Gangguan Penyaluran Tenaga Listrik Di Bogor Dan Sekitarnya

Pada hari Rabu 9 Oktober 2013 jam 20.49 WIB telah terjadia gangguan pada trafo interbus / Interbus Transformer (IBT) 1 dan2 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong. Gangguan ini memicu padamnya Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Gunung Salak dan Pusat Listrik Tenaga Uap(PLTU) Palabuhan Ratu di Jawa Barat. Beberapa daerah seperti sebagian Bogor, Cibinong, Cileungsi, Sukabumi, Depok dan sebagian Jakarta Timur tadi malam mengalami pemadaman. Pada jam 21.23 WIB trafo IBT 1 dan tiga unit PLTP Gunung Salak menyala dan normal kembali sehingga pemadaman di sebagian wilayah tersebut kembali normal. Sebagian pelanggan hanya mengalami padam sekitar 30 menit.

Namun karena trafo IBT 2 masih mengalami gangguan dan juga beberapa unit PLTP Gunung Salak dan PLTU Palabuhan Ratu masih terganggu maka pasokan ke pelanggan tidak cukup sehingga sebagian pelanggan terpaksa masih mengalami pemadaman tadi malam.

PLN mohon maaf atas terjadinya pemadaman dan kekurangnyamanan ini.

Hasil penelusuran awal dilapangan yang dilakukan oleh petugas PLN, indikasi penyebab gangguan adalah terbakarnya bushing primer & sekunder pada trafo IBT 2 GITET Cibinong. Trafo IBT 2 Cibinong perlu diganti karena kerusakan yang cukup parah. Sementara PLTU Palabuhan Ratu juga perlu diperbaiki selama beberapa hari.

PLN berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya pemadaman di sisi pelanggan umum dengan meminta para pelanggan industri dan bisnis besar yang memiliki pembangkit sendiri untuk sementara mengoperasikan pembangkitnya sendiri.

Disamping itu, PLN juga mohon partisipasi pelanggan yang sedang tidak mengalami pemadaman listrik untuk mengurangi pemakaian listrik khususnya yang tidak diperlukan. Partisipasi pelanggan ini sangat signifikan untuk meminimalisir terjadinya pemadaman.

Dalam wartanya, PLN akan memberikan informasi bila ada perkembangan selanjutnya.

sumber : Warta PLN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • pire resi: Dear Pak, Saya mau tanya, apa pengaruhnya jika beban 1 phasa, menggunakan perangkat MCB 3phasa dengan...
  • sasliadi: Ass, say ingin bertanya bang, lampu di rumah saya mati, padahal sudah di isis token, solusinua gi mna ya...
  • Nabil: Maksud dari pertanyaan sy apakah groding aliran terpisah yg di bumikan? Apa keuntungan dan kerugian bilah tdk...
  • Nabil: Untuk pln banyak yg tdk mewajibkan pasang gronding,klau tdk salah gronding itu aliran terpisah untuk safety,...
  • Anjas: Grounding ditempat saya mendapati 02.6 ohm. Apakah memenuhi Standar Persyaratan Umum Kelistrikan Indonesia?