.andri :

Ada gambar contoh pemasangan ELCB utk aplikasi di rumah ga yah…supaya lebih jelas Gan..

—————

Respon#6 – ur.urief :

Banyak om, coba browsing aja rangkain ELCB ato instalasi ELCB.

—————

Respon#7 – ur.urief :

Aku sudah menggunakan alat ini, tapi masih belum praktek nyentuh aliran listrik secara langsung atau praktek kesetrum,,,

—————

Respon#8– gk.elektrikal :

Cara pemasangannya mudah, tidak jauh beda dengan MCB/MCCB. Dengan catatan jika ingin menggunakan ELCB maka pentanahan harus baik

—————

Respon#9– gk.elektrikal :

Jangan ambil resiko mas. Banyak cara lain untuk  “test-commissioning” kelistrikan.

Cara pengetesan dilakukan sebagai berikut:

1. Pasangkan beban yang sesuai dengan kepekaan ELCB.

Misalnya jika ELCB 220 V, 16 A/30 mA, maka dapat diberi beban lampu pijar 10 watt.

2. Lakukan hubung-singkat (jumper) antara hantaran Nol (Netral) dengan hantaran arde (Grounding) dengan kabel lepasan/jumper, misalnya di stop kontak.

3. Jika ELCB baik dan pentanahannya (arde) juga baik, maka ELCB akan trip. Artinya jika kita tersengat listrik maka listriknya akan mati.

4. Jika ELCB tidak trip maka grounding (arde) harus diukur ulang supaya memenuhi syarat (dibawah 5 Ohm). Jika ardenya baik berarti ELCB-nya tidak bekerja dengan baik. Artinya kita tetap tersengat listrik.

—————

Respon#10 – mulyadisyukur.mulyadi :

Boleh Juga, Untuk proteksi arus bocor sekarang hanya dipasang pada panel kelas menengah keatas. Konsepnya adalah bila arus datang dan kembali (pada penghantar phase dan netral) tidak sama besarnya maka alat tersebut mengindikasikan ada kebocoran.

 

====================================================================

**

Catatan ILR :

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah salah satu komponen proteksi instalasi listrik yang bekerja memutus arus listrik saat terdeteksi adanya kebocoran arus listrik ke tanah / grounding. Gawai pengaman yang umum digunakan saat ini pada instalasi listrik rumah adalah MCB (Miniature Circuit Breaker).

Persamaan antara ELCB dan MCB adalah sama-sama memiliki kemampuan untuk memutus arus listrik bila terjadi gangguan. Perbedaannya terletak pada fungsi kerjanya.

MCB berfungsi mendeteksi beban lebih (overload) dan hubung singkat (short circuit). Sedangkan ELCB berfungsi mendeteksi arus bocor ke tanah, dengan cara mengukur arus phase dan netral. Bila ada perbedaan dengan nilai tertentu maka ELCB mengindikasikan ada arus listrik yang bocor dan trip.

Untuk instalasi listrik perumahan, ELCB yang digunakan mempunyai rating arus bocor sebesar 30mA. Angka 30mA adalah ambang batas bahaya kesetrum pada manusia. Peristiwa kesetrum dikategorikan sebagai arus listrik bocor ke tanah, yang melewati tubuh manusia.

Biasanya MCB dan ELCB dipasang berdampingan dalam satu rangkaian, kecuali bila MCB dan ELCB digabung dalam satu komponen. Sirkuit yang dipasang ELCB umumnya adalah sirkuit dengan titik beban stop kontak dan electric water heater di kamar mandi, karena berpotensi tersentuh makhluk hidup.

Di dalam PUIL, digunakan istilah GPAS (Gawai Pengaman Arus Sisa), dengan penjelasannya sebagai berikut :

Gawai Proteksi Arus Sisa (GPAS)
Gawai yang digunakan sebagai pemutus, yang peka terhadap arus sisa, yang dapat secara otomatis memutuskan sirkit termasuk penghantar netralnya, dalam waktu tertentu bila arus sisa yang timbul karena terjadinya kegagalan isolasi melebihi nilai tertentu sehingga bertahannya tegangan sentuh yang terlalu tinggi dapat dicegah.

Mempertimbangkan kegunaannya, aplikasi ELCB pada instalasi listrik perumahan sudah banyak diterapkan untuk meminimalkan efek bahaya listrik pada pengguna.

**

Semoga rangkuman diskusi kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Salam,

ILR Team

**

Konten diskusi sangat mungkin untuk dikembangkan lagi. Anda bisa memberikan masukan melalui bagian komentar atau dengan bergabung di grup diskusi ILR.

Untuk bergabung di grup diskusi ILR silahkan klik disini.

 

****

16 Responses to Diskusi#170314 – ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

  • cariem ac:

    kenapa PLN tidak menggunkanya untuk kelas menengah kbawa?

    • ILR:

      Cariem ac :
      karena dalam standar instalasi listrik di perumahan yang diatur dalam PUIL 2000, pemasangan ELCB belum menjadi kewajiban. Informasi yang kami terima pada tahun lalu mengatakan bahwa dalam PUIL 2011 yang menjadi acuan terbaru, hal ini sudah menjadi persyaratan.
      Dengan adanya peraturan ini, para manufaktur pembuat ELCB memproduksi ELCB dengan harga lebih terjangkau. Saat ini harga pasaran ELCB berkisar 300 ribuan. Sedangkan MCB berkisar 50 ribuan.

  • mubarok:

    Om, mau tanya.
    Setelah hampir 6 bulan jalan, panel lampu di pabrik saya sering trip pake ELCB.
    Apakah groundingnya bermasalah?
    Gimana cara cek grounding yg masih baggus?

  • azrinaldi:

    Apakah elcb 30 amp dapat dipasang untuk daya 900 watt ?
    bukankah idealnya untuk 900 watt elcb nya 4 amp ( tp tidak ada dipasaran )

  • Yazid fachri:

    Untuk instalasi rumah 4400 watt ELCB 30mAmper apakah masih layak, yg paling recomended berapa?

  • agus:

    apakah setelah dipasng elcb pada instalasi rumah kita dapat di uji coba langsung dengan memegang kabel beraliran listrik? terima kasih

  • agus:

    apakah setelah dipasang elcb di rumah kita, kita boleh menguji coba dengan memegang langsung kabel beraliran listrik menggunakan tangan kita?

  • sunardi:

    apakah ELCB 25A/30mA layak/dapat digunakan dirumah dg daya 900 watt…? mohon penjelasannya terima kasih.

  • sunardi:

    apakah ELCB 25A/30mA layak/ dapat digunakan dirumah yg dayanya 900 watt ….? mohon penjelasannya terima kasih.

  • siagian:

    Pada Respon#9– gk.elektrikal dijelaskan:. Lakukan hubung-singkat (jumper) antara hantaran Nol (Netral) dengan hantaran arde (Grounding) dengan kabel lepasan/jumper, misalnya di stop kontak.Apakah Nol tidak sama dengan arde?mohon penjelasan bos.

  • Ingsinyur:

    P’Agus, setahu saya boleh dicoba dg memegang kabel listriknya – tapi hati2 pegang dengan cepat saja utk mengetes, jangan sampai tangan mjd kaku menempel pada kabel.

  • kombes rusman:

    apakah elcb akan trip juga ketika beban lebih….

  • ian:

    Kalau untuk listrik 56 ribu KvA pakai ELCB berapa gan ?…

  • Apakah elcb 25 amp dapat dipasang untuk daya 2200 watt ? Apakah tidak berbahaya ?
    Karena sekarang saya memakai elcb 10A dg daya 2200 watt , tapi sering trip elcb nya yg dikarenakan pemakaian listrik lebih dari 2000 watt.

  • Plithie:

    Mau nanya mas elcb ap bisa di buat protec saat netral kemasukan pasa. Soalnya d rumah pernah terjadi kebocoran trafo dan instalasi yang memakai 220v semua rusak. Karena kemasukan 380v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Andry: info pentingkhusus area pekanbaru / riaujasa pemasangan :1.instalasi listrik2.panel 2 listrik3.anti...
  • agus sulaiman: Trimakasih sharingnya boss Kalo agan agan lagi nyari-nyari kabel lokal maupun impor bisa hubungi saya...
  • sasmito: min gimana cara mengukur isolasi?saya pakek alat ukur megger kyoritsu3132A.TERIMA KASIH
  • Fadrin: Mohon bantuannya pak, saya ada kendala dgn mesin cuci dgn daya 3 phase. Pada awalnya mesin tersebut berjalan...
  • Lutfi: Jika komputer 20 watt sumber listrik pln 900 va 4 a maka rumus yang digunakan untuk mencari daya listri beban...