Tanya-Jawab#1 – Mesin Pompa Air dan Kabel Penghantar

Pertanyaan :

Salam…

Mohon pencerahannya..

Saya punya mesin pompa air jauh dari rumah -/+ 80 meter, ketika saya menarik kabel dari rumah air tidak mau mengalir, tetapi ketika saya sambung listrik lewat tetangga -/+ 10 meter air dapat mengalir kerumah saya yang jaraknya -/+ 80 meter.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah kabel yang saya pakai salah ( jembo 3*0.75 ) ?
2. Apakah listrik rumah saya tidak kuat ?

Jika memang kabel yang saya pakai salah, saya harus memakai kabel yang seperti apa ?
mohon pencerahannya ?

Terima Kasih

-Andi W-

Respon :

 

Pak Andi,

Sepertinya jarak beban listrik (mesin pompa air) yang jauhnya +/-80 meter dari sumber listrik (asumsi dari stop kontak) dengan ukuran kabel yang kecil (3 x 0.75mm2) menyebabkan tegangan drop yang cukup siginifikan.

Coba periksa tegangan listrik, dengan menggunakan AVO-meter, pada sisi sumber (stop kontak) dan sisi beban (mesin pompa air) saat mesin pompa air beroperasi. Bandingkan antara jarak 80 meter dan 10 meter (asumsi kabel yang digunakan sama, yaitu 3 x 0.75 mm2). Dan bandingkan juga tegangan listrik stop kontak yang ada di rumah dan rumah tetangga.

Jika hasilnya :

  1. Tegangan listrik di rumah jauh lebih rendah dari tetangga, maka periksa tegangan masuk yang keluar dari kwh-meter rumah Bapak. Jika masalahnya dari suplai listrik PLN maka laporkan ke PLN. Jika masalahnya ada di sisi instalasi listrik rumah maka lakukan pemeriksaan oleh instalatir yang kompeten.
  2. Jika poin 1. diatas tidak ada masalah, tetapi ditemukan bahwa tegangan di sisi mesin pompa air berbeda cukup jauh antara jarak 80 meter dan 10 meter, maka cobalah gunakan kabel penghantar dengan ukuran diameter lebih besar. Gunakan ukuran antara 3 x 1.5mm2 atau 3 x 2.5mm2. Semakin besar semakin baik. (sarannya sih untuk jarak segitu sebaiknya pakai 2.5mm2).

Secara umum, dengan jarak sepanjang itu, penggunaan kabel berukuran kecil dapat menyebabkan drop tegangan yang cukup besar.

Semoga penjelasan ini mencerahkan dan bermanfaat juga bagi permasalahan yang serupa.

Silahkan bila ada rekan lain ingin menambahkan dalam bagian komentar.

 

Salam hormat,

ILR-Team

Follow : @listrikrumah

***

Baca juga artikel terkait :

Kabel Listrik dan Kuat Hantar Arus

Faktor Koreksi Kuat Hantar Arus dan Warna Kabel

Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?

 

Ingin respon lebih cepat untuk pertanyaan anda? Klik disini

2 Responses to Tanya-Jawab#1 – Mesin Pompa Air dan Kabel Penghantar

  • Permasalahan pompa air seperti yang dipertanyakan tersebut memang cenderung ke masalah beban listrik yang tidak efisien karena jarak yang terlalu jauh.

    Sedikit menambahkan, saya pernah menemukan permasalahan yang sama, dan saya mencoba untuk menambahkan grounding di area pompa untuk memperkuat masa listrik. Dan ternyata ini juga cukup membantu untuk meningkatkan tegangan listriknya. namun tetap dengan catatan bahwa ukuran kabel memang tetap mempengaruhi efisiensinya.

  • Kedy:

    Wah ini masalah hampir sama kaya punya saya, jadi punya saya masalah nya begini. Jarak rmh saya dengan tempat pompa air saya sekitar 200 meter kurang sedikit lah. Dan saya gunakan kabel ukuran 2×1.5 namun ketika saya sambungkan pompa ke listrik rmh saya yg skitar 900 wat kok malah tidak naik hanya terdengar bunyi dengung mesin ny saja pada pompa saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berlangganan Artikel

Berlangganan RSS

Ketik email anda untuk berlangganan:

Mengapa Berlangganan? | Apa itu RSS Feed?


Website Counter

Komentar Terbaru

  • pire resi: Dear Pak, Saya mau tanya, apa pengaruhnya jika beban 1 phasa, menggunakan perangkat MCB 3phasa dengan...
  • sasliadi: Ass, say ingin bertanya bang, lampu di rumah saya mati, padahal sudah di isis token, solusinua gi mna ya...
  • Nabil: Maksud dari pertanyaan sy apakah groding aliran terpisah yg di bumikan? Apa keuntungan dan kerugian bilah tdk...
  • Nabil: Untuk pln banyak yg tdk mewajibkan pasang gronding,klau tdk salah gronding itu aliran terpisah untuk safety,...
  • Anjas: Grounding ditempat saya mendapati 02.6 ohm. Apakah memenuhi Standar Persyaratan Umum Kelistrikan Indonesia?