Koneksi Kabel Rangkaian Level Switch Relay

Artikel sebelumnya yaitu mengenai “Cara Kerja Kontrol Level Tangki Penampung Air” membahas mengenai prinsip dasar dan cara kerja alat tersebut. Aspek yang belum dijelaskan adalah mengenai koneksi dari rangkaian listriknya, yang menghubungkan antara sumber listrik, level switch relay dan mesin pompa air. Baiklah kalo begitu, mari bro & sis…kita langsung ke TKP..

Cara Kerja Level Switch Relay & Kontak Relay

Sebagai pendahuluan, kita ulas lagi mengenai cara kerja level switch dan kontak relay-nya, yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Level Control Switch

Tangki Air dengan Level Control Switch

Saat air mencapai level low maka dua pemberat (sinker) akan menggantung. Saat level air mencapai setengah dari pemberat yang bawah, total berat keduanya akan mampu menarik switch yang ada pada switch body di bagian atas. Switch yang tertarik pemberat secara mekanis akan membuat kontak relay menjadi “close” dan arus listrik akan mengalir melalui kabel dari sumber listrik (biasanya berasal dari colokan listrik rumah) ke mesin pompa air untuk mulai start dan mengisi air ke dalam toren hingga mencapai level high.

Saat air mencapai level high, maka pemberat bagian bawah akan mengambang dan saat level air mencapai setengah dari pemberat bagian atas maka level switch akan kembali ke posisi awal (dengan bantuan pegas yang ada dalam switch body) sehingga kontak relay akan menjadi “open” dan arus listrik terputus sehingga mesin pompa air mati secara otomatis.

Pihak pembuat level switch ini menyediakan 2 macam kontak relay yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Bisa dilihat pada bagian dalam level switch ada 2 pasang terminal yaitu A1-A2 dan B1-B2. Dua pasang terminal ini mempunyai fungsi berkebalikan.

Untuk keperluan yang umum seperti di perumahan, gunakan terminal A1-A2. Agar lebih mudah dikenali, pihak pabrik pembuat biasanya memasang 2 buah baut pada terminal A1-A2.

Fungsi dari masing-masing terminal ini adalah sebagai berikut :

Kontak Relay Level Control Switch

Dua Macam Kontak Relay Level Control Switch

Pada saat air mencapai level low, maka dua pemberat tadi akan menarik level switch kearah bawah dan kontak relay A1-A2 akan terhubung, sedangkan kontak relay B1-B2 akan terputus. Karena rangkaian listriknya disambungkan dengan terminal A1-A2, maka listrik akan mengalir dan mesin pompa air akan start.

Saat air mencapai level high, maka dua pemberat tadi akan mulai mengambang dan level switch akan kembali ke posisi semula dengan bantuan pegas. Akibatnya kontak relay A1-A2 akan terputus dan sebaliknya kontak relay B1-B2 akan terhubung. Sehingga aliran listrik yang tersambung di terminal A1-A2 akan terputus dan mesin pompa air akan mati.

Model koneksi rangkaian Level Switch Relay

Kabel Rangkaian Level Switch Relay

Koneksi Kabel Rangkaian Level Switch Relay

Rangkaian koneksi yang paling umum digunakan dalam perumahan adalah seperti gambar diatas. Agar dapat berfungsi sebagai switch yang menyalakan dan mematikan mesin pompa air, maka level switch relay dihubungkan dengan memotong jalur phase dari sumber listrik (biasanya menggunakan stop kontak) yang menuju ke mesin pompa air. Detailnya bisa lihat gambar diatas. Kecuali colokan listrik dilepas alias tidak ada suplai listrik, maka mesin pompa air akan “ON” dan “OFF” secara otomatis dengan kontrol dari level switch relay.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan rangkaian listriknya :

1. Gunakan ukuran kabel yang sama pada seluruh rangkaian, mulai dari sumber listrik (stop kontak), level switch di toren sampai ke mesin pompa air. Minimal gunakan kabel berukuran 1.5mm2 yang mempunyai Kuat Hantar Arus (KHA) diatas 16A (dikurangi faktor derating kabel yang kira-kira 0.7 maka KHA menjadi 11.2A). Sebagai contoh, mesin pompa air 250W akan mempunyai arus listrik sebesar 250W/220V = 1.14A.
2. Usahakan titik sumber listriknya (atau stop kontak) berada sedekat mungkin dengan posisi level switch pada toren dan juga mesin pompa air. Ini akan berhubungan dengan panjang kabel yang digunakan, seperti yang telah dijelaskan diatas.
3. Pastikan koneksi kabel pada titik-titik sambungan tidak kendur atau gampang lepas. Bila tidak yakin dengan sambungan yang dipuntir sendiri, bisa menggunakan terminal block atau bisa juga menggunakan lasdop. Terminal Block yang materialnya dari plastik banyak dijual di toko listrik, biasanya 1 batang terdiri dari 10 titik sambungan. Terminal block bisa dipotong sesuai keperluan. Sedangkan untuk lasdop tersedia sesuai dengan ukuran kabel. Cara pemakaian lasdop cukup mudah, tinggal masukkan kabel yang akan disambung dan puntir didalam lasdop. Dan apapun cara penyambungannya, sebaiknya ditambahkan isolasi listrik pada sambungan tersebut untuk mencegah kesetrum atau kemasukkan air.
Terminal Block & Lasdop

Contoh Terminal Block (kiri) dan Lasdop (kanan)

4. Pastikan juga koneksi kabel pada baut di titik terminal relay level switch cukup baik pemasangannya. Koneksi yang kendor akan mengakibatkan panas yang berlebihan dan akhirnya meleleh.
5. Pemasangan cover water proof harus cukup rapat untuk mencegah air masuk ke dalam terminal relay. Bila perlu tambahkan dengan cover plastic yang menutupi seluruh level switch.

Kontak relay pada level switch biasanya punya kapasitas maksimum arus listrik sebesar 7.5A pada tegangan listrik 220V. Sedangkan pada umumnya, mesin pompa air jenis jet pump menyerap daya listrik antara 250W – 400W, atau antara 1.14A – 1.82A. Jadi masih tergolong aman untuk mengalir melewati relay level switch.

Oke Bro & sis..sampai disini dulu artikel dari instalasilistrikrumah.com ini dan semoga bermanfaat. Silahkan jika ada tambahan atau koreksi dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Cara Kerja Kontrol Level Tangki Air

2. Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?

3. Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

4. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

5. Kesetrum (Tersengat Listrik)

6. Listrik, tak kenal maka tak hati-hati…

7. Banjir….Waspadai Instalasi Listrik bila Rumah Tergenang

8. Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

9. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah

10. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

22 Responses to Koneksi Kabel Rangkaian Level Switch Relay

  • royani ahmad:

    Koneksi di atas menggunakan 1 sumber tegangan(1 netral,1 phase)darui 1 kwh,,Bagaimana koneksinya bila menggunakan 2 sumber tegangan (2 ntral,2 phasa)dari 2 kwh yang berbeda

    • ILR:

      Mbak Royani,

      Sudah kami respon ya via email untuk pertanyaannya.
      “Koneksi di atas menggunakan 1 sumber tegangan(1 netral,1 phase)darui 1 kwh,,Bagaimana koneksinya bila menggunakan 2 sumber tegangan (2 ntral,2 phasa)dari 2 kwh yang berbeda?”

      Salam,

    • ZAKARIA:

      Mohon bantuannya, kabel switch relay toren airnya pernah putus seperti terbakar lalu saya potong dan sambung, dan on/off otomatis sudah berfungsi tetapi setelah 20/30 menit MCB pada meteran air selalu turun/trip, apa ada yg korslet???

      • ILR:

        Pak Zakaria,

        Yang selalu turun itu MCB pada meteran kah? Apakah pada saat bersamaan ada pemakaian juga pada peralatan listrik yang lain? Sudah dicoba untuk test hanya dengan pompa air saja, MCB masih turun?
        Silahkan jika ada informasi lebih lanjut Pak..

        Salam,

      • ILR:

        Pak Zakaria,

        Berikut tambahan informasi untuk problem yang dialami :
        Jika sudah dicoba test hanya dengan pompa saja MCB masih turun maka kemungkinan short circuit / korsluiting pada circuit tidak ada, dikarenakan MCB masih memerlukan waktu 20-30 menit untuk trip, sedangkan bila terjadi korsluiting maka MCB langsung trip.
        Secara teknis, kemungkinannya adalah adanya kebocoran arus, disini bisa jadi karena insulation (isolasi) dari winding (lilitan dinamo) bermasalah sehingga total resistansi menurun. Sehingga arus listrik yang masuk sedikit melampaui batasan arus atau rating arus dari MCB.
        Untuk lebih valid lagi, jika punya alat ukur arus listrik (clamp ampere) bisa dilakukan pengukuran listrik pada saat motor jalan, dan dibandingkan dengan arus nominal pada name plate motor.

        Mudah2an penjelasannya bisa dimengerti dan mohon maaf jika detailnya lebih kearah teknis listrik.

        Salam,

  • agung:

    Bagaimana jika switch relay sudah tidak sensitif lagi terhadap beban (sinker) ? apa penyetelan switch relay terlalu kencang ? mohon advisenya. terima kasih.

    • ILR:

      Pak Agung,

      Switch relay tidak bisa disetel. Jika pemakaian sudah cukup lama dan switch tidak sensitif lagi, salah satu cara memperbaikinya adalah dengan melepas dari tandon/toren dan bersihkan dengan contact cleaner (jika punya) atau WD-40. Kemudian lakukan test contact switch dengan menarik-ulur talinya. Setelah dirasa oke dan kondisi switch sudah kering (agar cairan pembersih tadi tidak mencemari air di dalam tandon), maka bisa dipasang lagi.
      Ada sharing satu kasus dimana switch relay masih baru dipakai tapi tidak bekerja saat air di posisi level low dan tandon perlu diisi, tapi switch relay bisa bekerja saat air di posisi level high. Solusinya adalah menambah satu sinker lagi di posisi bawah agar lebih berat. Kebetulan ada satu sinker bekas dari switch relay sebelumnya. Dan hasilnya cukup andal.

      Semoga advis ini bisa bermanfaat.

      Salam,

  • Ridwan:

    Pak, stlh saya mengikuti comment2x dari pembaca/follower forum ini, kenapa ya saya berkesimpulan pemakaian radar cukup menimbulkan banyak masalah jg dlm arti radarnya sndr jg kurang awet pemakaiannya. Sptnya byk yg mengeluhkan radar air mereka. Apa kesimpulan saya bisa dibenarkan, Pak? Terus terang saya jadi ragu untuk memakai radar baik elektrik maupun yang non-elektrik. Mgk akan lebih baik dengan cara konvensional, pasang pipa/slang, ketika air di toren penuh, akan mengeluarkan air, jadi tinggal dimatikan jet pumpnya :) :). Terima kasih.

    • ILR:

      Pak Ridwan,

      Kita respon juga pertanyaannya, mungkin ada hal2 yang terlewat belum dijelaskan.
      Memang kontrol level toren seperti radar (electric) atau bola pelampung (non-electric) punya kelebihan dan kelemahan juga. Kesimpulannya bisa jadi benar.
      Cara konvensional pun punya kelemahan juga, kalau kelupaan mematikan jetpump sehingga air luber terus.
      Yang penting sih kita pahami cara kerja masing2 alat, jadi bisa meminimalkan dan mengatasi problemnya. Itu saja sih sharingnya..

      Salam,

  • Ridwan:

    N dan P itu Netral dan Phase, apa bahasa lainnya Negatif (N) dan Positif (P). Ibaratnya kalo warna kabel hitam itu Negatif dan merah itu Positif? Aduuh kaco nih kalo ngga ngerti istilah2x listrik. Tlg dong Pak :). Maunya pasang radar tp jelimet.

    Trus kotak radarnya didekat toren air, Pak, nah toren air sndr sy letakkan diatap rumah monyet istilah orang bangunan dan lgs diudara terbuka alias tdk ada pelindung atap lagi utk toren airnya. Spy sih kotak radar tidak konslet ketika hujan, macam mana Pak? Kalo dimasukkin lagi ke kontak waterproof, belinya dimana kotak waterproof? Terus bentuk kotak waterproof spt apa ya Pak? Apa ngga bisa kotak radar diakalin sedemikian rupa, ntah dipanjangin kabelnya sehingga bisa disimpan dalam rumah?

    Terima kasih….

    • ILR:

      Pak Ridwan,

      Pada listrik arus bolak-balik (listrik AC), seperti listrik PLN yang biasa kita pakai, istilah P dan N adalah Phase dan Netral. Phase bertegangan listrik 220V (kalo test pakai tespen akan menyala), dan Netral tidak bertegangan (test pakai tespen tidak menyala). Umumnya orang sering juga bilang Positif dan Negatif/massa/nol. Tapi jangan salah pengertian dengan listrik DC.
      Pada listrik arus searah (listrik DC), seperti pada battery atau Accu/Aki, istilah P dan N adalah Positif dan Negatif.

      Untuk warna kabel, pada listrik AC sesuai standard digunakan warna biru sebagai netral, hijau strip kuning sebagai ground dan warna kabel phase selain dua warna tadi (rata2 digunakan warna hitam).
      Pada listrik DC, memang warna kabel merah untuk Positif dan Hitam untuk Negatif.

      Pasang radar nggak perlu njlimet, nanti kita jelaskan lebih detail.

      Tidak perlu kotak waterproof sih, cukup selubungi dengan plastik atau kalo ada toples plastik, tutupi saja kotak radarnya. Sudah aman dari air hujan dan murah meriah.
      Kotak radar ga bisa dipindahkan, harus dipasang di toren. Karena kotak ini menjadi gantungan untuk pelampungnya. Nanti tunggu detailnya.
      Semoga bisa clear untuk pertanyaan disini.

      Salam,

  • Demi Tangdilintin:

    Siang Pak,
    saya di rumah masang level switch relay, seperti yang ada di documen ini, cuman yang saya masukan ke switc adalah Netral dan pasahnya ada pada stop kontak, alasanya adalah untuk keamanan dan keselamatan, wanti2 bila terjadi sort pada tangki berhubung saya menggunakan tangki stenliss dan apabila ada maintenance aman dari phasa.(Jika melihat gambar di atas N bertukar posisi dengan P) masalahnya Radar tersebut tidak berfungsi. pada posisi level low, pompa tidak berpungsi. Apakah seharusnya phasa yang masuk ke Level switc relay dan jika Netral mengapa ? trims buat bantuanya.

  • noegroho s:

    pak, kalau pake Radar atau Level Switch Relay saran bapak buat saya, kira-kira Level Switch Relay merek apa yang bagus, dan tahan lama?
    saya perlu Level Switch Relay yang tidak gampang rusak. terimakasih atas bantuannya. salam saya Adhi Yudha Putra

  • Ridwan:

    @Pak Nugroho: Sy jg baru beli radar tp blm dipasang. Mnrt mas2x ILR sih beli yang merknya RADAR. Wkt sy beli ke toko, orang tokonya ksh suggest pakai Radar yang kotaknya putih-biru, jangan yg orange krn mnrt dia yg putih-biru yang bagus. Jadi, sy beli merk Radar dgn kotak putih-biru. Moga2x membantu.

  • pahmi:

    mo nanya pak, bisa gak level switch relay ini pemasangannya dikompinasikan untuk pompa otomatis menggunakan tabung, maunya saya satu pompa dapat digunakan untuk dua fungsi, selain untuk menyuplai air ke tandon juga untuk mengalirkan air ke shower dlm rumah, sehingga untuk tandon on / off menggunkan level switch relay merk radar dan untuk on / off shower dari switc otomatis bawaan pompa,kalo bisa tolong kasih skema / gambar koneksi kabelnya ya, trims…..

  • Andy:

    Klo dengan 2 pompa pake 1 switch relay dengan 1 toren jg.bisa ga pak?
    Klo biisa, pemasangannya gmn ya?

  • carsonne:

    kipas kebakar dari switch control kabel terbakar akibat dari arus listrik pada pompa air kami untuk mengatasi hal ini gimana cara aman brooo…

  • Freedrieck:

    Saya mempunyai mempunyai Mesin pengolahan Air minum RO dgn kapasitan Motor Pompa 1Hp, saya menggunakan Level Switch ST-70 (warna orange) 7,5A .
    yang ingin saya tanyakan :
    - Relay pada Level Switch Meleleh jadi tidak berfungsi setelah sempat beberapa kali berfungsi, sedangakan kabel yg saya gunakan , Kabel 1,5 model kawat.

    Mohon petunjuk untuk instalasinya pak, Terimakasih.

  • machmuddin:

    bagaimana cara memperbaiki mesinnya yang tidak bisa berfungsi otomatisnya

  • wahyu:

    Kok saya masih bingung om?

  • Dedy:

    Mohon Penjelasan penyababnya RElay Level switch pada Tangki penampungan Terbakar, Motor Pompa yg saya gunakan 1Hp ( Pompa booster mesin RO ), saya mencoba sesuai dgn apa yg sdh di Jelasakan di atas, tetapi msh juga sama ( Terbakar ) 2 X saya mencoba tetap sama hasilnya,, mohon bantuaanya agar Level Swtich tdk terbakar, Terimakasih

  • zaky:

    bro tanya ne,rangkaian motor 3 f star delta mngunakan control presure swict,,,,,gimna caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • lizna: maaf kk mau numpang nanya.. apa bermasalah stand meter di tumah saya menunjukan 1340 tpi di rekening tagihan...
  • agito setyabudi: pak, mohon bantuan soal 3 phase dan 1 phase. bapak punya materi nya gak. unttuk tugas kuliah.
  • ifan: Pagi bapak, Saya ingin menanyakan ttg kelistrikan rumah. Di rmh saya voltase sering turun, hingga 150-160 volt,...
  • ILR: @Fahrul : Jika berminat ingin menampilkan profil secara detail, bisa kirim email ke info@instalasilistrikrumah...
  • Anak Agung Ayu Diahniti: GERAI DAYA CV. MEDIA TEKNIK, alamat alan TirtaGeduh, Bebalang, Bangli.. melayani pasang...