Menghitung Kapasitas AC Rumah Yang Sesuai Dengan Luas Ruangan

AC Rumah

Unit AC yang terpasang di Rumah

Salah satu peralatan listrik yang mulai banyak dipakai di perumahan adalah AC (Air Conditioning). Unit pendingin udara ini memang erat kaitannya dengan kenyamanan. Apalagi kondisi di wilayah perkotaan yang relatif mempunyai suhu yang cukup tinggi walaupun di malam hari.

Unit AC ini memang termasuk kebutuhan sekunder karena selain harganya yang relatif tidak murah, juga membutuhkan konsumsi energi listrik yang cukup besar ditambah dengan biaya pemeliharaan yang dilakukan berkala.

Untuk itulah diperlukan perhitungan yang cermat bila anda ingin memasang unit AC di rumah. Saran yang tepat sebenarnya bisa didapatkan dari penjual AC atau peralatan listrik rumah tangga lainnya. Tetapi ada baiknya terlebih dahulu kita bisa menghitung sendiri kebutuhan unit AC yang sesuai. Karena ketika anda berencana membeli unit AC, tentunya anda harus memperhitungkan juga daya listrik yang akan bertambah termasuk instalasi kabel listriknya dan MCB. Apakah perlu penambahan daya listrik PLN atau tidak.

Artikel ini akan memberikan gambaran bagi anda mengenai perhitungan sederhana untuk mengetahui kapasitas unit AC yang sesuai kebutuhan. Sedikit penjelasan teori kami tambahkan untuk membantu pemahaman.

Satuan Pengukuran

Dalam teknik pendingin yang erat hubungannya dengan ilmu thermodinamika , satuan yang menjadi dasar perhitungan kapasitas unit AC adalah BTU (British Thermal Unit). BTU adalah ukuran dari jumlah panas yang digunakan di Inggris dan Amerika. 1 BTU didefinisikan sebagai jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 pound air sebanyak 1 derajat Fahrenheit dalam tekanan 1 atmosphere.

Semakin besar nilai BTU-nya maka semakin besar kapasitas output dari unit AC tersebut, karena compressor yang digunakan juga semakin besar. Hal ini berarti udara yang dapat didinginkan akan semakin besar. Secara otomatis konsumsi listrik akan semakin besar.

Tetapi di Indonesia, satuan yang paling akrab digunakan adalah PK (Paarden Kracht : Daya Kuda – dari bahasa belanda). Sebenarnya yang dimaksud dengan PK adalah besarnya daya dari compressor AC tersebut.

Perhitungan kapasitas AC

Secara sederhana, menghitung kapasitas AC adalah mengalikan luas ruangan dengan angka 500 (angka koefisien). Hasil yang perkalian yang didapat adalah nilai BTU-nya. Kemudian dari nilai BTU itu tinggal dikonversikan ke PK.

Perhitungan sesungguhnya cukup rumit, karena harus memperhitungkan bahan-bahan perabot yang digunakan dan juga jumlah jendela yang ada.

Faktor Perhitungan AC Rumah

Faktor-faktor yang mempengaruhi perhitungan kapasitas AC Rumah

Contoh :

Ruangan dengan lebar 3 m dan panjang 4 m, dapat dihitung :

3 x 4 x 500 = 6000 BTU (Tinggi ruangan dianggap standar : 3 m)

Kemudian kita menggunakan konversi BTU ke PK :

BTU PK
4500 ½
6750 ¾
9000 1
13500

Maka didapat kapasitas unit AC yang diperlukan adalah ¾ PK. Tetapi sebagai saran, sebaiknya digunakan AC berukuran 1 PK agar kerja AC tidak terlalu berat, karena bila yang digunakan AC ¾ PK, berarti AC harus bekerja lebih berat agar dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

Sebagai informasi tambahan, untuk ruangan yang posisinya menghadap barat kemungkinan perlu membeli unit AC dengan kapasitas lebih besar. Karena intensitas panas matahari yang cukup besar terjadi antara jam 2 siang sampai sekitar jam 5 sore.

Bagaimana menghitung daya listrik yang dibutuhkan?

1 PK bisa dikatakan setara dengan 746 Watt. Tetapi dengan teknologi yang berkembang saat ini, konsumsi listrik untuk unit AC sebesar 1 PK bisa jadi lebih kecil dari 746 Watt. Hanya saja harga per-unit-nya akan lebih mahal.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Hati-hati Menggunakan Kabel Rol

2. Bagaimana Memastikan System Grounding di Rumah Terpasang dengan Baik

3. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah

4. Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

5. Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?

6. Cara Kerja Kontrol Level Tangki Air

7. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

8. Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

9. Banjir….Waspadai Instalasi Listrik bila Rumah Tergenang

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

25 Responses to Menghitung Kapasitas AC Rumah Yang Sesuai Dengan Luas Ruangan

  • TukangAC:

    alhamdulillah…akhirnya munculnya juga nih artikelnya….
    semoga bisa membantu rekan-rekan yang mo masang AC dimana aj….

    salam,
    TukangAC

  • Bagus Wibowo:

    Thanks infonya Gan…saya ijin share ke teman2 saya ya Gan ?

    Salam,

    BW

  • Mantep nih… sayang di rumah nggak ada rencana masang AC hehehe.

    Salam,
    TeknisiInstrument
    http://teknisiinstrument.wordpress.com

  • Mas Kun:

    Good Info,….
    Pengin juga bisa share ilmu begini, Bravo Electrician Indonesia

  • adi:

    share dikit…
    setau saya AC 1 PK itu 746 watt, itu terjadi saat kondisi AC belum bekerja,,kompressor belum mensirkulasi refrigerant,,tapi ketika AC udah bekerja maka nilai dayanya malah akan naik…bisa lebih dari 746 watt
    -tolong dikoreksi klo saya salah :-)

    • ILR:

      Adi,

      betul sekali, 1 PK adalah satuan dari Daya dan setara dgn 746watt, tapi dlm hal unit Air Conditioning, 1 PK yg dimaksud adalah kapasitas pendinginan dari unit AC tersebut, dimana 1 PK tersebut setara dgn 9000 BTU/hr.
      Begitu juga untuk motor compressor yg digunakan oleh unit AC tersebut tidak sama dgn 1 PK dari kapasitas pendinginan unit AC tsb, tergantung dari teknologi yg diaplikasikan pada motor compressor unit AC tersebut.
      Salah satunya yaitu dgn teknologi inverter, dimana putaran motor disesuaikan dgn beban pendinginan unit AC tersebut sehingga beban listrik pun menjadi lebih hemat.
      Tetapi, tentu harga jual unit AC tersebut lebih mahal dibanding dengan unit AC yg belum menggunakan teknologi inverter.
      Mudah-mudahan bermanfaat.

      Salam,

  • Boy:

    @ Adi. betul sekali kalo Pendapat Anda Salah besar( tidak berdasar teknis) bagaimana kita bisa menghitung konsumsi daya (watt) kalo unitnya saja tidak aktiv? perlu Anda ketahui semua peralatan elektronik yang menggunakan gulungan kawat(Tabung TV, Dinamo, Dinamo Kompresor dan lain-lain) memerlukan konsumsi daya yang besar pada saat pertama kali di hidupkan(starting) setelah itu baru normal. semoga bermanfaat.

  • yono:

    Terima kasih artikelnya dapat membantu saya dalam pembelajaran pada anak didik

  • akhirnya ketemu jg cara hitung ac yg gamblang. makasih banget Gan.

  • metta:

    adakah perbedaan menggunakan 2 ac 1 pk dengan 1 ac 2 pk? mohon tanggapan. saya mau pasang untuk ruangan 12 * 4 m2. buat warnet. mohon sarannya. terima kasih. salam.

    • ILR:

      Mbak Metta,

      Perbedaannya ada pada konsumsi listrik, biaya perawatan, pengaturan udara dan faktor operasional.
      1. Untuk konsumsi listrik, 1 unit AC 2 PK akan lebih kecil total konsumsi listriknya dibandingkan dengan 2 unit AC 1 PK, dengan catatan total jam penggunaannya sama.
      2. Biaya perawatan dihitung per unit AC. Jadi kalau 2 unit ya tinggal dikali 2. Pada umumnya AC harus dibersihkan tiap 3 -4 bulan.
      3. 2 unit AC 1 PK mempunyai pengaturan udara yang lebih baik dibandingkan 1 unit AC 2 PK, karena 2 unit AC 1 PK bisa dipasang pada tempat yang berbeda.
      4. Faktor operasionalnya malah lebih baik untuk 2 unit AC 1 PK, karena dengan pengaturan udara yang lebih baik terkadang cukup hanya 1 unit AC yang dinyalakan sudah cukup memenuhi, misal saat pagi hari, hari hujan atau pengunjung masih sepi. Dan juga bila ada masalah pada salah satu unit, yang lainnya masih normal, sehingga kenyamanan warnet masih bisa terjaga.

      Secara umum, kami menyarankan untuk menggunakan 2 unit AC 1 PK. Dilihat dari sisi non-teknis, pelayanan dan kenyamanan pada warnet adalah hal utama.
      Mudah-mudahan sarannya bermanfaat.

      Salam,

  • kurniawan:

    terimakasih banyak Mas ILR

  • ardi:

    pak, kalau untuk menentukan daya total yang digunakan oleh AC jenis split bagaimana caranya?

  • mangAchim:

    ….Mantap….dan InsyaAllah manfaatnya tersebar ke banyak orang.amin

  • Salam,,
    Mohon bantuannya, saya ingin memasang AC untuk dua ruangan (masing-masing diasumsikan berukuran 3×4), setiap ruangan ingin saya pasang 1 unit AC. Pertanyaan saya :

    1. Daya listrik rumah saya 450 watt, lebih baik mana jika saya tambah daya ke 900 atau 1200 watt jika saya ingin pasang AC ?

    2. Sebaiknya saya memsang AC berapa PK ?

    3. Jika boleh merek AC yang teman2 rekomendasikan ?

    Terimakasih

  • andi wijaya:

    Salam…
    Mohon pencerahannya..
    Saya punya mesin pompa air jauh dari rumah -/+ 80 meter, ketika saya menarik kabel dri rumah air tidak mw mengalir, tetapi ketika saya sambung listrik lewat tetangga -/+ 10mtr air dapat mengalir kerumah saya yang jaraknya -/+ 80 meter.
    Yang ingin saya tanyakan ke bapak :
    1. Apakah kabel yang sy pakai salah ( jembo 3*0.75 ) ?
    2. Apakah listrik rumah saya tidak kuat ?
    Jika memang kabel yg saya pakai salah, saya harus memakai kabel yang seperti apa ?
    mohon pencerahannya Pak ?
    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • rudysutedi: Tks bngt sdh share knowladge ttng teknik masang radar yg benar.
  • Aldho: “Jika ada kenaikan tariff listrik, untuk pelanggan listrik prabayar bisa dikatakan bahwa kenaikan tarif...
  • muhammad fauzan: gan kalau slogan yang cocok untuk kampanye hemat energi listrik disekolah apa? tapi jgan yang...
  • Irwan Ahmad: Gan gmna cara kita memasang instalasi listrik di rumah yg tegangannya 3 pase.tolong gambarnya.dan...
  • beny: makasih udah berbagi ilmu.sangat bermanfaat bagi saya..