Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

Bargainser tipe digital

Bargainser tipe digital yang dipasang di instalasi listrik rumah

Sejak artikel “Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah” dirilis, ternyata banyak pertanyaan yang muncul mengenai sambungan grounding pada kWh-meter. Hal pang paling sering ditanyakan berkisar seputar Meter PraBayar (MPB) atau Listrik PraBayar (LPB).

Dari survey kecil yang dilakukan, setidaknya ada dua hal besar yang sering ditanyakan :

1. Apakah kabel grounding perlu disambung pada meter prabayar atau tidak? Bagaimana seharusnya sambungan kabel atau pengawatan pada meter prabayar dan juga pada MCB Box.
2. Meter prabayar mengalami masalah dengan munculnya gambar “TANGAN” dan tulisan “PERIKSA” pada display-nya. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Jika anda pernah mengalami hal ini dan belum tahu penyebabnya, atau sedang mempertimbangkan untuk melakukan migrasi ke meter prabayar, kami berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan mencerahkan.

Jadi sobat ILR…silahkan dilanjut..

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Stroom Listrik Prabayar yang mengijinkan untuk mengutip sebagian materinya sebagai bahan tulisan ini. Juga untuk diskusinya yang sangat mencerahkan yang sangat membantu kami melakukan analisa dengan lebih baik.

Karakteristik Meter Prabayar

Disini kita tidak membicarakan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan LPB dibanding dengan Listrik PascaBayar secara umum. Tunggu kesempatan berikutnya ya…

MPB mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan kWh-meter model lama. Selain menggunakan teknologi digital (yang model lama berteknologi analog dan piringan berputar), dengan aplikasi mikroprosessor, MPB ini juga dilengkapi Contact Relay di dalam meter yang berfungsi memutuskan arus listrik. Jadi bisa saja listrik di rumah padam karena sesuatu masalah, tetapi MCB tidak trip.

Selain itu, MPB juga melakukan pengukuran pemakaian daya listrik dengan sensor arus listrik pada sisi kabel phase dan netral-nya. Arus phase yang masuk ke instalasi rumah harus sama dengan arus netral yang keluar. Jika terjadi perbedaan atau jika hanya salah satu penghantar saja (netral atau phase) yang mengalirkan arus listrik, maka MPB akan memunculkan alarm.

Seringkali munculnya alarm ini adalah karena cara pengawatan atau penyambungan kabel netral dan grounding pada MPB dan MCB Box yang tidak sesuai. Penyambungannya harus pada titik yang benar. Jika tidak, sangat besar kemungkinan terjadi aliran arus pada kabel netral yang melewati MPB bahkan disaat pelanggan tidak menggunakan energi listrik sama sekali di rumahnya. Akibatnya sensor arus netral akan mendeteksi seolah-olah ada pemakaian dan tentunya bisa merugikan konsumen.

Bila kasus ini terjadi, MPB akan memunculkan tulisan “PERIKSA” dan gambar “TANGAN”. Artinya ada masalah dengan grounding dan netral-nya pada sistem instalasi listrik di rumah tersebut.

Pertanyaannya : Kok bisa ya ada arus netral mengalir walaupun tidak ada pemakaian listrik sama-sekali?

Nah..kita simak penjelasan yang agak teoritis ini :

Sistem tegangan 3 phase dan 1 phase

Penjelasan sistem 3 phase dan 1 phase

PLN mempunyai Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 380V yang disuplai oleh Trafo Distribusi 20kV/380V dengan sistem listrik 3 phase, yang menyebarkan daya listrik ke perumahan. Sisi tegangan rendah trafo (380V) yang menyuplai ke perumahan mempunyai sistem 3 phase yang terhubung bintang ( Y-connection) dengan titik netral yang di-ground-kan ke tanah. Bila beban listrik pada sistem 3 phase tadi seimbang maka titik netral ini mempunyai nilai nol Ampere.

Tetapi jika system 3 phase PLN itu (yang menyuplai ke perumahan) mengalami ketidakseimbangan beban listrik, maka akan ada arus listrik melewati penghantar netral (nilainya tidak 0 Ampere lagi). Arus netral inilah yang mengalir ke perumahan, kearah MPB dan melewati grounding dari instalasi listrik rumah untuk kembali lagi ke grounding titik netral di trafo distribusi tadi (arus listrik selalu membentuk loop tertutup).

Kalau masih dirasa njlimet, coba simak lagi penjelasan singkatnya :

Pada intinya, bila terjadi ketidakseimbangan beban listrik pada trafo distribusi yang menyuplai listrik ke rumah kita, maka akan terjadi arus netral yang masuk ke sistem instalasi rumah, walaupun tidak ada sama sekali pemakaian energi listrik di rumah itu. Arus netral tadi sebenarnya ingin mengalir menuju tanah melewati jalur grounding instalasi listrik rumah untuk kembali lagi ke titik netral di trafo distribusi tadi (sehingga membentuk loop).

Nah…kondisi ini yang harus dicermati agar arus netral yang menyelinap itu tidak sampai melewati MPB.

Jika masih bingung, harap terima aja dulu yah…atau silahkan baca dalam artikel selanjutnya yang lebih detail (“Sistem Listrik 3-Phase).

Jadi..Bagaimana menghindari hal ini?

Yah…setidaknya kita harus memahami cara pegawatan MPB yang benar dan di MCB Box. Mari…silahkan lanjut terus….

Pengawatan Meter Prabayar.

Pengawatan MPB yang benar harus seperti gambar dibawah ini. Warna hitam adalah penghantar phase, warna biru adalah penghantar netral dan warna hijau adalah penghantar grounding.

Meter Prabayar-1

Pengawatan MPB dengan Titik Ground pada MCB Box

Kabel Netral dan kabel grounding harus disambung di titik sebelum MPB dan harus terpisah total setelah MPB. Sedangkan posisi grounding rod-nya sendiri (yang tertanam di tanah) bisa berada lebih dekat ke MPB atau MCB Box.

Sisi sebelah kiri (P-N, dengan N ditanahkan) adalah bagian dari Trafo Distribusi PLN yang netral-nya ditanahkan. Sedangkan yang paling kanan adalah stop kontak.

Meter PraBayar-2

Pengawatan MPB dengan Titik Ground di kWh-Meter

Seperti penjelasan sebelumnya, saat terjadi ketidakseimbangan beban pada trafo distribusi, akan ada arus netral yang mengalir kearah MPB. Walaupun saat itu tidak ada pemakaian energi listrik di rumah (MCB “OFF”). Dengan pengawatan yang seperti ini, maka arus netral penyelinap tadi bisa dialirkan ke grounding tanpa melewati MPB (lihat gambar dibawah ini) :

Arus Netral pada MPB-1

Arus Netral ke kWh-Meter Saat Terjadi Beban 3 Phase Tidak Seimbang

 

Arus Netral pada MPB-2

Arus Netral ke kWh-Meter Saat Terjadi Beban 3 Phase Tidak Seimbang

 

Munculnya Tanda “PERIKSA”

Bila ada sambungan antara kabel grounding dan netral pada titik setelah MPB, seperti pada pengawatan seperti di bawah ini, maka arus netral penyelinap tadi bisa mengalir melewati MPB. Walaupun konsumen sama sekali tidak menggunakan energi listrik dan juga posisi MCB “OFF”. Arus netral penyelinap seperti ini akan mengakibatkan sensor arus netral MPB mengukur seolah-olah ada pemakaian dan bisa merugikan konsumen. Karena itu di MPB akan muncul tulisan “PERIKSA” dan gambar “TANGAN”.

Kabel netral dan ground disambung kembali pada MCB Box, akibatnya ada sebagian arus netral yang mengalir melewati MPB.

Arus Netral Melewati MPB-1

Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di MCB Box

Sedangkan pada gambar berikut ini, kabel ground dan netral disambung pada titik setelah MPB. Akibatnya arus netral yang tidak diinginkan tadi bisa melewati MPB.

Arus Netral Melewati MPB-2

Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di MCB Box

 

Untuk kasus lain lagi, ground dan netral dihubungkan di MPB tapi pada titik keluar terminal netral. Sehingga arus netral penyelinap tersebut masih melewati sensor MPB.

Arus Netral Melewati MPB-3

Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di Titik Keluar Netral MPB

 

Mengatasi Tanda “PERIKSA”

1. Bila tulisan “PERIKSA” tadi masih berkedip-kedip, maka masih ada ground yang terhubung ke netral (masih belum murni terpisah). Bisa diperiksa pada MPB atau MCB Box.
2. Jika pengawatan MPB sudah sesuai dengan petunjuk pada gambar diatas, tetapi masih muncul tulisan “PERIKSA”, maka kemungkinan ada terjadi hubungan ground dan netral pada alat listrik atau beban listrik, misal : komputer, AC atau TV. Salah satu caranya : coba lakukan pemutusan satu persatu alat listrik atau beban listrik tadi, apakah tulisan “PERIKSA” tadi tidak berkedip-kedip atau hilang (sudah clear). Jika ada ditemukan hal seperti itu, kemungkinan alat listrik tadi mengalami masalah dan harus diperiksa.
3. Jika tidak ada peralatan listrik yang bermasalah, kemungkinan berikutnya adalah pada sistem instalasi listriknya. Hal yang paling mudah dilakukan adalah memeriksa sambungan pada stop kontak. Bila merasa kesulitan atau khawatir kesetrum, lebih baik memanggil instalatir listrik yang kompeten.
4. Jika tulisan “PERIKSA” tadi sudah tidak berkedip lagi, artinya ground dan netral sudah “bersih”. Kita bisa menghubungi PLN untuk meminta clear tamper token agar bisa mereset tulisan tadi.

Pertanyaan Lainnya

Banyak juga yang meminta gambar detail koneksi kabel pada MCB Box. Karena memang instalasi listrik setelah MPB adalah tanggung jawab pelanggan (tentunya pemasangan dilakukan oleh instalatir listrik yang kompeten dan bersertifikasi). Sedangkan pemasangan MPB atau kWh-meter adalah tanggung jawab PLN. Pelanggan tinggal terima beres saja.

Gambarnya adalah seperti ini (dengan skema titik grounding ada di MCB Box ini, bukan di MPB) :

Pengawatan Kabel di MCB Box

Pengawatan Kabel Phase-Netral-Ground di MCB Box dengan 2 MCB

 

Jadi terminal Netral dan Grounding (PE) tidak digabung lagi di MCB Box ini.

Bagi yang ingin tahu macam-macam sistem pentanahan pada instalasi listrik dan sistem mana yang diaplikasikan pada perumahan, bisa lihat nanti pada artikel lain yang juga akan rilis berikutnya (“Sistem Pentanahan pada Instalasi Listrik Rumah”).

Baiklah sobat ILR…semoga bermanfaat bagi anda semua.

Silahkan jika ada koreksi agar lebih sempurna lagi isi artikel ini.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Listrik, tak kenal maka tak hati-hati…

2. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

3. Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

4. Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

5. MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik

6. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah 

7. Sistem Listrik 3-Phase

8. Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

9. Banjir….Waspadai Instalasi Listrik bila Rumah Tergenang

10. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

277 Responses to Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

  • Nanang:

    Bos aku salah masukkan kode teken kok muncul periksa gmna cara mngatasinya

  • hermawan:

    lampu indikator warna kuning menyala dan ada gambar tangan di lcd listrik prabayar apa penyebabnya.thk

  • veron:

    bos gimana cara menyambung arde kwh terputus dari kwh

    • ILR:

      Veron,
      Masih ada yang kurang jelas dari pertanyaannya. Kabel arde-nya putus di dalam box kWh-meter atau putus kabelnya diluar? Dan apakah kabel itu yang mengarah ke MCB Box ke dalam rumah atau yang mengarah ke bumi?

  • harry:

    pada kwh meter muncul “ERR-23″ , mohon petunjuknya g

  • marc:

    Bos, mau tanya maaf kalau salah tempat…saya ada masalah dengan meteran prabayar bahwa KWH saya jadi minus (dan berarti saya punya hutang pulsa) cuma saya bingung kalau pakai token berarti tidak ada pulsa tidak bisa menyala.Rumah saya memang sudah lama tidak di tinggali sih….mohon solusi atau saran buat saya…karena saya keberatan dan merasa tidak pakai kok bisa bayar kira2 sekitar 5 jutaan dan saya keberatan sih…

    maaf kalau ada kata2 yang tidak berkenan

    terima kasih ya bos-bos…

    • ILR:

      Bos Marc,

      Terus terang bingung juga, apakah meter prabayar bisa menghitung sampai minus? Karena setelah pulsa habis maka listrik akan terputus. Bisa info lebih detail bagaimana bisa ada tagihan 5 jutaan?

  • kozem:

    Gan, ane mau nanya kan di rumah ane kwh listriknya masih yang dulu bukan token, nah lampu temperaturnya nyala warna orange efeknya tegangannya jadi naik turun kaya sepaneng yang akhirnya tv ane jadi ruksak, itu kenapa ya gan? Makasih

  • gan saya mengalami masalah pada instalasi listrik dirumah..
    jadi gini ceritanya..tiba tiba lampu dapur putus dan itu baru digantii…
    nah coba saya cari tau keadaan instalasi baik baik saja ..akan tetapi saat saya matikan ncb dari kilometer..
    dan saya cek instalasi listrik menggunakan tespen,semua instalasinya mempunyai arus listrik,harus nya kan mati..

    dan coba saya nyalakan lagi ncb dari kilometer..
    eh normal lagii..
    kendalanya darii apa gan?
    terus cara mengatasinya bagaimana..?
    terimakasih

  • artikel y jadi ilmu buat saya sang seorang teknisi listrik bandung
    terima kasih banyak atas tulisan nya

  • adhey:

    Kok listrik prabayar boros banget?? Apa sie penyebabnya

  • Qaz:

    Kok tetangga sy pasang listrik prabayar pulsanya nggak pernah berkurang padahal pemakaian tiap hari, itu kenapa, apa ada sambungan kabel yang bikin pulsa tidak berkurang? Trims

  • Revan:

    Ada masalah dengan kWH meter prabayar (Token/Pulsa) . . . .???
    Hubungi Call Center 123 aja gan, lebih jelas dan aman.

  • Zayn:

    awam mohon petunjuk gan,

    1. tidak mengapakah dengan digabungnya grounding instalasi rumah dengan grounding netral sebelum MPB, maksud saya mungkinkah ada arus yg ikut dari netral dari luar >grounding hingga masuk istalasi rumah dan mempengaruhi peralatan yg masih tersambung dgn kabel grounding? atau bagaimana bila grounding rumah dibuatkan terpisah dengan grounding netral sebelum MPB?

    2. saya ingin membuat grounding dengan memasukkan batang tembaga/besi kedalam sumur pompa air yg masih digunakan, apakah ada pengaruhnya untuk mesin pompa dan instalasi listrik rumah? atau untuk kesehatan karena batang logam tersebut dimasukkan ke sumber air yg masih dikonsumsi?

    terima kasih

  • adul:

    maap pa sekedar impo..ada beberapa kwh mpb yang setelah padam penyulang timbul priksa..itu cara mengatasinya gmana? dan ada juga yang setelah padam pebyulang begitu nyala pulsa abis….

  • radykasaje:

    gan, mhon bantuan cara masukan kode clear temper di mpb glomet gx 669

  • NURJAMAN:

    MIKUM BOS ,,MENGAPA KWH WETER SAYA NYALA KADANG MATI.DI KWH NYA ADA BUNYI TUKTREK MOHON PENJELASAN NYA HATURNUHUN

  • Adisyam:

    Apakah masalah di atas juga terjadi pada listrik yg memakai kWh model lama (pasca bayar)?

  • bambang:

    Gan mau tanya nie.. Knpa yaa meteran token saya lampu indikatornya hidup berwarna kuning.. Dan smua lampu d ruangan saya pada mati sprti tdk ada arus.. Apa pnyebabnya gan.. Trims

  • sandy:

    mas mau nanya tentang instalasi dalam untuk rumah,
    sementara ini instalasi dalam rumah saya semerawut dan masih memakai kabel2 kecil.dari hal tersebut seringkali semua peralatan saya yang menggunakan listrik terkesan cepat panas dan perlu diketahui saya masih pakai pasca bayar MCB,pertanyaannya apakah kabel2 kecil tersebut faktornya?
    dan yang kedua kok tagihan saya selalu lebih besar dengan tagihan listrik teman saya yang sama2 menggunakan daya 900watt dan bahkan dari total lampu dan peralatan yang digunakan diteman saya lebih banyak?
    ketiga,mohon masukannya untuk gambar instalasi dalam rumah dengan tipe 36,luas bangunan 6 x 6 dan kalau bisa tipe dan harga kabel yang bisa saya gunakan.

    TERIMAKASIH

  • sugeng:

    ILR mnta pengetahuwan nya
    krna pengunaan Arus listrik terlalu besar mpb na gk kuat.
    Saya berniat tuk mengganti mpb na yg 10r.
    Tpi setetelah saya buka baut di bok,beberapa putaran alaram berbunyi trus arus listrik mti, keluwar tulisan( priksa). Setelah saya tau listrik mti saayakencang kan kembali baut trsebut.gk jd sya buka.
    Itu msalah na knp kok bisa mti.
    Dn cra memperbaikina gmna.
    Mohon pemberitahuan nya..
    Trimakasih.

  • Aziz:

    Kepada Yth,
    instalasilistrikrumah.com

    Mohon arahannya bagaimana penerapan kabel grounding pada kwh meter prabayar milik PLN (Merek HEXING type: HXE116-KP), pada kwh meter tersebut “(Merek HEXING type: HXE116-KP)” sudah terdapat lubang atau soket untuk memasukkan kabel grounding (posisinya di tengah antara kabel keluaran/outgoing Phase dan masukkan/incoming netral). sedangkan pada gambar yang anda berikan tidak terdapat lubang/tempat soket grounding pada kwh meternya.

    Terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Aziz: Kepada Yth, instalasilistrikrumah.com Mohon arahannya bagaimana penerapan kabel grounding pada kwh meter...
  • tarsi: Perlu dikoreksi ulang filosofi burungnya boss,karna burung tetap berdiri 2 kaki di kabel,hanya bagian tubuh...
  • agid ryan: itu masalahnya bukan di stabilizernya itu disebabkan karena adanya voltase turun atau beban turun dari...
  • sugeng: ILR mnta pengetahuwan nya krna pengunaan Arus listrik terlalu besar mpb na gk kuat. Saya berniat tuk...
  • DianSapu: kok sepertinya saya kurang sepaham ya dengan kalimat ini —> “Jadi kesimpulannya, makhluk...