Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

Setelah beberapa artikel di instalasilistrikrumah.com yang dirilis sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian dasar dan faktor keselamatan dari alat-alat listrik yang sering kita pakai di rumah, untuk selanjutnya kami coba mengetengahkan tema artikel yang membahas mengenai jenis-jenis perlengkapan yang dipasang dalam instalasi listrik rumah. Memang sih ini seperti kembali ke awal, tetapi kami tentunya tetap berpegang pada komitmen “memudahkan masyarakat yang awam mengenai listrik untuk lebih familiar dengan peralatan listrik yang ditemui sehari-hari”. Dari hal-hal dasar inilah tentunya akan lebih mudah untuk membahas lebih detail aspek-aspek lain dari peralatan-peralatan itu. Dan juga setidaknya bila kenal mudah-mudahan akan lebih mudah kalau suatu saat terjadi masalah di rumah, kita sebagai pelanggan listrik bisa menginformasikan masalahnya dengan jelas baik ke pihak PLN atau instalatir listrik sehingga proses penyelesaiannya dapat lebih cepat.

Andaikata ada masalah listrik di rumah yang kita laporkan ke bagian pelayanan gangguan PLN dan petugas tersebut mencoba menanyakan apakah ada bagian peralatan yang “trip” atau “turun”, pastilah jawaban “tidak tahu” atau “enggak ngerti” akan bisa dihindari. Memang sih bila pelanggan yang nggak mengerti sama sekali tentu sangat dimaklumi (namanya juga customer yang tinggal pakai dan bayar, wajar dong…), apalagi dengan pertanyaan teknis seperti itu. Tapi perlu juga dimaklumi bila ada petugas PLN sedikit menanyakan hal teknis, karena sangat memudahkan untuk memperkirakan kira-kira dimana akar masalahnya dan waktunya tentu lebih cepat. (Untuk petugas yang sudah berpengalaman mungkin nggak perlu tanya lagi karena biasanya mereka sudah bisa memperkirakan asal muasal penyebabnya). Semoga anda tidak sering-sering mengalami yah…

Baiklah, paragraf diatas hanya sekedar gambaran situasi. Nah, sekarang kita coba bahas satu persatu peralatan instalasi listrik yang utama dan umum terpasang di perumahan.

1.  Bargainser (“Meteran Listrik”)

 

Bargainser tipe Analog

Bargainser yang dipasang di Instalasi Listrik Rumah

 

Alat ini terpasang di tiap rumah yang berlangganan listrik PLN. Bagian ini adalah batas antara PLN dan pelanggan. Lepas dari ini adalah tanggung jawab pelanggan. Bargainser adalah masih tanggung jawab PLN. Jadi alat ini milik PLN dan disegel oleh PLN. Hanya petugas resmi dari PLN yang berhak membuka bargainser ini. Saat membuka biasanya segel dirusak dan kemudian dipasang segel baru sesudah ditutup kembali. Karena itu bila terjadi masalah dengan bagian ini, segera panggil petugas PLN.

Posisi pemasangan di bagian depan dari rumah untuk memudahkan pencatatan pemakaian listrik oleh petugas PLN. Terdapat juga informasi mengenai ID pelanggan (No. kontrak pelanggan) di bargainser ini.

Bila ada rumah yang menggunakan listrik tetapi tidak ada bargainser terpasang, bisa jadi rumah tersebut menggunakan pembangkit listrik sendiri (genset), disuplai dari rumah lainnya atau pemakaian illegal (kami yakin kesadaran masyarakat kita sudah sangat bagus untuk selalu menggunakan pemakaian legal).

Fungsi-fungsi dari bargainser adalah :

a. Pembatas daya yang digunakan oleh pelanggan (sesuai dengan kontrak pemasangan)
b. Mencatat daya yang dipakai oleh konsumen. Karena itu ada yang menyebutnya “kWh Meter” atau “Meteran Listrik” (kWh : kilowatt hour)
c. Saklar utama pemutus aliran listrik bila terjadi kelebihan pemakaian daya oleh pelanggan, adanya gangguan hubung singkat dalam instalasi listrik rumah pelanggan atau sengaja dimatikan untuk keperluan perbaikan instalasi listrik rumah.

Dalam bargainser ini terdapat komponen utama yaitu circuit breaker (MCB : Miniature Circuit Breaker), spin control dan meter listrik.

a. Circuit Breaker (MCB)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, MCB inilah komponen yang bertugas memutus aliran listrik bila terjadi pemakaian daya yang berlebihan oleh konsumen atau bila terjadi gangguan hubung singkat dari suatu peralatan listrik di rumah. Pun saat melakukan perbaikan instalasi listrik rumah, komponen ini sebaiknya dimatikan.

b. Meter Listrik (kWh Meter)

Sebagai penunjuk besarnya daya listrik yang telah digunakan pelanggan. Satuannya dalam kWh (kilowatt hour). Indikatornya terlihat dari angka-angka yang tercatat. Petugas pencatat PLN yang rutin berkunjung tiap bulan selalu mencatat angka-angka ini.

c. Spin Control

Merupakan sebuah komponen yang bekerja dengan berputar bila terjadi pemakaian daya listrik. Semakin besar daya yang dipakai maka perputaran akan semakin cepat. Besarnya daya pemakaian akan dicatat oleh “meter listrik” dan bila kelebihan akan dibatasi oleh MCB.

Bargainser tipe digital

Bargainser tipe digital yang dipasang di instalasi listrik rumah

Saat ini ada 2 macam bargainser, yaitu analog dan digital. Model analog masih sangat umum dipakai di perumahan, sedangkan model digital biasanya  lebih digunakan untuk pelanggan PLN pra-bayar (dikenal dengan system pulsa). Untuk system ini, pelanggan hanya perlu membayar terlebih dahulu sejumlah uang kepada PLN (bisa melalui ATM dengan memasukkan kode pelanggan yang diperlukan) dan kemudian mendapatkan kode semacam voucher untuk dimasukkan dalam bargainser tersebut. Persis seperti membeli pulsa pra-bayar.

Termasuk dalam alat ini adalah sambungan kabel pentanahan (“Arde” atau “Grounding”). Mengenai pentanahan akan dibahas dalam bagian terakhir.

2.  Pengaman Listrik (“Sekering” atau “Panel Hubung Bagi”)

Bagian ini lebih dikenal orang dengan nama “Sekering”. Asalnya dari bahasa Belanda “Zekering”. Dalam bahasa Inggris biasa disebut “Fuse”.

Fungsi utamanya adalah mengamankan instalasi bila terjadi masalah seperti hubung singkat di peralatan listrik dengan cara memutus arus listriknya.

Dalam bagian pengaman listrik ini, instalasi listrik rumah dibagi dalam kelompok atau grup (kadang disebut juga dengan istilah Panel Hubung Bagi). Tujuan paling utama adalahtentu saja faktor keamanan. Apabila ada masalah pada suatu peralatan listrik, misal hubung singkat, maka tidak keseluruhan aliran listrik ke rumah akan terputus. Dan akan lebih mudah mencari bagian dari instalasi listrik tersebut yang bermasalah. Syaratnya tentu saja pemilik rumah harus tahu pembagian grup ini.

Pembagian grup dalam suatu instalasi listrik rumah, dalam hal ini adalah yang paling umum, biasanya per area, misalnya :

a. Antara bagian depan dan bagian belakang rumah.
b. Antara sayap kiri atau sayap kanan rumah.
c. Untuk rumah 2 lantai, bisa dibagi per lantai
d. Antara berbagai macam beban listrik, seperti pompa air, lampu, stop kontak, AC dan lain-lain.

Perlu dicatat bahwa semakin banyak pembagian grup tentunya berimbas pada biaya pemasangan instalasi listrik. Dihitung dari jumlah pengaman dan kabel yang terpasang serta jasa pemasangan instalasi listriknya.  Tapi juga faktor keamanan dan kemudahan mencari sumber permasalahan instalasi listrik akan turut berpengaruh.

Eh..kalo memang namanya sekering atau “fuse”, kok bentuknya sekarang ini adalah MCB ya? Apa bedanya sih?

Baiklah teman, memang sih ada 2 jenis pengaman listrik :

a. Pengaman lebur (“Sekering” atau” Fuse”)

Box Sekering

Box tipe pengaman lebur (Sekering)

 

Merupakan komponen pengaman listrik yang sifat kerjanya meleburkan kawat yang dipasang didalam komponen tersebut apabila kawat tersebut dilewati dengan arus hubung singkat tertentu. Jenis kawatnya berbeda-beda untuk tiap hantar kawat dengan arus nominal tertentu, misal 2A (Ampere), 4A, 6A dst.

Ada dua jenis dari komponen ini, yaitu tipe kawat lebur dan tipe tombol. Untuk tipe kawat lebur mempunyai prinsip kerja seperti penjelasan di atas dan untuk menormalkan kembali perlu diganti dengan pengaman lebur yang baru. Sedangkan untuk tipe tombol (seperti gambar diatas), bila terjadi masalah hubung singkat maka arus listrik akan terputus dan untuk menormalkan kembali cukup dengan menekan tombol yang besar tersebut. Tombol kecil berfungsi untuk memutus aliran listrik.

Komponen pengaman tipe lebur ini mulai jarang digunakan karena ada kerepotan tersendiri bila putus karena terjadi masalah. Apalagi bila persediaan sekering di rumah tidak ada. Tetapi secara jujur perlu diakui bahwa komponen ini akan bekerja sempurna memutus listrik bila terjadi masalah, asal saja komponen ini original kawatnya tanpa kita rubah sendiri. Berbeda dengan tipe berikut yaitu MCB yang mempunyai fungsi sebagai pemutus arus lsitrik bila kelebihan beban atau terjadi hubung singkat, pengaman lebur hanya berfungsi bila terjadi hubung singkat saja.

b. Pengaman thermal (“MCB” atau “Circuit Breaker”)

Box pengaman tipe MCB

Pengaman tipe MCB

 

Merupakan komponen listrik yang bekerja dengan system thermal atau panas. Didalamnya terdapat bimetal, dimana bila arus listrik yang mengalir melebihi ukuran tertentu (karena kelebihan beban atau terjadi hubung singkat) dari MCB ini, maka bimetal ini secara mekanis akan memutus aliran listrik dan menggerakkan tuas ke posisi “OFF”. Untuk menormalkan kembali sangat mudah, hanya dengan mengembalikan tuas ke posisi “ON”.

Jenis ini lebih banyak digunakan di instalasi listrik rumah. Hanya saja komponen ini punya kelemahan, yaitu bila secara mekanis ada masalah maka MCB ini tidak akan bekerja. Karena itulah perlu memilih MCB dengan kualitas baik dan bukan melulu yang paling murah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, mulai dari bagian Pengaman listrik inilah menjadi tanggung jawab pelanggan. Bagian ini sangat “customized”, sesuai dengan permintaan pelanggan dan dipasang oleh instalatir listrik bersamaan dengan bagian instalasi listrik lainnya. Bila terjadi masalah pada bagian ini, pelanggan bisa menghubungi instalatir listrik tersebut atau petugas PLN pun masih bisa membantu bila kondisi darurat seperti malam hari.

Dalam beberapa proyek pemasangan instalasi listrik rumah, instalatir listrik kadangkala membuat terminal kabel pentanahan atau arde tersambung dalam box pengaman ini. Sehingga kabel pentanahan dari bargainser PLN akan dihubungkan di terminal ini.

Tema “Mengenal Peralatan Listrik Rumah” ini sebenarnya cukup panjang pembahasannya. Untuk menghindari informasi yang overload bagi pembaca, maka artikelnya kami bagi dalam 3 bagian. Dan jangan khawatir, bagian berikutnya, “Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah (2)“, sudah siap untuk dibaca. Semoga bagian ini mendatangkan manfaat bagi anda.

ILR-Team

 

Artikel Terkait Lainnya :

1. Listrik, tak kenal maka tak hati-hati…

2. Listrik, tak kenal maka tak hati-hati..(2)

3. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah (2)

4. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah (3)

5. Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

6. Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

7.MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik

8. MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik (2)

9. Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

191 Responses to Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

  • ardi:

    misi pak,,
    boleh minta gambar intalasi rumah dari gardu tegangan rendah yang menuju rumah,kwh meter,mcb sampai intalasi akhir rumah. mohon di krim ya pak
    terimakasih sebelumnya..

  • irpan:

    salam pak,

    bolehkah kami diberikan gambaran tentang peralatan apa yang dibutuhkan untuk memasang instalasi listrik untuk industri perbengkelan dengan memanfaatkan sumber listrik dari turbin yang digerakkan dengan tenaga mikrohidro berkapasitas 15 kw. atas informasinya sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

    • ILR:

      Salam Pak Irpan,

      Mohon maaf, perlu konfirmasi lagi, pertanyaan yang dimaksud adalah peralatan / tools untuk memasang instalasi listrik atau komponen2 instalasi listrik untuk mensuplai daya listrik ke industrinya?
      Nggak apa2..kita sambil diskusi aja..

      Salam,

  • irpan:

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas balasan emailnya.
    yang ingin saya tanyakan Komponen2 apa saja yang dibutuhkan pak (mulai dari kwh jenis apa sampai kabel jenis apa dan kebuutuhan lainnya)
    untuk menyuplai daya listrik ke rumah industri (bengkel pertukangan kayu) dengan memanfaatkan sumber listrik dari pltmh berkapasitas 15 kw.

    • ILR:

      Pak Irfan,

      Menjawab pertanyaannya mengenai komponen yang dibutuhkan :
      1. Kabel listrik
      Kebutuhan kabel tergantung dari jarak antara gardu PLTMH dengan bengkel, dan tegangan listrik yang dipakai (380V phase to phase atau nilai yang lain).
      Berdasarkan hal tersebut, ukuran kabel dapat dihitung dengan rumus :
      Vd = Sqrt(3) * I * L * (R cos Ø * X sin Ø)/(10000*Vs)
      Dimana :
      Vd(%) : Calculated voltage drop (%) by the selected cable size
      l (m) : Actual cable length (m) of load
      Vs (kV) : System (bus) voltage (kV)
      r (ohm/km) : Resistance (ohm/km) of the selected cable size (bisa didapat dari database cable)
      x (ohm/km) : Reactance (ohm/km) of the selected cable size (bisa didapat dari database cable)
      cos Ø : Power factor of static load at full load
      sin Ø : Reactance factor of static load at full load.
      Untuk kabel utama, Tegangan jatuhnya adalah max 3%.

      Kabel yang bapak pakai min mempunyai isolasi PVC jika instalasinya tidak bawah tanah.

      2. Panel
      Panel Distribution board untuk menyalurkan daya dari kabel utama ke cabng-cabang lainnya, lengkap dengan busbar, MCCB cabang ke motor, MCB untuk pencabangan ke stop kontak atau ke sistem penerangan.
      Untuk kWHnya, bapak bisa pakai type digital atau analog, digital lebih baik, karena bisa melihat arus perphase-nya, cos phi, tegangan Vpp (phase to phase) dan Vpn (phase to netral).
      Untuk proteksi circuit utama, digunakan MCCB sesuai dengan rating arus.

      Rumus menghitung arus 3 Phase =
      In=kW/(√3×Vpp×Cos ∅ )

      Semoga penjelasannya bisa membantu..
      **Note : di beberapa respon pada artikel lain mengenai perhitungan kabel, digunakan formula perhitungan yang berbeda dengan yang diatas. Ada koreksi dari pembaca agar menggunakan formula standard seperti diatas.

      Salam,

  • ardi:

    misi lagi pak,, :)
    mau nanya beberapa hal,,
    1. apakah pola pemasangan antara aliran dari kWH meter antara sekring dan MCB itu berbeda caranya atau bagaimana?
    2. mau nanya bagaimana cara pemasangan dari sekring atau MCB menuju beban lampu, sakelar dan stop kontak,,

    terimakasih lagi pak.

    • IRL:

      Mas Ardi

      berikut responnya :
      1. Caranya hampir sama, yaitu kabelnya dipasang pada masing2 terminal, baik sekring atau MCB.
      2. Kabel yang masuk ke MCB adalah kabel phase (biasanya warna hitam), dari MCB box akan keluar 3 kabel : phase (hitam), biru (netral) dan grounding (kuning-biru). Untuk yang ke stop kontak, menggunakan 3 kabel tsb. Untuk yang ke lampu biasanya hanya menggunakan kabel phase dan netral, dimana kabel phase akan melewati sakelar sebelum ke lampu.

      Kami punya gambarnya, jika mau bisa kirim permintaan di halaman “contact us”.
      Semoga bermanfaat.

      Salam, ILR Team

  • Anggiat:

    Malam Pak,

    Mohon diemail ke saya juga Pak gambar intalasi rumah dari gardu tegangan rendah yang menuju rumah,kwh meter(MPB),MCB sampai intalasi akhir rumah. Terimakasih

    Salam,
    Anggiat

    • IRL:

      Pak Anggiat

      Maaf baru merespon
      Kami punya gambarnya, jika mau bisa kirim permintaan di halaman “contact us”.
      Semoga bermanfaat.

      Salam, ILR Team

  • Rahmad:

    slmt siang pak…
    mohon bantuannnya , dirumah sy br di psg instalasi listrik paket digital/sistem pulsa kapasitas 900W dengan hanya di pasing instalasi lampu di 3 titik, waktu di pasang saya minta diganti tdk pakai pengaman sekering melainkan pakai MCB ( 2 pcs ; satu utk rangkaian bagian rmh di lt.1 dan satu utk lt.2). saya ingin menambahrangkai instalasi utk lampu, dll. oya pak utk MCB Lt1; br di pakai utk instalasi 3 titik tsb sedangkan utk MCB ke dua (u/ Lt.2) blm di pakai utk intalasi Lt.2.
    Mohon bantuannya, bagaimana utk memasang instalasi listrik selanjutnya. tks
    mohon di e-mail ke saya.

  • arhiev:

    pak saya mw tanya…
    saya pernah menemukan kabel pada fitting lampu kedua-duanya fasa,tetapi lampu tetap hidup.
    bukannya seharusnya harus ada netral salah satu pada kabel tersebut…?
    dan saya coba mematikan sakelarnya, namun tetap ada fasa pada fitting lampu tersebut..
    bukannya seharusnya apabila sakelar off maka tidak ada aliran fasa lagi pada fitting lampu tersebut…??
    mohon pencerahannya serta solusinya…
    terimakasih sebelumnya…

    • IRL:

      Bro Arhiev,

      Betul, salah satunya harus netral dan jalur yang lewat saklar adalah kabel phase.
      Agar kalo saklar dimatikan, lampu harus mati.

      Solusinya : cari tau sumber kabelnya dan pastikan kabel netral terhubung ke kabel netral dan kabel phase ke kabel phase.
      Pertanyaannya : bagaimana anda mengetahui bahwa kedua kabelnya adalah phase? menggunakan test-pen atau ditelusuri kabelnya?

      Salam, ILR Team

  • FEBRIYANTO:

    salam kenal
    bisa minta kirimkan gambar susunan kabel yg ada di kwh, trus ke mcb dalam trus ke dalam rumah, makasih sebelumnya. termasuk gambar alur kabel arde saya tidak paham.

    dan tolong kirimkan gambar instalasi penerangan pada rumah bertingkat , yang menggunakan panel – panel .
    panel induk , dan panel – panel pengaman . dan apa masih menggunakan MCB ?
    tolong di kirimkan gambar instalasi listrik nya , secepatnya ya . di tunggu . terimakasih .

    • IRL:

      Pak Febriyanto

      Maaf baru merespon
      Kami punya gambarnya, jika mau bisa kirim permintaan di halaman “contact us”.
      Semoga bermanfaat.

      Salam, ILR Team

  • iyan:

    misi pak,
    dirumah sy dipasang instalasi dengan kapasitas 900 w tpie kok sering njeglek, pdhal dirumah hanya ada kulkas dan tv satu trus lampu hnya 5 buah.
    kira penyebab.nya apa ya??? mohon pencerahan.ny, trima kasih..

  • ade sudrajad:

    NICE WEB….. info sangat membantu
    gan saya mohon info ya
    di rumah saya pake listrik pasca bayar, meteran barusan ganti yg model baru,
    na disitu kan ada 3 lampu (hijau,kuning,merah kelapkelip)
    sy mau nanya klo lampu yg ditengah (warna kuning ada tulisan indikator) itu menyala terus tandanya apa ya?
    apa perlu diperbaiki, soalna tetangga disini banyak yg ga nyala lampu kuningnya
    kata teman klo prabayar kuning nyala itu biasanya pulsa listrik masih banyak
    tapi punya saya kan pascabayar

    trims ya ….

    • IRL:

      Bro Ade…

      Terima kasih banyak atas pujiannya.
      Maaf baru respon. Apakah sudah solve pertanyaannya?
      Kalau belum, bisa diinfokan merk meter listriknya.

      Salam, ILR Team

  • andreas:

    Pak ILR, mohon sy dikirimi diagram kabel dr Pln – meteran – distribution box termasuk grounding spt yg diminta teman-teman sebelumnya. Juga mohon pencerahan, kabel dr PLN ke meteran kan 2 kabel, fasa dan netral. Yg masuk ke MCB meteran harusnya yg fasa atau yg netral. Di rumah sy walau mcb diOFF, stecker masih bisa jalan lwt grounding. Bahaya jg, apa yg hrs sy lakukan? Terima kasih.

    • IRL:

      Pak Andreas

      Maaf baru merespon
      Kami punya gambarnya, jika mau bisa kirim permintaan di halaman “contact us”.
      Semoga bermanfaat.

      Salam, ILR Team

  • jm:

    salam kenal mas, sangat sangat bermanfaat tulisannya.
    mas mau minta tolong boleh dong ya, saya mau bangun kontrakan dengan ukuran 3,5 x 8 m, dengan ukuran utk terus 1 x 3,5 m, untuk ruang tamu 2,5 x 3,5 m, untuk kamar tidur 3 x 3 m, kamar mandi 1,5 x 1,5 m dan sisanya untuk dapur. tolong dong kira2 titik2 dari lampur dan sakelarnya ditarok dimana ya ?.
    terima kasih atas bantuannya.

    • IRL:

      Salam kenal juga mas JM…
      Maaf responnya sangat terlambat.

      Masing2 ruangan itu satu titik lampu dan satu saklar. Hanya untuk teras, saklarnya bisa diposisikan berdampingan dengan saklar di ruang tamu.
      Untuk kamar tidur, dapur dan kamar mandi, biasanya posisi saklar dekat dengan pintu. Tingginya 1.5m dari atas lantai.

      Semoga informasi ini masih membantu.

      Salam, ILR Team

  • myndot:

    sy tinggal di perumahan,
    satu atap ada 4rumah,
    ditengah-tengah rumah2 tersebut ada panel box dengan sekring tombol,
    sekring tersebut juga ada 4,
    dan 1 saklar/switch ON/OFF,
    jika saklar tersebut di ON/OFF, berpengaruh ke 4 rumah,
    sedangkan 4sekring tersebut untuk masing-masing rumah.
    tapi di tiap rumah juga ada MCB terpasang,
    MCB utama dan MCB pembagi.
    sebenarnya fungsi atau beda sekring dan MCB dalam hal ini apa pak?
    bisakah salah-satunya dihilangkan?? (MCB atau Sekring)
    thanks

    • IRL:

      Myndot,

      Fungsi sekring dan MCB itu ada kesamaan, yaitu kalau terjadi korsleting listrik akan trip. Jadi sebagai pengaman. Bedanya adalah : sekring hanya berfungsi pada saat korsleting, sedangkan MCB punya 2 fungsi yaitu beban lebih dan korsleting.

      Sistem pengaman listrik di rumah bapak cukup berlapis dengan model pemasangan seperti ini. 1 Saklar ON/OFF berfungsi untuk ON/OFF aliran listrik ke seluruh rumah. dan sekring berfungsi sebagai pengaman dari masing2 aliran listrik ke 4 rumah.
      Dan pada ujung beban, yaitu masuk ke rumah terpasang MCB utama dan MCB pembagi. Mungkin design awalnya akan dipasang kWh-meter pada masing2 rumah. Kembali ke pertanyaan, bila salah satu dihilangkan? jangan. Karena sekring mengamankan jalur kabel listrik sampai MCB Utama. MCB Utama mengamankan instalasi di keseluruhan rumah. dan MCB pembagi mengamankan masing2 areanya. Model sistem pengaman berlapis ini lebih aman. Jika salah satu gagal bekerja saat terjadi korsleting di areanya, maka masih ada pengaman di atasnya.

      Semoga informasinya clear buat bapak.

      Salam, ILR Team

  • santiva:

    Boleh ga mcb didalam rumah diganti 10amv sedangkan diluar hanya 450Amv

  • james aditya:

    Selamat Pagi Pak,

    mau tanya, apakah ada peraturan teknis dari PLN mengenai dimana saja yang diperbolehkan untuk posisi penempatan Kwh meter ini di rumah tinggal? dan apa nama peraturannya? bisa saya dapatkan dimana?

    Terima kasih

  • mubarok:

    salam kenal pak,,
    minta dikirimin juga gambar intalasi rumah dari gardu tegangan rendah yang menuju rumah,kwh meter,mcb sampai intalasi akhir rumah. termasuk saluran groundingnya, saya kurang faham.
    tolong dikirim via email ya pak
    terimakasih

  • densy:

    Mau tanya ni fungsi dari lampu indikator warna kuning dari meteran listrik, berfungsi utk apa! Thanks

  • Mangadar:

    Berapa biayanya menaikkan daya dari 4A ke 10A ya? tahun lalu aku dengar informasinya, biayanya gratis. tahun 2012 udah jadi 1 juta. apa benar ndak ya…, takutnya petugas PLNnya yang nakal dan duitnya masuk dompet pribadi, klo buat income negara sih tak apa apa.

  • okta:

    pak saya mau minta pin bb nya dunk apa what app nya buat chat masalah instalasi listrik

  • kristijanto:

    Selamat siang,

    Saya mau menanyakan tentang rangkaian / sirkuit untuk instalasi listrik rumah dengan daya PLN 4400 VA yang di padukan dengan daya listrik dari Generetor Set (sebagai cadangan apabila listrik PLN OFF).
    Bagaimana posisi Switch nya dan dengan daya Gen Set sekitar 2000VA, berapa ukuran kabel yang diperlukan untuk kedua sumber daya tersebut.
    Terima kasih.

    Salam,
    Kristijanto.

  • anto:

    Saya mau menanyakan tentang rangkaian / sirkuit untuk instalasi listrik kantor Dimana yang terpasang sekarang adalah dengan daya PLN 4400 VA dan 7700 VA (1 PHASE) yang di padukan dengan daya listrik dari Generetor Set (sebagai cadangan apabila listrik PLN OFF).
    Bagaimana Diagram rangkaiannya , posisi Switch nya dan dengan daya Gen Set sekitar 7000VA, berapa ukuran kabel yang diperlukan untuk kedua sumber daya tersebut.
    Terima kasih.

    Salam

  • reoandriansyah:

    mau tanya?
    1.di perumahan saya listriknya sk naik turun..bnyak peralatan elektronik tetangga yg rusak,jetpump,ac,tv,ac,dll..apakah bs minta ganti ke PLN.
    2.akibat arus naik turun,kwh saya rusak,trus sy panggil PLN.katanya hrs di ganti?yg mau saya tanyakan apakah gnti kwh yg rusak kena biaya?
    Sy kaget tadi,biaya gnti kwh rusak hmpir 3,5jtan..mohon bantuannya.

  • deby bintara:

    maaf pak mau nanya bagaimana cara memasang mcb otomatis yang katanya sangat sensitif kalau nyetrum sedikit sudah mati sendiri/off,trima kasih

  • agung:

    mau tanya pak perbedaan MCB sama SEKRING itu apa yaa pak….

    makai.

  • kalau bisa setiap comentar atau wacana yang dibahas ada baiknya langsung dijawab atau dibahas agar setiap masalah langsung ada jawabannya ….Terimakasih banyak.(karna saya seorang pemula di dunia kelistrikan)makasi banyak ya

  • tony:

    pak,mau nanya kok lampu rumah saya bs berkedip sendiri sedangkan sakralnya posisi off.terima kasih

  • Ridwan:

    mau tanya : kenapa aliran listrik dirumah masih ada walaupun MCB pada KWH sudah dimatikan,anehnya jika MCB on saya check dengan testpen pasti yg nyala kabel positif jika MCB off malah yg nyala kabel yg negatif tetapi jika kita pegang kondisi kita tidak kena lantai tidak nyetrum tp kl salah satu badan kita menyentuh lantai atau tembok malah nyetrum,mhn penjelasannya soalnya khawatir jika sewaktu-waktu kita akan membetulkan instalasi listrik

  • arief:

    aslm…pagi pak..
    saya ingin bertanya bagaimana cara menentukan atau menghitung pemakaian listrik (daya nya) apakah saya perlu melakukan permintaan naik daya atau tidak…terima kasih sebelumnya

  • tony:

    Salam kenal pak,

    mau tanya listrik rumah saya 900 W, kemaren sempat ganti sekring dan saya liat 10 A. Apakah itu nda terlalu besar ? tapi saya coba yang 6A tidak bisa. Mohon penjelasan pak. terima kasih

    • ucon:

      Pak Tony, untuk MCB 10 A digunakan untuk 2200. Dan 900 watt itu harusnya menggunakan 4 A. Jadi, dapat ditarik kesimpulan kalo listrik bapak sudah 2200.

      Satu lagi, bapak mencoba sekring 6A maksudnya tidak bisa itu apa ya? apakah bapak memasang sekring sendiri?

  • wahyu:

    Dear ILR,
    Malam ini saya dan istri mengalami masalah dengan listrik, listrik dirumah kami mati tiba2, kami sudah panggil orang PLN mereka cek dan perkirakan permasalahannya diinstalasi listrik rumah, mohon saran apa kami harus bongkar semua instalasi rumah kami?

  • Mau tanya dong Pak;
    Di rumah pake daya 900 watt, tp kenapa saat hanya pake AC yg 290 watt sama kulkas 300 watt, listrik sering jeglek?? yg langsung jeglek bukan mcb yg di dalam rumah tapi langsung yg di kilometernya?? MCB yg di dalam rumah ada 2, yg satu 4 Ampere, dan satunya lg 2 Ampere. AC dan kulkas ini ada di jalur MCB yg 4 Ampere.Mohon tanggapannya. Trims..

  • Rohman:

    salam kenal,mau tanya pak,,pernah sebanyak 2 kali dalam rentang waktu yang berbeda ,ketika hujan dan banyak petir,aliran listrik di rumah mendadak mati,,dan bukan akibat sekering yang di KWH meter atau yang di MCB putus,,dan harus memanggil teknisi dari PLN,,menurut orang PLN ini bilangnya sambungan kabel dari tiang listrik yang ke rumah yang letaknya di luar di atas genteng mengalami dissconnect akibat tersambar petir ,menurut orang PLN ini solusi nya harus pasang instalasi penangkal petir,pertanyaannya apa benar demikian ,karena rumah lain di sekitar saya aman-aman saja,dan juga akse sambungan nya juga bukan titik yang paling tinggi di antara yang lain ?, lalu apakah fungsi arde (kabel pembumian) tidak berfungsi sebagai penangkal petir juga ?. Demikian mohon pencerahan dan sarannya,mudah2an sharing bapak menjadikan sebagai amal ibadah bagi bapak ,terimakasih. Rohman di Bogor (kalo bisa mohon kirim kan ke email saja pak jawababnnya).

  • desi:

    mau tanya ya pak tapi tolong dijawab seperti artikel.. perbedaan box phb 1 fasa 1 group dg 2 groip dan 3 groip itu apa?

  • debby:

    Mas.mau minta bantuannya …sy brpindah rumah,meterannya yg jenis baru(bkn pake pulsa) , tp ada 3 warna lampu indikator…apa aja arti lampu tersebut ya mas..?

  • solihin:

    assalamualaikum,
    p sya mau tnya kenpa ya listrik di rumah sya pas di pasang sikring arusnya mati di sikring tersebut dan tidak nyala kejadianya karna lampu di kamar meledak dan pas di perbaiki mcb rusak setalah mcb di ganti lampu tetap tidak menyala sebab pas sikring di pasang arus listrik menghilang ap yg harus di lakukan sya mhon jwbnnya pa makasi

  • ADIT:

    Salam kenal pak
    Mau tanya nih..
    untuk mengitung bahan dalam rancangan istalasi listrik biasanya apa-apa saja yang perlu di hitung selain kabel dan pipa pak??
    Mohon jawabannya

  • abyan:

    gan saya mau tanya nih, saya baru pindah rumah, setelah 3 bln ni saya baru sadar bahwa jumlah credit di lcd meteran nya tidak berkurang, padahal pemakaian saya lumayan banyak, tapi kok piringannya juga tetep jalan ya, apakah itu artinya listrik dirumah saya di loss atau bagaimana ya, mohon solusinya gan

  • selamat yakub:

    Pak Saya ingin bertanya mengenai:
    1-tolong beri gambaran sistem kerja KWH Meter Digital dan Analog
    2-Saya ingin memasang ELCB yang ukuran Sensitivity di bawah 30mA tetapi tidak ada
    karena Saya pernah baca kalau di atas 30 mA itu dapat mencederai orang (orang bisa mati)
    3-Tolong berikan gambar sistem Instalasi Rumah Tangga yang bagus

    Terimakasih banyak bantuannya
    salam
    Selamat yakub

  • utomo:

    Pak,apakah punya referensi2 gambar rangkaian panelbox PHB untuk laboratorium komputer. kalau ada mohon dikirim via email: utomo.wicaksono@ymail.com. mohon bantuanya. terima kasih

  • tri:

    misi pak,,
    boleh minta gambar intalasi rumah dari gardu tegangan rendah yang menuju rumah,kwh meter,mcb sampai intalasi akhir rumah. mohon di krim ya pak
    terimakasih sebelumnya..

  • riza:

    Assalamuálaykum.
    Pak, fungsi Arde / Ground, pada MCB itu utk apa ya?
    di rumah yg saya tempati, arde nya tidak dipasang, tapi listrik tetap mengalir. pengaruhnya apa ya dipasang atau tidak? terima kasih banyak Pak sebelumnya.

  • Mas Gondhes:

    Mohon pencerahannya
    Pak, kenapa ya lampu di rumah saya berkedip (hampir semua) saat saklar dimatikan, lampu yang saya pakai adalah philips tornado,
    terima kasih atas pencerahannya.

  • .salam sukses.
    setelah mendapat jawaban beberapa bulan lalu yang cukup jelas tentang Sekring dan MCB,
    kembali ada sedikit pertanyaan yg timbul skrang Pak.
    diakatakan :
    * Sekring fungsinya untuk arus pendek
    * MCB fungsinya untuk arus pendek dan overload.
    misal :
    Daya MCB Stop kontak (10A = 2200VA)
    Daya MCB Lampu (10A = 220VA)
    nah, pemilihan Daya Sekring yang bagusnya bgmn Pak?
    * Sekring kapasitas di bawahnya MCB (6A)
    * Sekring kapasitas sama dengan MCB (10A)
    * Sekring kapasitas di atasnya MCB (16A)
    Menurut pemahaman saya, lebih aman Sekring diabwahnya MCB (6A) dengan alasan jika terladi arus singkat, instalasi listrik langsung “putus” karena batasan Sekringnya kecil. Apa pemahaman ini sudah tepat, mohon penjelasannya.
    Terimakasih.

    • ILR:

      myndot :
      yang dimaksud adalah :
      *Sekering adalah pengaman lebur. jika terjadi hubung singkat maka sekering putus dan harus diganti. Sekering 6A, 10A, atau 16A akan berbeda di materialnya.
      *Jadi pilih sekering yang sama kapasitasnya dengan MCB.

  • slamet riyadi:

    mcb pusat d matikan dan mcb rmh d matikan tetapi meteran berjalan biar lambat, udh d laporkan k 123 dan d cek. ktanya d ganti meteran. udh d tggu tindak lanjutnya selama 5 bln jalan. tpi blom ada realisasi. tolong d bantu… trims.

  • donny himawan:

    tanya.. ?

    berapa biaya tarif bulanan untuk listrik sebesar 6600 dan 7700 ?

    mohon pencerahan nya ya pak..

    terima kasih…

  • tegar:

    rumah saya pake listrik pasca bayar, meteran barusan ganti yg model baru,
    na disitu kan ada 3 lampu (hijau,kuning,merah kelapkelip)
    sy mau nanya klo lampu yg ditengah (warna kuning ada tulisan indikator) itu menyala terus tandanya apa ya?
    apa perlu diperbaiki, soalna tetangga disini banyak yg ga nyala lampu kuningnya??
    makasih sblmnya

  • Rudy Yusuf:

    Sharing yang sangat bermanfaat. Apa yang Anda lakukan pasti menjadi pahala di hadapan Allah Yang Maha Kuasa. Amin

  • Lebih banyak pilihan di lokasi terbaik:

    I love the precious information people present on the content. We’ll search for your blog post in addition to examine just as before in this article often. I will be alternatively ‘ will be taught numerous brand-new information listed here! Enjoy for an additional!

  • suharyono:

    mau nanya pak kalau kapasitas listrik 450 volt kan seharusnya memakai sekring 2A , apabila d pasang dengan sekring 10A atau 12A dengan kata lain memasang sekring lebih besar dr pd kapasitas mcb adakah bahayanya tuk instalasi maupun elektronik?…..penjelasannya..

  • Bambang Sutarto:

    Selamat sukses slalu, salam kenal,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • pire resi: Dear Pak, Saya mau tanya, apa pengaruhnya jika beban 1 phasa, menggunakan perangkat MCB 3phasa dengan...
  • sasliadi: Ass, say ingin bertanya bang, lampu di rumah saya mati, padahal sudah di isis token, solusinua gi mna ya...
  • Nabil: Maksud dari pertanyaan sy apakah groding aliran terpisah yg di bumikan? Apa keuntungan dan kerugian bilah tdk...
  • Nabil: Untuk pln banyak yg tdk mewajibkan pasang gronding,klau tdk salah gronding itu aliran terpisah untuk safety,...
  • Anjas: Grounding ditempat saya mendapati 02.6 ohm. Apakah memenuhi Standar Persyaratan Umum Kelistrikan Indonesia?