Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

Dalam sistem instalasi listrik rumah, kabel listrik adalah salah satu komponen vital yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari sumber listrik PLN menuju peralatan listrik. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel “Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah (2)”, kabel ini seperti pembuluh darah dalam tubuh manusia, dimana bila saluran pembuluh darah ada yang bermasalah tentu tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Kabel listrik pun demikian, bila ada saluran yang bermasalah maka akan berpotensi mengganggu sistem instalasi listrik rumah anda. Artikel kali ini akan menjelaskan lebih dalam mengenai kabel listrik dan hubungannya dengan kapasitas hantarannya.

Pengertian penghantar, kabel dan kawat penghantar

Sebagai pendahuluan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu perbedaan arti antara ketiga istilah diatas. Penghantar ialah suatu benda yang berbentuk logam ataupun non logam yang bersifat konduktor atau dapat mengalirkan arus listrik dari satu titik ke titik yang lain. Penghantar dapat berupa kabel ataupun berupa kawat penghantar.

Kabel ialah penghantar logam yang dilindungi dengan isolasi. Bila jumlah penghantar logam tadi lebih dari satu maka keseluruhan kabel yang berisolasi tadi dilengkapi lagi dengan selubung pelindung. Contohnya kabel listrik yang dipakai di rumah. Bila kabel tersebut “dikupas” maka akan kelihatan sebuah selubung (biasanya berwarna putih) yang membungkus beberapa inti kabel yang terisolasi (2 atau 3 inti) dimana masing-masing inti memiliki warna isolasi yang berbeda.

Sedangkan kawat penghantar ialah penghantar yang juga logam tetapi tidak diberi isolasi. Contohnya ialah kawat grounding pada instalasi penangkal petir atau kawat penghantar pada sistem transmisi listrik tegangan menengah dan tinggi milik PLN .

Jenis kabel listrik yang umum dipakai dan nomenklatur-nya

Dalam instalasi listrik perumahan, paling tidak ada 3 jenis kabel listrik yang paling umum digunakan yaitu kabel jenis NYA, NYM dan NYY.

Istilah NYA, NYM dan NYY ini merupakan tata nama atau nomenklatur pada kabel. PUIL 2000 (Persyaratan Umum Instalasi Listrik tahun 2000) dalam lampiran C menjelaskan mengenai tata nama (nomenklatur) kabel ini. Dari lampiran tersebut, kabel NYA, NYM dan NYY berarti kabel standar berpenghantar tembaga (huruf “N”) dan berselubung isolasi dari PVC (Poli Vinil Chlorid) (huruf “Y”).

Kabel NYA

Kabel Tipe NYA

Kabel tipe NYA yang terpasang di instalasi listrik rumah

Merupakan kabel berisolasi PVC dan berinti kawat tunggal. Warna isolasinya ada beberapa macam yaitu merah, kuning, biru dan hitam. Jenisnya adalah kabel udara (tidak untuk ditanam dalam tanah). Karena isolasinya hanya satu lapis, maka mudah luka karena gesekan, gigitan tikus atau gencetan. Dalam pemasangannya, kabel jenis ini harus dimasukkan dalam suatu konduit kabel.

Berbicara mengenai konduit, pengertiannya adalah suatu selubung pelindung, ada yang berupa pipa besi, tetapi yang paling umum digunakan adalah pipa PVC (tetapi berbeda dengan pipa PVC untuk air). Konduit ini selain bertujuan melindungi kabel dari gangguan luar juga untuk memudahkan dalam hal pekerjaan penggantian atau penambahan kabel, karena hanya tinggal ditarik atau didorong saja. Bandingkan bila kabel tersebut ditanam dalam tembok tanpa konduit, tentu akan butuh pekerjaan tambahan berupa pembongkaran tembok.

Karena itu, sesuai tujuannya penggunaan konduit sebenarnya tidak terbatas pada jenis kabel NYA saja, tetapi bisa dipakai untuk kabel NYM atau NYY.

Kabel NYM

Kabel tipe NYM

Kabel tipe NYM yang terpasang di peralatan listrik rumah

Kabel jenis ini mempunyai isolasi luar jenis PVC berwarna putih (cara mengenalinya bisa dengan melihat warna yang khas putih ini) dengan selubung karet di dalamnya dan berinti kawat tunggal yang jumlahnya antara 2 sampai 4 inti dan masing-masing inti mempunyai isolasi PVC dengan warna berbeda. Jadi seperti beberapa kabel NYA yang dijadikan satu dan ditambahkan isolasi putih dan selubung karet.

Kabel ini relative lebih kuat karena adanya isolasi PVC dan selubung karet. Pemasangannya pada instalasi listrik dalam rumah bisa tanpa konduit (kecuali dalam tembok sebaiknya menggunakan konduit seperti yang dijelaskan sebelumnya). Kabel ini dirancang bukan untuk penggunaan di bagian luar (outdoor). Tetapi penggunaan konduit sebagai pelindung bisa juga dipertimbangkan bila ingin dipasang di luar ruangan. Harganya yang jelas lebih mahal dari tipe kabel NYA.

Kabel NYY

Kabel tipe NYY

Kabel tipe NYY yang terpasang di instalasi listrik rumah

Warna khas kabel ini adalah hitam dengan isolasi PVC ganda sehingga lebih kuat. Karena lebih kuat dari tekanan gencetan dan air, pemasangannya bisa untuk outdoor, termasuk ditanam dalam tanah. Kabel untuk lampu taman dan di luar rumah sebaiknya menggunakan kabel jenis ini. Harganya tentu lebih mahal dibanding dua jenis kabel sebelumnya.

 

Kuat Hantar Arus (KHA)

Kabel listrik mempunyai ukuran luas penampang inti kabel yang berhubungan dengan kapasitas penghantaran arus listriknya. Dalam istilah PUIL, besarnya kapasitas hantaran kabel dinamakan dengan Kuat Hantar Arus (KHA).

Ukuran kabel dan KHA-nya sebaiknya kita pahami dengan baik untuk menentukan pemilihan kabel yang sesuai dengan kapasitas instalasi listrik rumah kita. Besar kapasitas daya listrik dalam suatu instalasi listrik rumah berhubungan dari berapa besar langganan listrik dari PLN. Dalam hal ini adalah berapa besar rating MCB yang terpasang di kWh meter (lihat dalam artikel “MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik (2)” untuk detailnya). Besarnya KHA kabel harus lebih besar dari rating MCB, karena prinsipnya adalah MCB harus trip sebelum kabelnya terkena masalah.

Arus listrik yang melebihi KHA dari suatu kabel akan menyebabkan kabel tersebut menjadi panas dan bila melebihi daya tahan isolasinya, maka dapat menyebabkan rusaknya isolasi. Kerusakan isolasi bisa menyebabkan kebocoran arus listrik dan akibatnya bisa fatal seperti kesetrum pada manusia atau bahkan mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Faktor lain dalam menentukan pemilihan kabel dengan KHA-nya adalah mengenai peningkatan kebutuhan daya listrik di masa depan. Bila dalam beberapa tahun ke depan ternyata ada penambahan daya listrik langganan PLN, tentu lebih baik sedari awal dipersiapkan kabel dengan ukuran yang sedikit lebih besar untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan daya listrik ini sehingga menghindari pekerjaan penggantian kabel. Tetapi perlu diperhatikan juga bila umur kabel ternyata sudah melewati 10 tahun. Pada kasus ini, pemeriksaan kondisi kabel dengan lebih teliti sebaiknya dilakukan untuk memastikan kabel masih dalam kondisi baik.

PUIL 2000 memberikan ketentuan mengenai besarnya diameter dari penghantar kabel dan maksimum KHA terus-menerus yang diperbolehkan pada kabel tipe NYA, NYM dan NYY.

KHA Kabel NYA

Tabel Kuat Hantar Arus Kabel Jenis NYA

KHA kabel NYM

Tabel Kuat Hantar Arus Kabel Jenis NYM

KHA kabel NYY

Tabel Kuat Hantar Arus Kabel Jenis NYY

Dari tabel diatas, satu hal yang perlu diperhatikan adalah faktor temperatur lingkungan di luar kabel. KHA yang dinyatakan dalam tabel tersebut berlaku untuk maksimum temperatur di sekitar kabel sampai 30 Cdeg. Lebih dari itu akan menyebabkan turunnya nilai KHA kabel. Ada faktor koreksi yang harus diperhitungkan sesuai dengan besarnya lingkungan. Mengenai faktor koreksi kabel ini akan kita bahas dalam artikel berikutnya (Lanjutkan disini).

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dalam memahami secara lebih mendalam mengenai kabel listrik.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Listrik, tak kenal maka tak hati-hati…

2. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

3. Faktor Koreksi Kuat Hantar Arus dan Warna Kabel

4. Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

5.MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik

6. Kesetrum (Tersengat Listrik)

7. Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

8. Hati-hati Menggunakan Kabel Rol

9. Koneksi Kabel Rangkaian Level Switch Relay

10. Banjir….Waspadai Instalasi Listrik bila Rumah Tergenang

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

120 Responses to Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

  • johan purwanto:

    bagaimana cara membuat sekering sendiri yg otomatis

    • benediktus edy wibowo:

      Dear Pak Johan,

      Untuk membuat sekering otomatis dapat menggunakan MCB. Dengan menggunakan MCB jika ada beban lebih melebihi kapasitas yang telah ditentukan maka secara otomatis MCB akan trip. Jika beban sudah sudah berkurang dari batas kapasitas maka MCB bisa kita ON kan lagi.

  • sigit:

    salam kenal , pak mau tanya kalau untuk motor induksi 215 hp / 380 volt membutuhkan kabel jenis apa dan ukuran penampangnya brp ya pak ? terima kasih sebelumnya

    • benediktus edy wibowo:

      Dear Sigit,

      Sebelum kita menentukan jenis dan ukuran kabel kita harus mengetahui dahulu arus nominal yang dapat dilalui oleh motor induksi tersebut. Arus nominal dapat dilihat pada name plate motor atau dapat juga dilakukan pendekatan perhitungan dengan mengunakan rumus :
      P= 1.73 x V x I x Cos phi
      dengan :
      P = Daya (watt)
      V = Tegangan (V)
      I = Arus (ampere)
      Cos phi = faktor daya
      Utuk motor 215 hp/380 didapatkan :
      P= (215 hp x 746 watt)
      = 160 kw
      Cos phi = 0.9

      dengan menggunkan rumus diatas didapatkan I = 270 ampere. Untuk koreksi faktor keamanan kita dapat mengambil 1.2. Sehingga didapatkan I = 324 ampere.

      Setelah didapatkan nilai arus maka kita dapat menggunakan tabel jenis dan ukuran kabel (http://www.sucaco.com/).
      Pilihan kabel :
      1. NYY, 3 x 185 +95
      2. NYY, 1 X 120
      Demikian info yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu.

  • Retyawanto:

    Salam kenal,

    Mau tanya pak, untuk kabel listrik yang isinya putih seperti aluminium(diplintir seperti tambang) itu jenisnya apa dan harga paling murah berapa, untuk membuat kabel PJU perumahan. Tolong di emailkan. Terima kasih

    Salam,
    Wanto

  • Ahmad:

    Kak,mau nanya nihh…
    berapa titik beban maksimum pada kabel NYA 1,5 mm persegi?
    tolong yach dikasih tau secepatnya!!!

  • erdy:

    pak. mau tanya
    1.in bow dos ?
    2.d dos?
    3.t dos?
    4. k dos?
    5.knie?
    6.socket??
    semua itu apa pengertiannya?

  • Maap pak saya mau tanya apa sih yang membedakan positi dan negatif pada kabel PLN tengangan 220v pada tiang listrik yang tergulung seperti tambang. Ditunggu jawabannya terima kasih.

  • jewe:

    trimakasi buat semua infony mas

  • H.Siagian:

    NYM apakah berinti tunggal atau serabut?
    Instalasi Rumah apakah tidak bisa dipakai yg berinti serabut?

    Terimakasih dan mohon penjelasannya

    H.Siagian

    • IRL:

      H.Siagian

      NYA : kabel berinti tunggal dengan satu lapis isolasi
      NYM : kumpulan 2 atau lebih kabel NYA dengan tambahan satu lapis isolasi yang menyelubungi seluruh kabel
      NYY : kabel tanah
      (cara bedain NYM dan NYY adalah warna kulit kabel : NYM warna putih dan NYY warna hitam)

      Kabel serabut biasanya mempunyai nomenklatur (kode penamaan) HY , misal NYMHY, NYYHY
      Kabel serabut atau kabel flexible tidak boleh dipakai untuk instalasi listrik yang bersifat magun (tetap), misalnya dalam dinding.
      (tercantum dalam persyaratan laik operasi instalasi listrik dalam pemeriksaan KONSUIL dan tercantum juga di PUIL)
      Alasannya karena rentan terhadap bahaya kebakaran.
      Tapi alasan yang tepat secara teknis belum saya temukan sampai sekarang.
      Yang baru saya dapat :
      1. Kabel serabut lebih fleksible, sehingga penggunaan yang sifatnya sering pindah tempat (mobile) cocok dgn model kabel ini. Kalo pakai kabel kawat tunggal bisa patah kalo sering ditekuk.
      2. Faktor skin effect (dimana arus listrik hanya mengalir pada bagian permukaan kawat penghantar). Karena kabel serabut terdiri dari kumpulan serabut maka total luas permukaannya lebih besar, sehingga kemampuan hantar arus lebih baik disbanding kawat tunggal dalam nilai ampere yang sama. Akibatnya tidak cepat panas.

      salam. Team ILR

  • Artikelnya sangat bermanfaat.. ngebantu banget buat ngerjain tugas kuliah :)

  • HARLEN.K:

    Bpak mnta mf aku mau tanya rumus untuk menghitung daya,beban,teganggan pada instalsi rumah,,,gimana cara-nya,,bpk tolong bimbingannya,,,

    • benediktus edy wibowo:

      Dear Harlen,

      Untuk menghitung dapat menggunakan rumus :
      1. P = V x I
      2. P = I x I x R
      3. P = (V x V) / R
      4. W = P x t
      dengan :
      p = Daya (watt)
      V = Tegangan (V)
      R = Resistansi / beban (ohm)
      I = Arus (ampere)
      W = Energi (joule)
      t = Waktu (detik)

  • nurmi:

    Tks atas informasinya, sanagt bermanfaat

  • kuswanto:

    Salam kenal,
    Pa tanya, saya mau tambah daya dari 450 ke 900, apa perlu ganti kabel instalasi?
    Apakah kabel SPLN pada pemasangan daya 450 masih aman kalau dipakai daya 900, trims

    • benediktus edy wibowo:

      Dear Pak Kuswanto,

      Untuk perubahan dari daya 450VA ke 900VA tidak diperlukan penggantian kabel instalasi, hal ini dikarenakan kenaikan arus untuk beban penuh hanya sekitar 2.5 ampere saja. jika pemasangan sesuai dengan standart, kabel SPLN 450 VA akan aman untuk 900VA.

  • Irfan:

    Pak, Mau tanya ??
    Jenis2 kabel dan berapa umur pakainya pak ??

  • aan:

    artikelny bagus,moga sukses selalu

  • iwak budi:

    ijin gabung pa,buat nambah pengetahuan

  • pandji:

    salam kenal,
    saya baru saja mendaftar pemasangan listrik baru secara online dan telah mendapat nomor pembayaran.
    yg ingin saya ketahui : 1. apakah setelah pembayaran nanti tidak ada lagi biaya setelah pemasangan instalasi di rumah. 2. kira2 kapan petugas pln memulai pemasangan. 3. kenapa contak center 123 yang saya hub lewat kartu xl tidak ada menu untuk pln. mohon bantuannya terimakasih…..!!

  • Luki Transafe:

    Mas,
    Sharingnya menarik.

    Oh ya, bisa diinfo berapa maksimum jumlah colokan tambahan (extension cord) yg diperbolehkan dari satu wall cord?
    Juga kalau ada dasar standardnya (BS,EN, NFPA,SNI,etc) akan sangat membantu saya..

    Terimakasih sebelumnya atas bantuannya,

    Salam,
    LT

  • Johan Rahmana Putra:

    Salam kenal…..Tanya dikit
    ..Pada Kwh Prabayar terkadang terdapat gambar telapak tangan,,,apakah penyebabnya dan adakah dampak negatifnya untuk intlasi listrik rumah atau pemakaian..dan bagaimana cara penanggulangannya….
    Terimakasih….

  • eky:

    Pak mau tanya. Knpa salah satu kabel kwh bewarna kuning untuk suplai arus main power yg ada di panel box tdk ada arus nya.masalah nya apa ya pak.

  • khairil:

    mas, apa alat untuk pembagi arus instalasi rumah

  • jalaludin:

    Selamat pagi pak, ini saya mau bertanya apakah untuk pemasangan instalasi kabel rumah dalam suatu perumahan harus menggunakan orang atau badan usaha yang sudah mempunyai sertifikasi dari PLN. Atas penjelasan saya ucapkan terima kasih

  • gue:

    Brp instalasi listrik pertitik..

  • pakdhe:

    Asalamualaikum saya mau tanya jika kebel saya almunium 240mm dan beban 9132142 wat berapa jalur kabel yg sayabutuhkan panjangnya 41 mtr.3 fhasa terimakasih

  • malik:

    Gan mau Tanya, listrik saya 2300waat, saya mau pake mesin 2000watt, kenapa yah sering mati.?

  • Ifan Taufiqurrohman:

    Salam pak ILR,
    Maaf sy mau tanya utk rumah yg tegangannya dinaikkan dr 450 ke 900 dlm pembuatan atw pemasangan stop kontak dan saklar utk lampu yg ditanam ditembok/dinding dgn mmakai pipa smpai pd dop/rmh lampu sbaiknya kabel dgn jenis apa aja yg baik utk dgunakan? Mohon pencerahannya pak. Terima kasih sblmnya

  • Sulaiman Harahap:

    Horas Pak H.siagian
    saya ingin menanyakan jenis kabel apa yang paling aman digunakan untuk pemasangan instalasi motor jet pump (Pompa Air)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Aju: saya ingin tahu UPS battery charge 700VA daya aktif memliki daya nyata WATT berapa? mohon informasi terima kasih
  • andika: Mw nanya kira kira apa pengaruhnya yach jika tandon air yang berada di dalam tanah itu terjaadi deformasi...
  • rumondanng armin pane: pa ilr yang baik, di rumah daya terpasang 1300 watt, tetapi kalau menggunakan mesin las 900...
  • jetro gunawan: tlong bagi jwbanny gan…. jika r:200 , s:75, t:50 dan n?? n ny brapa gan ? mnggunakan rumus...
  • dadang sukendar: daya listrik di rumah saya 1300watt namun sering terjadi drop atau spaning, dan pernah di cek oleh...