Tanya-Jawab#5 – MCB Sering Trip

Pertanyaan :

Listrik di rumah 900 watt. Sebelumnya mcb pln tidak trip ketika TV, magic com, pompa air dan komputer dipakai bersamaan. Itu berlangsung selama 3 tahun rumah ditempati. Tapi sekarang hanya menghidupkan komputer selama 10-20 menit MCB jadi trip, sedangkan menyalakan elektronik selain komputer MCB tidak trip. Penasaran dengan keadaan ini, saya beberapa kali menyalakan di rumah tetangga ternyata komputer normal-normal saja, bahkan di pos satpam komplek yang berdaya 450watt pun normal. Tolong beri solusinya ada apa sebenarnya dengan listrik yang di rumah?

 

- Asep -

 

Jawab :

 

Pak Asep,

 

Meminjam istilah yang sering digunakan, kemungkinan besar MCB-nya sudah “lemah” sehingga mudah trip walaupun beban listriknya tidak terlalu besar.

Coba amati, apakah dengan menyalakan TV, magic com dan pompa air (tanpa komputer) MCB-nya tetap trip? Atau jika dicoba dengan peralatan listrik lain yang tidak terlalu besar juga mudah trip?

Jika memang mudah trip, kemungkinan memang MCB-nya sudah “lemah”. Bisa lapor PLN untuk diperiksa, karena kWh-meter adalah otoritas PLN untuk membukanya.

 

Cara lainnya, coba nyalakan komputer tersebut pada stop kontak yang berbeda-beda di rumah, apakah hasilnya tetap trip? Jika tidak, kemungkinan ada masalah di salah satu jalur instalasi listrik rumah. Bisa lakukan pemeriksaan dengan bantuan instalatir yang kompeten.

 

Semoga penjelasan ini membantu Pak Asep dan bermanfaat juga bagi permasalahan yang serupa.

 

Salam hormat,

ILR-Team

Follow : @listrikrumah

 

***

 

Baca juga artikel terkait :

MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik

MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik (2)

Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

 

Ingin respon lebih cepat untuk pertanyaan anda? Klik disini

One Response to Tanya-Jawab#5 – MCB Sering Trip

  • A.Riadi:

    Dear ILR-Team

    Saya mau tanya..rumah saya menggunakan listirk kapasitas 1500 watt,tetapi listrik di rumah sya sering sekali tegangannya turun apalagi sudah masuk pukul 17 s/d 00 bahkan lampu saja seperti mau mati redup sekali..
    kemudian saya pasang stabilize atau stavolt merk HAEGA HG1600/10000.
    Setelah pemasanagn selesai, saya hanya bisa merasa puas selama 4 bulan saja dimana arus listrik rumah saya normal setelah 4 bulan mulai sering turun naik lagi..apakah stavolt saya rusak atau ada masalah lain.
    Mohon sekali bantuannya ILR-Team.

    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • Indra Jaya Kusuma: Belum ada perubahan apa-apa, bahkan lebih parah. Saat ini tagihan perbulan mencapai 750 rb....
  • Andry: info pentingkhusus area pekanbaru / riaujasa pemasangan :1.instalasi listrik2.panel 2 listrik3.anti...
  • agus sulaiman: Trimakasih sharingnya boss Kalo agan agan lagi nyari-nyari kabel lokal maupun impor bisa hubungi saya...
  • sasmito: min gimana cara mengukur isolasi?saya pakek alat ukur megger kyoritsu3132A.TERIMA KASIH
  • Fadrin: Mohon bantuannya pak, saya ada kendala dgn mesin cuci dgn daya 3 phase. Pada awalnya mesin tersebut berjalan...