Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

Bargainser tipe digital

Bargainser tipe digital yang dipasang di instalasi listrik rumah

Sejak artikel “Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah” dirilis, ternyata banyak pertanyaan yang muncul mengenai sambungan grounding pada kWh-meter. Hal pang paling sering ditanyakan berkisar seputar Meter PraBayar (MPB) atau Listrik PraBayar (LPB).

Dari survey kecil yang dilakukan, setidaknya ada dua hal besar yang sering ditanyakan :

1. Apakah kabel grounding perlu disambung pada meter prabayar atau tidak? Bagaimana seharusnya sambungan kabel atau pengawatan pada meter prabayar dan juga pada MCB Box.
2. Meter prabayar mengalami masalah dengan munculnya gambar “TANGAN” dan tulisan “PERIKSA” pada display-nya. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Jika anda pernah mengalami hal ini dan belum tahu penyebabnya, atau sedang mempertimbangkan untuk melakukan migrasi ke meter prabayar, kami berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan mencerahkan.

Jadi sobat ILR…silahkan dilanjut..

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Stroom Listrik Prabayar yang mengijinkan untuk mengutip sebagian materinya sebagai bahan tulisan ini. Juga untuk diskusinya yang sangat mencerahkan yang sangat membantu kami melakukan analisa dengan lebih baik.

Karakteristik Meter Prabayar

Disini kita tidak membicarakan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan LPB dibanding dengan Listrik PascaBayar secara umum. Tunggu kesempatan berikutnya ya…

MPB mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan kWh-meter model lama. Selain menggunakan teknologi digital (yang model lama berteknologi analog dan piringan berputar), dengan aplikasi mikroprosessor, MPB ini juga dilengkapi Contact Relay di dalam meter yang berfungsi memutuskan arus listrik. Jadi bisa saja listrik di rumah padam karena sesuatu masalah, tetapi MCB tidak trip.

Selain itu, MPB juga melakukan pengukuran pemakaian daya listrik dengan sensor arus listrik pada sisi kabel phase dan netral-nya. Arus phase yang masuk ke instalasi rumah harus sama dengan arus netral yang keluar. Jika terjadi perbedaan atau jika hanya salah satu penghantar saja (netral atau phase) yang mengalirkan arus listrik, maka MPB akan memunculkan alarm.

Seringkali munculnya alarm ini adalah karena cara pengawatan atau penyambungan kabel netral dan grounding pada MPB dan MCB Box yang tidak sesuai. Penyambungannya harus pada titik yang benar. Jika tidak, sangat besar kemungkinan terjadi aliran arus pada kabel netral yang melewati MPB bahkan disaat pelanggan tidak menggunakan energi listrik sama sekali di rumahnya. Akibatnya sensor arus netral akan mendeteksi seolah-olah ada pemakaian dan tentunya bisa merugikan konsumen.

Bila kasus ini terjadi, MPB akan memunculkan tulisan “PERIKSA” dan gambar “TANGAN”. Artinya ada masalah dengan grounding dan netral-nya pada sistem instalasi listrik di rumah tersebut.

Pertanyaannya : Kok bisa ya ada arus netral mengalir walaupun tidak ada pemakaian listrik sama-sekali?

Nah..kita simak penjelasan yang agak teoritis ini :

Sistem tegangan 3 phase dan 1 phase

Penjelasan sistem 3 phase dan 1 phase

PLN mempunyai Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 380V yang disuplai oleh Trafo Distribusi 20kV/380V dengan sistem listrik 3 phase, yang menyebarkan daya listrik ke perumahan. Sisi tegangan rendah trafo (380V) yang menyuplai ke perumahan mempunyai sistem 3 phase yang terhubung bintang ( Y-connection) dengan titik netral yang di-ground-kan ke tanah. Bila beban listrik pada sistem 3 phase tadi seimbang maka titik netral ini mempunyai nilai nol Ampere.

Tetapi jika system 3 phase PLN itu (yang menyuplai ke perumahan) mengalami ketidakseimbangan beban listrik, maka akan ada arus listrik melewati penghantar netral (nilainya tidak 0 Ampere lagi). Arus netral inilah yang mengalir ke perumahan, kearah MPB dan melewati grounding dari instalasi listrik rumah untuk kembali lagi ke grounding titik netral di trafo distribusi tadi (arus listrik selalu membentuk loop tertutup).

Kalau masih dirasa njlimet, coba simak lagi penjelasan singkatnya :

Pada intinya, bila terjadi ketidakseimbangan beban listrik pada trafo distribusi yang menyuplai listrik ke rumah kita, maka akan terjadi arus netral yang masuk ke sistem instalasi rumah, walaupun tidak ada sama sekali pemakaian energi listrik di rumah itu. Arus netral tadi sebenarnya ingin mengalir menuju tanah melewati jalur grounding instalasi listrik rumah untuk kembali lagi ke titik netral di trafo distribusi tadi (sehingga membentuk loop).

Nah…kondisi ini yang harus dicermati agar arus netral yang menyelinap itu tidak sampai melewati MPB.

Jika masih bingung, harap terima aja dulu yah…atau silahkan baca dalam artikel selanjutnya yang lebih detail (“Sistem Listrik 3-Phase).

Jadi..Bagaimana menghindari hal ini?

Yah…setidaknya kita harus memahami cara pegawatan MPB yang benar dan di MCB Box. Mari…silahkan lanjut terus….

Pengawatan Meter Prabayar.

Pengawatan MPB yang benar harus seperti gambar dibawah ini. Warna hitam adalah penghantar phase, warna biru adalah penghantar netral dan warna hijau adalah penghantar grounding.

Meter Prabayar-1

Pengawatan MPB dengan Titik Ground pada MCB Box

Kabel Netral dan kabel grounding harus disambung di titik sebelum MPB dan harus terpisah total setelah MPB. Sedangkan posisi grounding rod-nya sendiri (yang tertanam di tanah) bisa berada lebih dekat ke MPB atau MCB Box.

Sisi sebelah kiri (P-N, dengan N ditanahkan) adalah bagian dari Trafo Distribusi PLN yang netral-nya ditanahkan. Sedangkan yang paling kanan adalah stop kontak.

Meter PraBayar-2

Pengawatan MPB dengan Titik Ground di kWh-Meter

Seperti penjelasan sebelumnya, saat terjadi ketidakseimbangan beban pada trafo distribusi, akan ada arus netral yang mengalir kearah MPB. Walaupun saat itu tidak ada pemakaian energi listrik di rumah (MCB “OFF”). Dengan pengawatan yang seperti ini, maka arus netral penyelinap tadi bisa dialirkan ke grounding tanpa melewati MPB (lihat gambar dibawah ini) :

Arus Netral pada MPB-1

Arus Netral ke kWh-Meter Saat Terjadi Beban 3 Phase Tidak Seimbang

 

Arus Netral pada MPB-2

Arus Netral ke kWh-Meter Saat Terjadi Beban 3 Phase Tidak Seimbang

 

Munculnya Tanda “PERIKSA”

Bila ada sambungan antara kabel grounding dan netral pada titik setelah MPB, seperti pada pengawatan seperti di bawah ini, maka arus netral penyelinap tadi bisa mengalir melewati MPB. Walaupun konsumen sama sekali tidak menggunakan energi listrik dan juga posisi MCB “OFF”. Arus netral penyelinap seperti ini akan mengakibatkan sensor arus netral MPB mengukur seolah-olah ada pemakaian dan bisa merugikan konsumen. Karena itu di MPB akan muncul tulisan “PERIKSA” dan gambar “TANGAN”.

Kabel netral dan ground disambung kembali pada MCB Box, akibatnya ada sebagian arus netral yang mengalir melewati MPB.

Arus Netral Melewati MPB-1

Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di MCB Box

Sedangkan pada gambar berikut ini, kabel ground dan netral disambung pada titik setelah MPB. Akibatnya arus netral yang tidak diinginkan tadi bisa melewati MPB.

Arus Netral Melewati MPB-2

Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di MCB Box

 

Untuk kasus lain lagi, ground dan netral dihubungkan di MPB tapi pada titik keluar terminal netral. Sehingga arus netral penyelinap tersebut masih melewati sensor MPB.

Arus Netral Melewati MPB-3

Arus Netral Dari Beban 3 Phase Tidak Seimbang Melewati MPB Karena Ground-Netral Tersambung di Titik Keluar Netral MPB

 

Mengatasi Tanda “PERIKSA”

1. Bila tulisan “PERIKSA” tadi masih berkedip-kedip, maka masih ada ground yang terhubung ke netral (masih belum murni terpisah). Bisa diperiksa pada MPB atau MCB Box.
2. Jika pengawatan MPB sudah sesuai dengan petunjuk pada gambar diatas, tetapi masih muncul tulisan “PERIKSA”, maka kemungkinan ada terjadi hubungan ground dan netral pada alat listrik atau beban listrik, misal : komputer, AC atau TV. Salah satu caranya : coba lakukan pemutusan satu persatu alat listrik atau beban listrik tadi, apakah tulisan “PERIKSA” tadi tidak berkedip-kedip atau hilang (sudah clear). Jika ada ditemukan hal seperti itu, kemungkinan alat listrik tadi mengalami masalah dan harus diperiksa.
3. Jika tidak ada peralatan listrik yang bermasalah, kemungkinan berikutnya adalah pada sistem instalasi listriknya. Hal yang paling mudah dilakukan adalah memeriksa sambungan pada stop kontak. Bila merasa kesulitan atau khawatir kesetrum, lebih baik memanggil instalatir listrik yang kompeten.
4. Jika tulisan “PERIKSA” tadi sudah tidak berkedip lagi, artinya ground dan netral sudah “bersih”. Kita bisa menghubungi PLN untuk meminta clear tamper token agar bisa mereset tulisan tadi.

Pertanyaan Lainnya

Banyak juga yang meminta gambar detail koneksi kabel pada MCB Box. Karena memang instalasi listrik setelah MPB adalah tanggung jawab pelanggan (tentunya pemasangan dilakukan oleh instalatir listrik yang kompeten dan bersertifikasi). Sedangkan pemasangan MPB atau kWh-meter adalah tanggung jawab PLN. Pelanggan tinggal terima beres saja.

Gambarnya adalah seperti ini (dengan skema titik grounding ada di MCB Box ini, bukan di MPB) :

Pengawatan Kabel di MCB Box

Pengawatan Kabel Phase-Netral-Ground di MCB Box dengan 2 MCB

 

Jadi terminal Netral dan Grounding (PE) tidak digabung lagi di MCB Box ini.

Bagi yang ingin tahu macam-macam sistem pentanahan pada instalasi listrik dan sistem mana yang diaplikasikan pada perumahan, bisa lihat nanti pada artikel lain yang juga akan rilis berikutnya (“Sistem Pentanahan pada Instalasi Listrik Rumah”).

Baiklah sobat ILR…semoga bermanfaat bagi anda semua.

Silahkan jika ada koreksi agar lebih sempurna lagi isi artikel ini.

ILR-Team

Artikel Terkait Lainnya :

1. Listrik, tak kenal maka tak hati-hati…

2. Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah

3. Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

4. Arde atau Grounding untuk Instalasi Listrik Rumah

5. MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik

6. Percikan Api di kWh Meter Instalasi Listrik Rumah 

7. Sistem Listrik 3-Phase

8. Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?

9. Banjir….Waspadai Instalasi Listrik bila Rumah Tergenang

10. Kenaikan Tarif Listrik per 3 bulan tahun 2013

 

 

Bergabung dalam Komunitas ILR :

1. Forum InstalasiListrikRumah.com

2. Grup Diskusi & Berbagi InstalasiListrikRumah.com di Facebook

3. FanPage InstalasiListrikRumah.com

 

 

 

306 Responses to Pengawatan Meter Prabayar dan Munculnya Tulisan “PERIKSA”

  • endang:

    pada meteran saya lampu layarnya menyala terus.tlng sms ke nmr saya 02199642720

  • tri:

    mau tanya, saya beli pulsa listrik prabayar Rp. 100rb dengan jumlah KWH 115.40 tapi setelah dimasukkan ke meteran kok yang muncuk hanya 56.80 KWH. trus gimana kok bisa begitu. mohon penjelasannya. trima kasih

    • rach89:

      coba cek ke custemer service unit pelayanan jaringan UPJ/APJ pln, takutnya anda punya tunggakan listrik… hal itu sering terjadi jika pelanggan mempunyai tunggakan listrik, secara otomatis tunggakan akan di cicil lewat pembelian token,

  • budi:

    salam,
    kemarin meter listrik saya keluar tulisan periksa, lalu sy lapor k pln. petugas lalu memotong kabel ground-nya. yang saya tanyakan
    - berbahaya tidak listrik tanpa ground, pengaruhnya lainnya apa?
    - apa nomor temper bisa digunakan berulang-ulang?
    terimakasih jwabannya

    • rach89:

      untuk kwh lpb 5 lobang merek itron, hexing th 2010 , 2011 memang tidak mengijinkan adanya ground di dalam instalansi, karena relay mengirim sinyal adanya penyimpangan nilai arus masuk ke mini proccesor, sehingga muncul tulisan periksa, jika hal tersebut kembali terulang 3x setelah ground di putus mintalah KWH untuk di periodik/ di ganti

  • Hasrun L:

    maaf , mohon penjelasan mengapa LPB di rumah saya yg sering mati dan hidup lagi dengan sendirinya diwaktu malam hari , Terimakasih,

    • rach89:

      beban yang anda pakai melebihi dari daya kontrak, sehingga relay memutus tegangan keluar, biasanya setelah 3x mati akan hidup lagi sekitar 30 menit, solusinya tambah daya.

  • tsani al bana:

    gimna cara menghilangkan tulisan PERIKSA dmteran?

  • Yudi Hadiandi:

    Mungkin jika kwh nya sering trip gara2 groundingnya g bener y.
    nah kalo untuk membetulkannya apa instalasi rumahnya harus di rubah atau hanya pemasangan di KWHnya aja pa??

  • dislansyah:

    gimana caranya mengganti mcb yg rusak??? kalau kita buka boknya tuh listrik langsung error dan tidak ada aliran yg masuk mungkin ada kodenya merk kwh nya melcoinda

  • Ichad:

    Peak,tolong Tanya. Listrik dirumah saya barusan menggunakan prabayar. Karena tidak Ada gender, maka saya menyambungkan sendiri gensetnya. Ketika selesai instalasi genset, listrik untuk ke rumah uda nggak ada tegangan, tapinsetelah saya cek, listrik dari pln masih ada. Trus dilayar ada tulisan periksa. Apa harus ada kode khusus untuk masalah ini pak? Terima kasih ..

  • mautanya pa benar pakek meterprabayar instalasinya gak pakek groonding di tanah.mohon penjelasannya.

  • ipung:

    mau tanya gan…
    setiap kali turun daya/mati listrik pasti muncul tulisan PERIKSA dan di kabel netralnya saya cek dengan alat itu mengeluarkan arus yang saya tanyakan bagaimana cara mengatasinya?

  • fahmi:

    gan, mau tanya…saya mengalami hal yang sama, di display materan listrik prabayar saya kluar “Periksa” namun bgtu di telpon petugas PLN saya malah di minta sjumlah biaya untuk mereset box meteran tsb. malah dibilang saya merusak segel mteran, smentara tu ydk terjadi.

    • agus:

      utk pak fahmi ,kendala bpk diminta oleh petugas pln sejumlah biaya itu bisa dilaporkan aja ke cal center 123 tau menggunakan hp.061-123, utk bpk ketahui utk melihat berapa kali dibuka cover mtr listrik ada kodenya dan itu jelas walau pun bpk tdk mengaku di display tertulis jumlah cover dibuka dan jam dibukanya.

    • rach89:

      hati-hati akan calo. jika benar petugas PLN mereka di bekali ID card, liat id cardnya pa,
      bila ada penyimpangan petugas laporkan pada custemer service UPJ/APJ

  • Jhonni purwanto:

    Tanya gan, jika pelanggan Listrik Prabayar tidak beli token lebih dari satu tahun apakah ada sangsi dari PLN ?

    • agus:

      salam kenal pak jhonni purwanto: utk kwh meter prabayar tidak mengisi token listrik selama satu tahun itu tidak ada sangsinya,dimana kwh mtr tersebut sudah memutus sendiri bilamana token listrik di kwh meter bpk sudah habis.bilamana 3 bulan bpk tdk mengisi token listrik petugas pln p2tl akan mengecek kebenaran pada kwh meter bpk pada pengawatannya dan slpnya dan kondisi rumah apa ditepati atau tidak.bilamana bpk ragu dan ingin jelas silahkan bpk contak langsung ke call center pln no.123 dgn telpon rumah atau hp 061-123

  • Iva:

    Bisa eror juga ya meteran listrik prabayar. disini masih pake MCB model lama.

  • RAHMANTO TAQWARIONO:

    tlng di jelaskn kwh meter muncul periksa (padam) setelah di masukan CT 2 muncul error 1 berhenti di error 3…setelah muncul periksa baru dimasukkan CT 3 tapi masih error.

  • Bambang:

    Untuk menghilangkan kata PERIKSA pada Token Listrik harus Menekan code apa bosss, tolong dikasih jawaban thanks You

    • agus:

      untuk pak bambang,kode atau clear tamper itu yang memegang user hanya petugas yang telah ditunjuk oleh direksi pln untuk membuat token clear tampernya utk itu silahkan bapak melaporkan ke kantor pln terdekat atau melalui call center melalui hp.0761123

  • jack:

    untuk netral dan grounding asalkan tidak gabung tidak akan ada masalah

  • Nurman Arif:

    Apa yang harus saya lakukan kalo di KWH Token ada tulisan Periksa?? Sedangkan Saya sudah Laporan Ke PLN dan dikasih Nota Periksa. Kata PLN Nunggu Dari Pusat Untuk Perbaikan. Tapi Sudah 6 Bulan Sampai Sekarang Tidak Ada Realisasi. Saya Tanya Kembali Ke PLN, Jawabannya Saya Harus Baya Kurang-lebih 2.000.000. Tolong Kasih Jawabannya Terimakasih

    • rach89:

      mas lokasinya dimana?
      kalo area jawabarat dan banten telp. 022123
      laporin aja sesuai kronologisnya, jika gangguan disebabkan kerusakan dari material pln itu gratis, gk pake bayar

  • idris:

    minta kode kilo meter yang mengalami periksa

  • mobiandroid:

    Pak gimana cara mengatasi listrik pulsa yang tiba2 mati, sedangkan pulsanya masi ada, ???? mohon sharingannya pak. makasih

  • Alfi:

    meter pulsa/ prabayar dilengkapi dengan sensor pada bagian cover, jadi JANGAN otak atik apapun selain petugas, karena akan mengakibatkan meter ERROR dan hanya petugas yang ditunjuk PLN yang bisa memperbaikinya

  • Ulfi:

    Selamat Malam Bapak ILR,
    Saya sebenarnya pingin mencari tau kasus/permasalahan yg mirip2 dengan saya, eh ternyata komentnya kok banyak (jadi gak sabar) jadi saya langsung bertanya saja ke Bapak.
    Saya kebetulan beli rumah baru yg kondisinya :
    1. Pulsa 100rebu habis 1 minggu
    trus saya komplain ke pln ternyata oleh pln kabel ground nya d putus; kata petugas pln mungkin kabel ini yang menjadi boros, pertanyaan saya pak, apakah kabel ground terputus tidak ada masalah pada aliran listrik rumah saya trus apa benar ground nya d putus jadi gak BOROS (tidak di sambung lgi), mhon penjelasannya yaa pa,, dan trmaksih, semgoa brmanfaat..,

  • Ulfi:

    Selamat Malam Bapak ILR, di rumah saya listrik memakai 1300 kwh klu di bandingkan dengan tettangga saya yang pemakaiannya sama hanya 180.000 per bulan, tetapi kenapa penggunaan di rumah saya sampai 100rebu habis dalam 1 minggu, kemudian saya komplain ke pln ternyata oleh pln kabel ground nya d putus; kata petugas pln mungkin kabel ini yang menjadi boros, pertanyaan saya pak, apakah kabel ground terputus tidak ada masalah pada aliran listrik rumah saya trus apa benar ground nya d putus jadi gak BOROS (tidak di sambung lgi), mhon penjelasannya yaa pa,, dan trmaksih, semgoa brmanfaat..,

    • rach89:

      jika arus netral yang mengalir ke dalam ground itu tiodak akan mempengaruhi pemakaian kwh,
      Tetapi apabila arus Fase yang masuk ke dalam ground,status pemakaian kwh berjalan tanpa adanya pemakaian, karena arus fase terbuang kedalam tanah,
      mungkin itu alasan petugas memutus ground.

  • bagaimana cara menghilangkan bunyi alaram atau mengecilkan suara bunyi meter merk star daya 1300 tlg ksh tau mas…makasih

  • Dahrul Efendi, SE MSi:

    Saya sudah memasang Meteran Prabayar, kendala yang saya hadapi sekarang. Tidak sengaja kami membuka kotak di bawah. Setelah dibuka dipasang kembali ada tulisan “PERIKSA” sementara semua arus terputus. Bagaimana cara untuk mengaktifkannya kembali. adapun data yang ada pada Meteran tersebut adalah:
    Nama : SUDIRMAN
    Nomor HP : 0853 670 13 114
    ID Pelanggan : 146802218251
    Nomor Meter : 34009808733
    Alamat : RT I RW I Desa Suka Medan, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu
    Sisa KWH : 3000

    Terima kasih jawabannya..

  • john pantau:

    di meteran listrik saya muncul gambar tangan, tapi tidak ada tulisan periksa, dan meteran masih berjalan normal, bisa di isi pulsa dan listrik tidak padam. mohon pencerahannya.

  • Zack Cutler:

    apa resikonya jika pada meter prabayar tidak digunakan ground/arde????
    soalnya, ada yg bilang ga perlu.

  • eddy wolff:

    apa mungkin 2 meter prabayar dikopel agar kwhnya menjadi besar? pencatatan kwh-nya terbagi dua, setengah untuk meter A dan setengahnya untuk meter B?

  • aan:

    artikelny bener” yahut pak, trimakasi atas infonya

  • Sukem:

    untuk gambar grounding terakhir, untuk pipanya menggunakan pipa jenis apa ya?

  • ARMAND:

    berapa kode clear tamper untuk meteran merek itron

  • bruriyanto:

    mau tanya ini gan, di meteran saya tertulis STL dan lampu merah berkedip2 lalu tanpa pemakaian atau tanpa MCB yang di dalam di ON kan tetapi pulsa saya bisa habis sendiri. setelah pulsa habis maka di DISPLAY timbul tulisan “SALAH” maksud dari tulisan tersebut apa ya gan, tolong dijelaskan terimakasih gan.

  • Andreas ADiana:

    om ILR, muhun maaf, artikelnya boleh saya sharing di jejaring sosial kan ya…

  • eda:

    pada meteran saya selalu tertulis periksa

  • Hendra:

    Bapak,

    Kenapa saat aliran listrik dari PLN mati terus saat aliran listrik dari PLN nyala MCB pada KWh MPB trip?
    Kejadian ini tidak pernah terjadi ketika masih pakai KWh mekanik padahal dengan pemakaian yang sama,bahkan sekarang pemakaian sy kurangi

    Mohon replay by email

    Salam

  • kuat:

    gan,saya mu tanya metran saya merk hexing,groun dah di cabut,tapi mash muncul tulisan PRIKSA tdk brkdip,bgmana cara menghilangkanny,mksh gan.

  • erdie herdian:

    yth bpk ILR
    saya pengguna ITRON ACE 900 BALI -1 yang mau saya tanyakan adalah apa fungsi dari indikator gambar signal bar dilayar LCD? apakah PLN mengontrol setiap KwH nya Online? kadang penuh dan kadang turun signal bar nya.
    terimaksih atas infomasinya
    erdie herdian sayaga

  • Iwan:

    Malam Pak Bos…
    apresiasi buat Pak Bos…ini forum yg sangat berguna bagi Indonesia.
    Begini Bos.. beberapa hari yang lalu listrik padam sebentar lalu nyala lagi (kira kira padamnya tdk sampai 1 menit). Lampu di tetangga tetangga saya langsung nyala lampunya (krna malam, jadi kelihatan) tapi di rumah saya lampu gak bisa nyala. coba saya nyalakan lampu hanya berkedip kedip seperti kekurangan arus. terpakasa pake lilin dan berencana besok pagi telp 123. tpi pikiran gelisah, kenapa ini….lalu didalam kegelisahan itu (sekitar 10 menit dri pln padam) coba saya nyalaka lagi stop kontak di ruang tamu..eh nyala, semua juga nyala… Pertanyaannya…ada apa ini, ada an tidak normalkah dengan meteran saya atau instalasi saya..
    mohon pencerahannya dan terimakasih

  • Olia Muliarto:

    Salam Pak,
    Mau tanya Pak.
    Kasus saya Kwh Kontrak 3,75 Kwh, mcb 16CL , jaringan dalam mcb utama 10CL “biar aman”, semua mcb tidak ada yang trip termasuk mcb meteran, tapi meteran mati di layar lcd “daya berlebih”. lock beberapa menit lalu nyala lagi, saat nyala semua indikator normal, waktu tak tentu, dengan tang ampere disaat pemakaian 1,2 K juga mati. Satu hari bisa 3 sampai 4 kali. Lapor PLN cek instalasi dalam. Lapor lagi malah di omelin. Apa PLN diswastakan saja ya pak?

  • husen:

    gimana cara menghitung jumlah kwh pada meter prabayar

  • haikal:

    Lampu indikator kuning trus menyala … kenapa yach ???

  • sodiqin:

    pak,kenAPA ia listrik di rumah sya bisa mati hidup apa karena kekurangan BBM atau kekurangan biaya ongkos saya pak.sya setiap bulan byar ke PLN 2000.000 rupiah.tapi kenapa lampu di rumah sya mati hidup terus padahal gx ad hujan atau gejala alam lain ny.apa perlu sya belikan BBM nya.terima kasih

  • adit:

    salam stroomm
    pertanyaan saya sama dengan pak john pantau. kwh meter merek glomet hanya gx600 ada muncul gambar tangan dan templar nyala kuning. apakah ini berbahaya atau ada masalah lain? mohon solusinya master IRL. terimakasih

  • pujiwati:

    bagaimana cara mereset tulisan periksa pada lyar MPB…..?

  • ahmad:

    Mau tanya bos,sy mindahin meteran listerk pulsa,kok mncul tulisan PERIKSA gtu y,pdhal cma d pindah doank,thnk tlg d jwb

  • Putra:

    Mohon Pencerahannya pada temen2 semua, kalo kabel ground(bumi/tanah) dijadikan satu dengan kabel minus Pln akibatnya apa yah…. dan sebaiknya bagaimana??

    terimakasih.

  • hery:

    meter di rimah sy jg sama dgn pak jhon b adit…gambar tangan ad ,lampu kuning menyala tp listrik normal..kira2 bhya g ya…Glomet GX-669

    • FARHAN:

      GAMPANG BRAY……..ITU SALAH SATU DI INSTALASI ATAU ALAT ELECTRONIK HERY ADA YANG ALIRANNYA SHOT JADI CARA MENGHILANGKANNYA MATIKAN SATU2 ALAT YANG HIDUP DARI STOP CONTAK YANG TERPASANG ALAT ELETRONIK HERRY.KEMUDIAN TEKAN 0000 UNTUK RISET OKE……….

    • NURJAMAN:

      SETAHU SAYA di instalasi nya bos ,,ada ground yang tersambung sama netral

  • asharudin:

    bos listrik saya ada tulisan periksa tp udah telefon pln kok belum ada perbaikan..area gresik

  • Temmy:

    Om, aq ada KWH meter 3Phase DIgital (tapi yg bukan token).. nah problemnya, KWH bisa baca pemakaian beban alat listrik pabrik saya.. tapi kalo alat pabrik dimatikan, display KWH meternya kok jadi “0″ (Nol) lagi?? padahal maksud saya itu kepingin nyatet pemakaian listrik saya harian/bulanan gitu.. Gimana ya solusi nya supaya tidak kembali Nol melainkan hanya berhenti menghitung saja?

  • putra:

    Om ILR yth mau tanya dong,
    sy sedang pasang/instalasi listrik di rumah baru, namun ada masalah dengan kabel arde nya
    listrik sudah prabayar, tp kawat ardenya diputus sama PLN, jadi yg keluar dari MPB nya hanya 2 yakni listrik/fasa dengan netral nya saja (so…kawat arde yg dipasang di dalam rumah belum terkoneksi ke MPB/KWH nya dan belum digroundingkan ke tanah.
    masalah yang timbul adalah kenapa di setiap stop kontak yang di pasang kabel arde tsb ada arusnya (kalo disentuh tespen lampu tespennya berkedip) walaupun arusnya gak sebesar kabel listrik/fasa, lebih anehnya lagi ketika kabel arde tidak dikoneksikan sama sekali pun (baik di stop kontak maupun di jalur utamanya) ketika ujung kabel arde tsb disentuh tespen, masih berkedip juga.

    Catatan: Untuk jalur utama saya gunakan kabel NYM 4 x 2.5 dengan asumsi dibagi 2 jalur pada MCB Box, yakni untuk stop kontak dan lampu (kabel hitam untuk listrik stop kontak dan kuning/hijau untuk listrik lampu, biru untuk netral/masa, dan coklat muda untuk arde)

    Apakah pemasangan tsb salah karena pemilihan warna kabelnya? dengan kata lain apakah kualitas tembaga dalam kabel itu berbeda (dalam hal ini dibedakan dengan warna) ataukah sama saja dan pembedaan warna hanya untuk memudahkan pengawasan saja?

    mohon dijawab ya om soalnya instalaturnya aja bingung malah nyaranin gak usah pake arde aja
    terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya semoga menjadi pahala bagi om ILR dan keluarga
    Amin….

  • tjahyono agus:

    setahu saya pemasangan grounding pada MPB tidak di jumper sama nolnya PLN,jd pemasangannya di dlm sekring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • pire resi: Dear Pak, Saya mau tanya, apa pengaruhnya jika beban 1 phasa, menggunakan perangkat MCB 3phasa dengan...
  • sasliadi: Ass, say ingin bertanya bang, lampu di rumah saya mati, padahal sudah di isis token, solusinua gi mna ya...
  • Nabil: Maksud dari pertanyaan sy apakah groding aliran terpisah yg di bumikan? Apa keuntungan dan kerugian bilah tdk...
  • Nabil: Untuk pln banyak yg tdk mewajibkan pasang gronding,klau tdk salah gronding itu aliran terpisah untuk safety,...
  • Anjas: Grounding ditempat saya mendapati 02.6 ohm. Apakah memenuhi Standar Persyaratan Umum Kelistrikan Indonesia?