Perhitungan Tarif Listrik Prabayar

Sesuai dengan namanya, listrik prabayar mengharuskan kita membayar terlebih dahulu kWh listrik yang hendak  kita pakai. Caranya adalah dengan membeli pulsa listrik (token) dan mendapatkan kode token 16 digit yang nanti akan dimasukkan ke kWh-meter di rumah.

Bila kode tersebut diterima (accepted) oleh kWh-meter maka nilai kWh akan bertambah. Besarnya penambahan kWh tergantung pada berapa besar uang yang sudah kita bayarkan.

Skema ini mempunyai prinsip dasar, pelanggan yang menentukan berapa banyak kWh yang ingin dibeli.
Jadi sesuai dengan slogannya : “Kendali di tangan anda”. Bisa juga kita katakan bahwa skema ini sama persis dengan pulsa prabayar selular.

Hanya bedanya, kode pulsa prabayar selular dapat berlaku umum untuk semua nomor telepon pada provider yang sama. Sedangkan untuk kode pulsa prabayar listrik atau token hanya berlaku untuk satu kWh-meter saja (Karena itu saat membeli token listrik, nomor ID meter atau ID pelanggan harus disertakan).

Pertanyaan yang sering muncul adalah : bagaimana menghitung berapa kWh yang kita dapat saat membeli pulsa  listrik dengan nilai uang yang dibayarkan?

 

Sebenarnya uang yang kita bayarkan akan terbagi dalam 3 komponen perhitungan yaitu :

1. Biaya Admin Bank

    Besarnya biaya admin bank ini tergantung tempat dimana kita membeli pulsa listrik. Besarnya antara Rp.2000 s/d Rp.3500.

2. PPJ (Pajak Penerangan Jalan)

     PPJ ini ditentukan nilainya dalam prosentase. misalnya 2.4% dari total kWh yang dibayarkan. Besarnya PPJ berbeda di tiap daerah, karena ditentukan oleh pemerintah daerah masing-masing melalui perda yang dibuat.

Contoh :

    PPJ di DKI Jakarta untuk pelanggan rumah tangga adalah 2.4%, sedangkan di Kabupaten Bandung sebesar 6% dan Surabaya adalah 8%. Mengenai PPJ ini akan kami bahas dalam artikel tersendiri.

3. Tarif Listrik per-kWh.

Komponen ini mengacu kepada TDL (Tarif Dasar Listrik) atau TTL (Tarif Tenaga Listrik) yang ditetapkan oleh pemerintah dan berlaku nasional.

 

Ketiga komponen itu jika ditotal akan sama dengan jumlah uang yang kita bayarkan.

**

Baiklah…kita langsung saja ke contoh perhitungannya. (Perhitungan ini sudah diupdate untuk provinsi DKI Jakarta yang menggunakan tarif PPJ sebesar 2.4% dan Tarif Tenaga Listrik adjustment bulan Juni 2015)

Asumsikan  saja :
1. Domisili di DKI Jakarta, maka PPJ : 2.4%
2. Langganan listrik 1300 VA, maka berlaku tariff Rp.1352/kWh.
3. Biaya admin bank sebesar Rp.2000.
4. Beli pulsa listrik sebesar Rp.100,000.
*Catatan : Pembelian diatas Rp.300,000 akan ada biaya materai sebesar Rp.3,000.

Tarif Dasar Listrik mengacu kepada Tarif yang sekarang berlaku.

Tariff-Adjusment-Juni-2015

Tariff-Adjusment-Juni-2015

Maka cara perhitungannya  adalah :

Total kWh = ((Uang yang dibayar – Admin Bank)/(1 + PPJ))/(Tarif per kWh)

Jadi Total kWh = ((100,000 – 2,000)/(1 + 0.024))/(1352) = 70.78 kWh.

**

Bagaimana cara perhitungan ini didapatkan?

1. Rp.100,000 (uang yang kita bayarkan) – Rp.2000 (admin bank) = Rp. 98,000.

2. Nilai Rp.98.000 ini harus meliputi biaya PPJ dan Harga Total kWh.

Kita gunakan persamaan matematika sebagai berikut :

Harga Total kWh + (PPJ x Harga Total kWh) = 98,000 ;

Harga Total kWh = 98,000 / (1 + PPJ)

Dengan PPJ : 2.4% atau 0.024 maka :

Harga Total kWh = 98,000 / (1.024) =  95,703

Jadi kWh yang didapat = 95,703 / 1352 = 70.78 kWh.

Kode token 20 digit yang didapatkan ketika dimasukkan ke kWh-meter akan menambah kWh sebesar 70.78 kWh.

**

Dengan langkah perhitungan yang sama dan harga beli yang sama (Rp.100,000) serta biaya admin bank Rp.2000 maka untuk daya 1300VA :

  1. Domisili Bandung dgn PPJ 6% akan mendapatkan 68.38 kWh.
  2. Domisili Surabaya dgn PPJ 8% akan mendapatkan 67.11 kWh.

**

Cara cepat untuk mengetahui berapa PPJ yang kita bayar adalah :

PPJ (%) = (Biaya PPJ / Harga Total Kwh) x 100%

**

Jika ada kenaikan tariff listrik, untuk pelanggan listrik prabayar bisa dikatakan bahwa kenaikan tarif listrik bukan berarti terjadi kenaikan harga beli, akan tetapi dengan harga beli yang sama jumlah kWh nya berkurang.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Salam,

ILR-Team

****

Artikel Terkait Lainnya :

1. PPJ (Pajak Penerangan Jalan)

2. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah 

3. Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

4. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

29 Responses to Perhitungan Tarif Listrik Prabayar

  • haduh Sayang ini penghitungan nya apakah berlaku untuk tarif sekarang ,kan Pulsa Listrik naik jumlah kwh yg di dapt
    pada thn 2013 dan 2014 sekarang beda jauh Pulsa Listrik y sekarang kwh semakin sedikit sekali

  • Revan:

    “Sesuai dengan namanya, listrik prabayar mengharuskan kita membayar terlebih dahulu kWh listrik yang hendak kita pakai. Caranya adalah dengan membeli pulsa listrik (token) dan mendapatkan kode token “16 digit” yang nanti akan dimasukkan ke kWh-meter di rumah”.
    Apa nggak 20 digit gan???

  • muhammad fauzan:

    gan kalau slogan yang cocok untuk kampanye hemat energi listrik disekolah apa? tapi jgan yang pasaran ya ^_^ thanks

  • Aldho:

    “Jika ada kenaikan tariff listrik, untuk pelanggan listrik prabayar bisa dikatakan bahwa kenaikan tarif listrik bukan berarti terjadi kenaikan harga beli, akan tetapi dengan harga beli yang sama jumlah kWh nya berkurang” ????

    Dalam ekonomi, kenaikan harga beli utk jml kWh yg sama = harga beli yg sama utk kWh yg berkurang

    Misal, harga awal Rp.100,-/buah, maka dgn Rp.1000,- dapat 10 buah
    Jika harga naik mjd Rp.200,-/buah, maka dgn Rp.1000,- dapat 5 buah
    Jadi utk mdapat nilai kepuasan mula2 (10 buah) maka uang yg dikeluarkan Rp.2000,-

    Jadi harga naik pasti menurunkan utility konsumen, entah dlm bentuk pengeluaran yg bertambah atau jumlah barang yg berkurang

  • Verdi:

    kalo angsuran ts / bk / bp itu apa ya? tiap bulan komponen itu masuk tagihan, udah cari tau di google tapi ngga jelas, mohon pencerahannya….

    • Ir.Marfil Khuncoro Wahidh. MH. MT.:

      Saudara Verdi Yang Terhormat
      Di Tempat.
      Maksudnya TS / BK / BP Yaitu :
      1. TS Adalah: Tagihan Susulan.
      2. BK Adalah: Biaya Keterlambatan.
      3. BP Adalah: Biaya Penyambungan.
      4. PPJ adalah: Pajak Penerangan Jalan.

      Demikianlah Penjelasan Ini saya Sampaikan semoga saudara dapat mengerti dan mengetahui apa arti dari singkatan Yg saudara tanyakan tersebut.

  • RyaNd:

    Pertanyaan ngikut verdi, tolong bantu ya admin???

    • Ir.Marfil Khuncoro Wahidh. MH. MT.:

      Ir.Marfil Khuncoro Wahidh. MH. MT
      Saudara rYanD Yang Terhormat
      Di Tempat.
      Maksudnya TS / BK / BP Yaitu :
      1. TS Adalah: Tagihan Susulan.
      2. BK Adalah: Biaya Keterlambatan.
      3. BP Adalah: Biaya Penyambungan.
      4. PPJ adalah: Pajak Penerangan Jalan.

      Demikianlah Penjelasan Ini saya Sampaikan semoga saudara dapat mengerti dan mengetahui apa arti dari singkatan Yg saudara tanyakan tersebut.

  • Saya domisili sidoarjo barusan beli token 300 ribu di indomaret Jml Kwh jadi 200.2 sedangkan saldo di meteran 77 ribu sekian pas saya isikan malah cuma 277 ribu, berkurangnya banyak banget ,ini knp ya? Hampir 100 ribu hilang

  • Bima:

    Saya barusan isi di konter pulsa, Rp 50 ribu bayar Rp 51 ribu, kok pulsanya cuma 32,80 KwH yah?. Tukang pulsanya curang atau memang segitu?.

  • sulis:

    mohon pencerahan saya domisili di sidoarjo beberapa kali isi pulsa ke listrik prabayar jadi bingung hari ini saya beli pulsa Rp.150.000,- sebelum saya isikan ke listrik saya catat sisa pulsa sisa Rp.40.590,- setelah saya isikan total pulsa jadi Rp.99.500,- saya merasa kehilangan sebesar Rp.100.000,- tolong ya apa ada yang salah di listrik saya tmksh (listrik saya 1300)

  • Gita:

    Baru aja beli pulsa listrik 100ribu, kok cuma dapat 62 KWH.
    Wah tambah mahal aja semuanya ya.

  • jualan pulsa online, token listrik, voucher game
    24 jam cepat, serba otomatis & tidak perlu registrasi
    Pembayaran lengkap via BCA, Mandiri, BRI & BNI

  • Neo Herwan:

    Baru saja sy isi yg 100.000, dptnya cm 62,48

  • Kalau mau beli token listrik prabayar di web kami ya gan http://pulsalistrik.com :)

  • Wah makasih gan infonya,,saya baru tau itu cara hitung Listrik prabayar,artikel ini sangat rinci sekali.
    blog walking gan di http://ainkmadeingandaria.blogspot.com

  • saya mau tanya pak.Saya menggunakan listrik prabayar.Tiap kali ada pemadaman listrik kemudian setelah listrik hidup kembali maka MCB saya langsung trip/jatuh kecuali peralatan elektronik dilepas dulu baru MCB bisa di hidupkan.Kalau boleh saya minta no hp bapak.Sekian terimakasih.

    • Ir.Marfil Khuncoro Wahidh. MH. MT.:

      Itu Penyebabnya Tingkat pemakaian saudara melebihi kapasitas daya meteran saudara

      Demikianlah Penjelasan Ini saya Sampaikan semoga saudara dapat mengerti dan mengetahui apa arti dari singkatan Yg saudara tanyakan tersebut.

  • fajar:

    Saya mau tanya :
    Kenapa saya beli pulsa listrik Rp.200.000 tgl 5 April 2015 di Indomaret tertera dapat nya hanya 135,7 KWH
    Daya di rumah saya 1300 VA dgn golongan R1
    Domisili di Kwarasan Sleman Yogyakarta
    Perhitungan memakai rumus yg di berikan kok tidak sesuai …
    MOhon Penjelasan nya ….

    • Karena Mas Fajar lupa memperhitungkan biaya admin bank nya. Sebelum membeli pulsa listrik tanyakan ke penjual berapa admin bank. Jika bisa mintalah pada penjual Admin yang 1600 (admin paling kecil) agar Mas Fajar dapat kWh paling maksimal.

      Jika masih bingung ada panduan di google searching saja: Cara Test Kemurnian kWh PLN

  • Siti:

    dear all…
    setau saya. semua daya listrik tergantung dr brp kilometer yg kita gunakan. apakah 900kwh. 1300kwh. atau 4200kwh.
    semakin besar isi kwh semakin kecil pulsa yg kita dpt saat membeli pulsa token.
    contoh.
    kwh 900 . isi pulsa 100rb. isi token 120.
    kwh 1300. isi pulsa 100rb. isi tojen 92.
    kwh 4200, isi pulsa 100rb, isi token 72.
    dan memang dr bulan oktpber 2013 pemerintah menaikan tarif dasar listrik secara berkala, tanpa pemberitahuan resmi di tv.
    hanya utk tarif dasar listrik 2014 memang adadi berita di tv.

  • anya:

    saya tinggal/kost di denpasar. masing2 kamar kost sdh ada meteran sendiri2, jadinya kita harus beli pulsa prabayar sendiri2 pula. versi bapak kost sih dayanya 900 volt. pada sat saya beli pulsa 100ribu, pulsa awal 12.86 kemudian berubah menjadi 69.15. jadi ada penambahan 56.29 ( saya asumsikan 56.29 kwh ). kalo dihitung2 dengan penambahan kwh tsb kok sepertinya saya masuk golongan 2200 ya?

  • Atul DMGKBR:

    saya tinggal di Jakarta, baru saja saya isi pulsa listrik senilai 100rb di KWH nya cm ke isi 69.70. Pake rumus yg di atas koq gak cocok ya atau mungkin PPJ jakarta bukan 3% lagi. Mohon pencerahan nya

    • ILR:

      Bro Atul,
      Sudah berubah menjadi 2.4%. dan perhitungan diatas sudah diupdate.
      Tapi hasilnya adalah 70.78. Apakah besar admin bank lebih dari 2000 rupiah?

  • Kpda yth PT PLN tolng jelaskan yg sedetil”nya.saya isi pulsa sebesar 200000.tapi kenapa nominal angkanya gak sama ya dengan jumlah yg saya beli thanks.

  • Saya masih sangat bingung dengan perhitungan tarif listrik via token.saya memake daya 2200kwh.kalau saya isi pulsa 200000ribu rupiah.berapa angka yg ada di meteran ya.tolong beri penjelasan yg sedetil”nya thanks

  • Pak, bisa tolong di clearkan tentang pengetahuan yang pernah saya dapat? Bahwa tarif listrik untuk B1 lebih murah dari B1? Saya pernah baca artikel tentang hal tersebut.
    website,
    https://adatutor.wordpress.com/2015/01/30/cara-migrasi-tarif-pln-dari-r1-ke-b1/
    https://adatutor.wordpress.com/2015/01/30/analisa-kenapa-tarif-r1-lebih-mahal-dari-tarif-b1/

    Terimakasih untuk pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • andry: jasa pemasangan instalasi listrik bergaransi melayani : 1.instalasi listrik rumah / gedung 2.anti petir...
  • andry: pin bb 7daf4723
  • Agust: Saya mau tawarkasn alat penghemat daya “ENTER INDFONESIA” keterangannya bisa dilihat di...
  • Kadek Ariasa: Yang saya pertanyakan, kenapa ground di gabung dengan netral, apakah fungsi groun tersebut tidak akan...
  • andry: info penting khusus area pekanbaru / riau jasa pemasangan : 1.instalasi listrik 2.panel 2 listrik 3.anti petir...