Earth Hour 2014 – Kampanye Hemat Listrik selama 1 Jam

Logo Earth Hour 60+

Logo Earth Hour 60+

Organisasi internasional pelestari lingkungan, World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia kembali menjadwalkan pelaksanaan aksi mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam atau dikenal dengan ‘Earth Hour‘ pada 29 Maret 2014.

Setelah enam tahun berjalan, gerakan Earth Hour telah menjadi gerakan lingkungan hidup terbesar di Indonesia, baik sebagai aksi di ruang terbuka maupun mobilisasi digital, yang melibatkan komunitas dari Aceh hingga Sulawesi.

Sebanyak 34 kota di Indonesia akan terlibat dalam gerakan “Earth Hour“, yakni kegiatan mematikan lampu listrik dan peralatan elektronik pada 29 Maret 2014 pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

Ke-34 kota itu antara lain Banda Aceh, Lhokseumawe, Padang, Palembang, Pekanbaru, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cimahi, Purwakarta. Kemudian, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, Kota Batu, Surabaya, Sidoarjo, Kediri, dan Madiun. Selanjutnya, Denpasar, Mataram, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Sangatta, Palu, Sorowako, Makassar, dan Ambon.

 

Sejarah Earth Hour

Dari sumber di situs Wikipedia, Earth Hour (Jam Bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008. Earth Hour 2014 akan dilaksanakan pada 29 Maret 2014 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Sebagai sebuah gerakan komunitas terbesar di dunia, pada 2013, aksi Earth Hour dipercaya berhasil menggalang partisipasi lebih dari 2,3 miliar orang di 154 negara.

Berbagai bangunan ikon dunia ikut berpartisipasi antara lain Empire State Building di New York, Tower Bridge dan St Paul’s di London, Edinburgh Castle di Skotlandia, Brandenburg Gate di Berlin, Eiffel Tower di Paris, Kremlin and Red Square di Moskow, Bosphorus Bridge yang menghubungkan Eropa dan Asia, Burj Khalifa di Dubai, dan Marina Bay Sands di Singapura.

 

 

Earth Hour di Indonesia

Sumber disini.

Suasana pemadaman listrik selama satu jam pada kampanye Earth Hour di Kawasan Bundaran HI

Suasana pemadaman listrik selama satu jam pada kampanye Earth Hour di Kawasan Bundaran HI tahun 2013

Mengapa dimulai di Jakarta?

Konsumsi energi Listrik di Indonesia terfokus di Jawa – Bali atau sebesar 78% dari total keseluruhan konsumsi listrik nasional, karena 68% konsumennya berada di pulau Jawa-Bali. Berdasarkan data konsumsi listrik tahun 2008, total 29.605 GWH atau 23% total konsumsi listrik Indonesia, terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang.

Pendistribusiannya ke beberapa sektor terbagi menjadi:

  1. Rumah tangga:33%
  2. Bisnis/perkantoran serta gedung komersial: 30%
  3. Sektor industri: 30% (kebanyakan di wilayah Tangerang)
  4. Gedung pemerintahan: 3%
  5. Fasilitas publik dan sektor sosial: 4%

Total keseluruhan konsumsi listrik sebesar 29.605 GWH atau sama dengan 26,4 juta ton CO2 (Riset DJLPE 2004-2006 tentang emisi CO2 dari produksi listrik: 0,891/MWh)

 

Seberapa besar pengaruh Earth Hour?

Dengan mematikan lampu-lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai selama 1 jam dapat memberikan kontribusi kepada penghematan listrik serta mendukung program efisiensi energi yang diinisiasi pemerintah pada pukul 17.00 – 22.00.

Apabila 10% penduduk Jakarta* berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh, yakni setara dengan:

  1. Mematikan 1 pembangkit listrik dan menyalakan sekitar 900 desa
  2. Mengurangi 267,3 ton CO2
  3. Daya serap lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya)
  4. Persediaan O2 untuk lebih dari 534 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya)
  5. Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat biaya listrik hingga Rp 216.600.000,-

* 10% penduduk Jakarta diasumsikan 700 ribu orang mematikan 2 lampu setiap rumah.

 

Dalam laporan di SuaraPembaruan.com, Gerakan mematikan lampu selama satu jam (Earth Hour) yang digelar pada tahun 2013, yaitu hari Sabtu (23/3) pukul 20.30-21.30 waktu setempat berhasil didukung oleh 32 kota di Indonesia dan lebih dari 500 komunitas.
Penghematan listrik atas aksi hemat energi ini pun mencapai 236 mega watt.

Dan apabila gerakan Earth Hour ini dilaksanakan secara serentak di dengan skala yang lebih luas lagi di berbagai kota di seluruh Indonesia, maka dampak penghematan konsumsi listrik akan lebih besar lagi.

**

Marilah kita dukung gerakan menjaga lingkungan hidup yang kita tempati bersama-sama ini, dengan berpartisipasi aktif mengurangi konsumsi listrik selama 1 jam saja, 29 Maret 2014 jam 20.30-21.30 waktu setempat. Setidaknya kita memulai dari diri sendiri, dengan cara yang mudah dan menjadi kebiasaan baik untuk seterusnya.

Salam,

ILR-Team

**

Informasi lebih lanjut mengenai Earth Hour Indonesia :

  1. Pesan Utama Earth Hour
  2. FAQ
  3. Website Komunitas Earth Hour Indonesia

 

*****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Andry: info pentingkhusus area pekanbaru / riaujasa pemasangan :1.instalasi listrik2.panel 2 listrik3.anti...
  • agus sulaiman: Trimakasih sharingnya boss Kalo agan agan lagi nyari-nyari kabel lokal maupun impor bisa hubungi saya...
  • sasmito: min gimana cara mengukur isolasi?saya pakek alat ukur megger kyoritsu3132A.TERIMA KASIH
  • Fadrin: Mohon bantuannya pak, saya ada kendala dgn mesin cuci dgn daya 3 phase. Pada awalnya mesin tersebut berjalan...
  • Lutfi: Jika komputer 20 watt sumber listrik pln 900 va 4 a maka rumus yang digunakan untuk mencari daya listri beban...