Tanya-Jawab#8 – Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter

Pertanyaan :

 

Salam,

Saya mau bertanya, saat saya panggil petugas PLN karena ada masalah listrik di rumah saya yang putus aliran. Ketika petugas tiba, dilihatnya KWH Meter langsung divonis bahwa ada kebocoran daya di instalasi rumah saya. Dijelaskan bahwa terlihat dari lampu kuning indikator yang ada di kWh-meter menyala. kWh-meter saya adalah Smart Meter SMI-200S. Solusi sementara adalah kabel grounding di kWh-meter dilepas sehingga lampu kuning indikator mati.

Pertanyaan saya adalah :

  1. Apa yg dimaksud kebocoran daya?
  2. Apa Solusi sesungguhnya untuk mengatasi hal tersebut?

Sebagai catatan bahwa di rumah saya tidah ditemukan instalasi grounding, dan kabel grounding (hijau kuning) digabung dengan kabel netral dari jaringan.

Mohon advis lainnya mengenai instalasi listrik rumah saya.

 

Terimakasih dan wassalam

-Yazid Fachri-

 

Respon :

 

Yazid,

Kami kutipkan tanya jawab antara Pelanggan (P) dan pihak Smart Meter Indonesia (SMI) yang berhubungan dengan pertanyaan anda (sumber disini) :

 

Tanya-Jawab#1 :

P : Kalo di Smart meter type SMI 200 S kan ada 3 lampu led yg berwarna Hijau, Kuning & Merah. Apa fungsi dari masing-masing lampu tersebut? Tolong penjelasannya.

SMI : Led hijau : sebagai indikator power
Led kuning : sebagai indikasi kesalahan
Led merah : sebagai impuls pemakaian (semakin besar pemakain maka semakin cepat kedipannya)

P : Untuk Led Hijau & Merah saya cukup paham.
Tapi untuk Led Kuning diindikasikan sebagai indikator kesalahan. Secara detail kesalahan apa saja yg di deteksi oleh Led Kuning. Saya sangat butuh informasinya.

SMI : Biasanya kesalahan terjadi pada kabel instalasi yaitu adanya pengkoneksian antara kabel grounding dan netral, karena SMI-200S adalah meter dengan fitur dual sensing maka grounding harus diletakkan pada terminal grounding yang tersedia di kWh meter atau disatukan dengan incoming netral dari tiang.

P: Apabila led indikator menyala terus pada Kwh meter, apa akan mengakibatkan fungsi kwh meter tidak maksimal ataukah berefek lain? Misal mudah error/cepat rusak pada kwh meter.

SMI : Tidak, karena secara sistem LED indikator (kuning) yang menyala adalah fitur proteksi yang memang sengaja di tanamkan & tidak akan mempengaruhi kerja & live time kWh meter. Tetapi jika LED indikator (kuning) menyala sebaiknya cek instalasi karena kemungkinan ada kesalahan pada instalasi tersebut dan segera perbaiki.

 

Tanya-Jawab#2 :

P : Saya kebetulan petugas lapangan untuk pemasangan SMI-200S. Yang jadi masalah adalah lampu indikator kuning tetap menyala, padahal untuk grounding sama neutral sudah dipisah. Bagaimana solusinya?

SMI : Ada kemungkinan terjadi koneksi netral & ground pada alat2 elektronik. Coba bapak hidupkan smua alat elektronik dikonsumen kemudian di matikan satu persatu. Jika pada saat alat elektronik dimatikan & LED Indikator padam maka alat elektronik tersebut penyebabnya. Namun jika tidak ditemukan juga mungkin masih ada koneksi pada instalasi. Biasanya jika diukur dengan tang amper pada sisi phasa & netral terdapat perbedaan nilai arus.

 

Tanya-Jawab#3 :

P : Saya pelanggan PLN pascabayar yang meterannya menggunakan type SMI200S. Yang ingin saya tanyakan adalah lampu indikator warna kuningnya menyala terus, solusinya bagaimana yah?
Dari penjelasan yang saya baca hanya menjelaskan ada kesalahan teknis, tapi solusi utk pelanggan bagaimana? harus lapor kemana? dan penanganannya seperti apa??

SMI : Solusinya coba bapak periksa instalasi di rumah bapak apakah di sana terdapat penggabungan antara kabel Netral & Grounding? Jika ada silahkan bapak lepaskan penggabungan tersebut. Karena untuk meter type SMI-200S penggabungan Netral & Grounding hanya boleh dilakukan di satu titik dan itu sudah disediakan tempat khusus di kaki terminal ke 4 pada kWh meter tersebut. Jika masih kurang jelas mungkin bapak bisa menghubungi call center PLN di 123 atau petugas dinas gangguan PLN terdekat di wilayah tempat tinggal bapak. Demikian Pak, semoga bermanfaat.

 

Tambahan ILR :

Gambar referensi untuk skema pengkawatan pada meter tipe SMI-200S adalah

 

Gambar Pengkabelan kWh-Meter tipe SMI-200S

Gambar wiring/pengkabelan kWh-Meter tipe SMI-200S

 

 

Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk Yazid dan teman-teman lain yang mempunyai pertanyaan serupa.

 

Salam hormat,

ILR-Team

Follow : @listrikrumah

***

Baca juga artikel terkait :

Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

 

Ingin respon lebih cepat untuk pertanyaan anda? Klik disini

13 Responses to Tanya-Jawab#8 – Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter

  • lindy:

    Hallo,

    saya mau tanya, apakah bisa meminta org PLN utk mengecek KWH / meteran listrik rumah kita yg selama ini saya takutkan ada kebocoran listrik, dgn kata lain listrik kita ditebengi oleh listrik org lain.

    terima kasih,

    lindy

  • Rudi Ismanto:

    saya mau nanya nih…!!! baru2 ini saya mendapat penggantian kwh meter smi-200s, di bawah lampu merah yg kedap-kedip itu kan ada tulisan 3200 imp/KWh…kan itu menunjukkan untuk mencapai 1 kwh dibutuhkan kedipan sebanyak 3200 kali…trus dlm periode kedipan tertentu ada ada bunyi “krek”,dan bergeserlah 1 gigi di angka dlm 1/10 (paling kanan dlm meteran)…yg valid ada berapa kali kedipan lampu merah untk tiap bunyi “krek”…??? masalahnya…ketika saya masih menggunakan meteran digital yg lama…kwh meter selama th 2014 paling tinggi per bln adlh 104 kwh…sedangkan sekarang mencapai 145 kwh…

    • memang demikian bro….dan pakai smart meter siap siap aja bayar yg namanya daya liar/harmonisa yg kita gak tau harus bayar….karena smart meter smi-200 ini bisa hitung arus liar/kotoran arus listrik tsb….yg nota bene dari jaringan PLN???…..pelanggan siap bayar mahal sepertisaya juga…waktu pakai meter lama..bayar 800ribu daya 2200watt,sekarang bayar 1,3 juta?????
      adrian 081513018683

  • cecep saepudin:

    saya sangat kecewa dengan pelayanan pegawai PLN. indikator kuning selalu menyala

  • cecep saepudin:

    pada istalansi input ke dalam rumah setelah di potong tetap lampu indikator kuning selalu menyala.NCB dimatikan nomber meteran jalan.pembayaran mencapai 200rb – 400 rb laporan ke pegawaiyan pln sudah di rujuk .pengeluaran pembayaran tidak sesuai dengan pemakayan .mohon dari pihak PLN bandung cikutra dimengerti dan memahami dengan salah nya pemasangan kabel gardu ke meteran untuk tidak teledor dalam segi pemasangan nya..

  • muhammad zulfikar:

    meteran saya ace2000 type 351 kenapa lampu oranye menyala yg disampung lampu hijau?

  • Andrie:

    kalau lampunya gak ada yang nyala gimana??? atau led nya gak nyala??? lapornya kemana???

  • Ahmad Maulana:

    knp saklar lampu d matikan tetap hidup,penyebabnya apa y..

  • khoiril:

    mas
    tadi saya baru saja menggantikan NCB.tapi di amper timbul tertulis PERIKSA
    jadi saya minte kode clear city mas

  • apa betul meteran smi200 menghitung daya/arus harmonisa???kalau begitu kan merugikan pelanggan..karena arus listrik dari PLN kotor tidak di filter/dibersihkan???dahulu sebelum kepelanggannya…seperti diphilipina sebelum ke pelanggan difilter dhlu…pak

  • sharif:

    meteran dirumah saya seperti normal, tapi lampu tdk mau menyala. Pulsa juga masih banyak. Apa solusinya pak?

  • w.s.pandega:

    coba bapak cek saklar lampunya, mungkin sudah rusak.

  • Indra Jaya Kusuma:

    Sejak KWH Meter diganti menggunakan SMI 200S, tagihan listrik membengkak. Kedipan led indikator nya sangat cepat sekali. Daya yg digunakan 1300, tapi tiap bulan jumlah KWH selalu diatas 420 dan pembayaran selalu 600 lebih. Padahal perangkat elektronik standart rumah tangga kecil, sudah pernah dicoba menghemat untuk mematikan/ tdk menggunakan perangkat elektronik tertentu yg dianggap ber Watt besar, tapi tetap saja pembayaran segitu-gitu juga. Bahkan petugas pencatat meteran suka tidak datang, anehnya jumlah KWH tetap sama.

    Apakah bisa diganti dengan KWH Meter model lama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • andry: jasa pemasangan instalasi listrik bergaransi melayani : 1.instalasi listrik rumah / gedung 2.anti petir...
  • andry: pin bb 7daf4723
  • Agust: Saya mau tawarkasn alat penghemat daya “ENTER INDFONESIA” keterangannya bisa dilihat di...
  • Kadek Ariasa: Yang saya pertanyakan, kenapa ground di gabung dengan netral, apakah fungsi groun tersebut tidak akan...
  • andry: info penting khusus area pekanbaru / riau jasa pemasangan : 1.instalasi listrik 2.panel 2 listrik 3.anti petir...