InstalasiListrikRumah.com resmi diluncurkan

Kami mengucapkan terima kasih untuk anda yang berkunjung ke blog yang baru saja kami rilis ini. InstalasiListrikRumah.com adalah suatu wadah yang kami buat untuk menjadi tempat diskusi yang ringan tetapi menarik mengenai isu-isu dan perkembangan seputar dunia kelistrikan di rumah.

Mengapa InstalasiListrikRumah.com itu hadir?

Ide ini sebetulnya dimulai sejak setahun yang lalu, dimana kami cukup prihatin dengan banyaknya musibah-musibah yang terjadi di kawasan perumahan, yaitu kebakaran dan tentu saja soal ledakan tabung gas, yang akhirnya dinamakan si melon hijau itu. Biasanya kalau dalam pemberitaan peristiwa kebakaran di perumahan selalu dominan dinyatakan bahwa penyebabnya adalah terjadi hubung singkat arus listrik. Kami tidak bicara hal itu benar atau tidak, karena itu adalah wewenang para investigator-nya.

Seperti yang dipaparkan dalam halaman “about” di blog ini, ILR-team yang dibentuk ini (ILR = InstalasiListrikRumah – pen), merupakan kumpulan praktisi dari pekerja yang berpengalaman di bidang instalasi listrik rumah, kelistrikan di industri dan saat ini banyak yang berkecimpung di dunia minyak dan gas bumi.

Berawal dari keprihatinan tersebut, kami mulai mencoba mencari tahu di kalangan teman-teman sendiri, yang tentunya berlatar belakang non-listrik, mengenai “apa sih yang sebetulnya dimengerti oleh masyarakat umum mengenai kelistrikan”. Kelistrikan yang dimaksud ini bukanlah level njlimet kayak di PLN atau pabrik, tapi yang sederhana saja seperti di rumah.

Dari beberapa presentasi ringan yang sering kami bawakan, audiens yang notabene para konco dan sohib ini ternyata selalu terpukau dengan materinya (padahal kita-kita ini jauh levelnya dibawah Mario Teguh lho..). Mereka merasa materinya bermanfaat karena cukup banyak ketidaktahuan. Heran juga sih….kan listrik itu pasti selalu dipakai tiap hari. Kalo temen sendiri aja begini, gimana masyarakat luas ya??

Finally, kami sepakat membuat sesuatu yang berguna bagi masyarakat umum dengan berbagi ilmu yang kami punya, walaupun apa yang kami punya tidak banyak dibanding para pakar yang gelarnya mantap-mantap. Tapi kami yakin, setitik ilmu akan bermanfaat bila berguna bagi sesama.

Fokus dari InstalasiListrikRumah.com

Fokus pada instalasi listrik rumah diputuskan mengingat 80% lebih jumlah konsumen listrik PLN adalah kalangan perumahan. Dengan bahasa yang tidak rumit-rumit, mudah-mudahan pesannya tersampaikan. Apa yang akan kami bahas telah dijelaskan dalam halaman “Home” dari blog ini.

Please enjoy it and share this web to friends if you feel it will be more useful

Silahkan menikmati dan mengambil manfaat dari isinya. Bantu kami untuk meramaikan website ini agar kita bisa mengembangkan ilmu yang ada dan juga menangkap permasalahan yang hangat di seputar kehidupan kita. Untuk para pengunjung yang mempunyai ilmu dan pengetahuan yang lebih baik, kami sambut hangat dengan tangan terbuka untuk berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam blog ini.

Semoga apa yang kami buat bisa bermanfaat untuk anda semua.

ILR-Team

 

Artikel Terkait Lainnya :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com resmi diluncurkan

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

14 Responses to InstalasiListrikRumah.com resmi diluncurkan

  • Tukang Mesin:

    Mas Friz,
    Congratulations atas peluncurannya,mudah2an bermanfaat bagi umat…
    karena kita tau bahwa listrik selalu jadi black weduz kalo ada fire di perumahan ato tempat2 lainnya.

    Saran:
    - Web background mungkin lebih mantap kalo gambar rumah bukan gambar gedung2 menjulang karena judulnya listrik rumah( tapi kalo cita2nya setinggi gedung itu sih gak papa juga, namanya juga saran…)
    - Nantinya bisa ditampilkan instalasi listrik rumah yang sederhana dan aman dari yang jatah 450 sampai 3000 an.
    - Jangan lupa bubur merah putih..he..he…
    - Itu dulu ahhh…sekali lagi selamat yooo…gudlak…
    Salam,
    Tukang Mesin…

  • Themes-nya rapi jali….
    Mantaps…

    Salam,
    TeknisiInstrument
    http://teknisiinstrument.wordpress.com

  • tukangAC:

    selamat and sukses atas website-nya…semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat indonesia untuk listrik yang bermasyarakat dengan masyarakat yang berlistrik dan para pendukungnya…

    salam,
    TukangAC

  • Tukang Lampu:

    Lanjutkan…

    Apresiasi yang setinggi-tingginya…

    Salam,
    Tukang Lampu

  • Tukang Tojos:

    Congrats atas peluncurannya…..
    Semoga selalu diupdate, jangan mati tengah jalan….

  • bekase tukang:

    teruskan perjuanganmu,..

  • LATIF:

    MAS friz
    SY PUNYA WARNET DAN SERING TERSABAR PETIR PADAHAL SEBELUM ADA WARNET HAMPIR TIDAK PERNAH KENA PETIR
    yang saya mau tanya kan apa benar jaringan telpon sasaran empuk petir dari pada jaringan listrik yang tidak berground karena setiap hujan berpetir jaringan telpon sy copot dari modem di pastikan petirnya jarang mampir ? bisa gk gruond di buat lokal maksudmya sy pasang dari colokan yg ada di warnet langsung ketembok atau nancap ketanah ? kira2 begitu masalah sy mohon bantuanya ?

    • ILR:

      Mas Latif,

      Sifat umum petir adalah mencari jalan semudah dan secepat mungkin untuk energinya meloncat/menyambar ke bumi. Faktor yang berpengaruh antara lain medan elektromagnetik di area tersebut dan seberapa dekat jaraknya dengan sumber petir. Karena itu, sebutan penangkal petir tidak tepat juga, karena fungsinya bukan untuk menangkal petir agar menjauh. Yang lebih tepat disebut penangkap petir, karena ada semacam medan magnetik yang ada di air terminal (ujung penangkap petir) dan berasal dari bumi, dimana akan menarik petir menyambar air terminal itu dan bukan tempat lain. (mohon koreksi bila ada teman yang punya pengetahuan lebih mengenai petir)
      Sepertinya warnet mas latif memakai jaringan internet via kabel telepon yang dihubungkan dengan modem (dan mungkin juga ada modem wifi). Ada kemungkinan faktor gelombang elektromagnetik dari modem yang berpengaruh dan berpadu dengan kondisi lingkungan di sekitar warnet (seperti tanah yang banyak mengandung unsur granit atau malah dekat dengan penangkap petir yang dipasang di dekat warnet). Perpaduan faktor2 ini yang agak sulit dibuktikan, karena tentunya tidak semua warnet mengalami hal yang sama. Jadi tidak selalu juga kalo jaringan telpon menjadi sasaran empuk sang petir.
      Tidak masalah jika grounding dibuat lokal dan disambung dengan dengan ground yang ada stop kontak. Poin pentingnya adalah grounding sistemnya tersambung ke seluruh instalasi. Pemasangannya ditancap ke tanah dengan penjelasannya pada artikel ILR mengenai grounding ya..
      Demikian mas latif untuk penjelasannya. Moga-moga bermanfaat.

      Salam,

  • andhy:

    Luar biasa sharingnya. Sangat bermanfaat sekali.
    Berbagi memang tiada merugi :)

  • fajeris:

    Salam kenal OM, sukses buat anda

  • angga:

    assalamualikum,
    tanya cara mengukur tegangan keluaran generatorset ” maaf kalo tdk menjurus ” Bahwa itu mengeluarkan 220 atau 380 v menggunakan AVO ??

    Wasalam..

  • Mich:

    Selamat pagi pak admin ILR, web yg sangat mebantu banyak orang krn spt sy jd lebih mengerti ttg listrik berkat web/blog ini tp kalau blh sy kasih masukan klu blh di bahas juga alat2 listrik beserta fungsi dan penggunaannya, seperti Avo meter/multi meter analog dan digital dll terhadap listrik. “Salam sukses selalu dalam tugas dan pekerjaan pak admin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • andry: jasa pemasangan instalasi listrik bergaransi melayani : 1.instalasi listrik rumah / gedung 2.anti petir...
  • andry: pin bb 7daf4723
  • Agust: Saya mau tawarkasn alat penghemat daya “ENTER INDFONESIA” keterangannya bisa dilihat di...
  • Kadek Ariasa: Yang saya pertanyakan, kenapa ground di gabung dengan netral, apakah fungsi groun tersebut tidak akan...
  • andry: info penting khusus area pekanbaru / riau jasa pemasangan : 1.instalasi listrik 2.panel 2 listrik 3.anti petir...